6 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Pertimbangkan

Manfaat alpukat untuk ibu hamil tidak boleh diremehkan
Alpukat punya banyak manfaat untuk ibu hamil

Bukan rahasia lagi kalau buah-buahan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, salah satunya adalah alpukat. Nah, apa saja manfaat alpukat untuk ibu hamil ini?

Alpukat merupakan buah berwarna hijau yang terbukti memiliki kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi ibu hamil. Di antara banyaknya nutrisi yang ada dalam daging alpukat, kandungan folat dan potasium adalah yang paling menonjol.

Anda dapat mengonsumsi alpukat kapan saja, tapi para ahli berpendapat trimester ketiga adalah waktu yang paling tepat untuk melahap buah yang creamy ini. Bukan hanya berguna untuk memenuhi kebutuhkan nutrisi ibu hamil, alpukat juga dapat mencegah datangnya beberapa penyakit.

Kandungan nutrisi dalam alpukat

Sebelum mengetahui manfaat alpukat untuk ibu hamil, Anda perlu diketahui kandungan yang ada di dalam alpukat itu sendiri. Menurut Pusat Data Gizi Amerika Serikat dari USDA, satu porsi alpukat (40 gram) mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 64 kalori
  • 6 gram lemak
  • 3,4 karbohidrat
  • Kurang dari 1 gram gula
  • Hampir 3 gram serat.

Selain itu, alpukat merupakan sumber vitamin C, E, K, dan B-6, serta riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Alpukat juga menyediakan asam lemak lutein, beta-karoten, dan omega-3 meski dalam jumlah yang relatif lebih sedikit.

Manfaat alpukat untuk ibu hamil

Berdasarkan kandungan tersebut, manfaat alpukat untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:

  • Mencegah kenaikan berat badan berlebihan

Meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, tetapi jangan khawatir karena lemak di dalamnya merupakan lemak sehat. Mengonsumsi lemak baik akan membuat tubuh mengirim sinyal ke otak untuk menurunkan nafsu makan sehingga Anda tidak cepat mengalami kenaikan berat badan saat hamil.

  • Mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu kandungan terbanyak dalam daging buah alpukat adalah folat. Nah, folat adalah salah satu zat yang paling dibutuhkan oleh ibu hamil untuk meminimalisir bayi lahir dengan cacat bawaan, seperti kelainan pada tabung sarafnya.

Meski demikian, kandungan folat dalam alpukat saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian ibu hamil. Pasalnya, satu porsi alpukat hanya dapat memenuhi 10 persen dari kebutuhan harian ibu hamil atas folat.

Ini bukan berarti Anda harus makan alpukat 10 kali lebih banyak agar kebutuhan folat terpenuhi. Namun, Anda tetap harus meminum suplemen asam folat yang diberikan oleh dokter atau bidan untuk melengkapi kekosongan kebutuhan folat selama masa kehamilan.

  • Menyehatkan janin

Alpukat mengandung kalsium, magnesium, mangan, fosfor, dan mineral lainnya. Seluruh kandungan mineral ini akan mendatangkan manfaat alpukat untuk ibu hamil, yakni menyehatkan janin dan memastikannya tumbuh normal di dalam rahim Anda.

  • Membantu pertumbuhan otak bayi

Manfaat alpukat untuk ibu hamil ini datang dari kandungan kolin di dalamnya. Kolin adalah zat yang membantu memastikan otak bayi berkembang dengan sempurna dan sistem saraf dari serta menuju otak juga terhubung dengan baik.

Satu takaran saji alpukat disebut-sebut mengandung 22 mg kolin. Jumlah ini sudah cukup bagi ibu hamil untuk memastikan otak bayi tumbuh sempurna.

  • Menstabilkan kadar kolesterol dan gula darah

Ibu hamil memiliki kecenderungan untuk makan berlebih, termasuk makanan yang banyak mengandung minyak dan gula. Untuk mengurangi pola makan yang tidak sehat ini, Anda dapat menggantinya dengan ngemil alpukat yang terbukti memiliki lemak baik untuk tubuh sekaligus rendah gula.

  • Meringankan kram kaki

Salah satu anjuran ibu hamil sangat baik mengonsumsi alpukat pada trimester ketiga adalah karena kandungan potasium di dalamnya. Potasium dapat menghadirkan manfaat alpukat untuk ibu hamil berupa meringankan kram kaki.

Jumlah konsumsi yang direkomendasikan

Makan alpukat memang mendatangkan banyak manfaat bagi ibu hamil, tapi bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya secara berlebihan. Ibu hamil hanya disarankan mengonsumsi hanya satu alpukat per hari untuk menghindari efek samping yang mungkin timbul akibat terlalu banyak makan alpukat.

Secara umum, ibu hamil memang disarankan mengonsumsi lima porsi makanan segar per hari, tapi ini merupakan total porsi kombinasi antara buah dan sayur. Jika Anda menjadikan alpukat sebagai jus, porsi yang dianjurkan hanya satu gelas per hari.

Parenting Firstcry. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-avocado-in-pregnancy-benefits-and-more/
Diakses pada 15 Februari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/270406
Diakses pada 15 Februari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322757#how-much-fruit-to-eat
Diakses pada 15 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4882725/
Diakses pada 15 Februari 2020

Artikel Terkait