Benarkah Manfaat Alpukat Mentega Lebih Tinggi dari Alpukat Biasa?

Manfaat alpukat mentega pada umumnya sama dengan alpukat biasa
Alpukat mentega memiliki sedikit perbedaan dengan alpukat biasa

Salah satu alpukat yang terkenal dengan kelezatannya adalah alpukat mentega. Namun bukan hanya rasanya yang legit dan menggugah selera, banyak juga manfaat alpukat mentega bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan.

Alpukat mentega sebetulnya merupakan nama populer dari varietas alpukat yang berasal dari benua Amerika. Sebutan alpukat mentega mengacu pada tekstur daging buahnya yang tebal dan lembut seperti mentega. Alpukat mentega memiliki kulit berwarna hijau yang akan berubah menjadi hitam keunguan ketika sudah matang.

Apa bedanya alpukat mentega dengan alpukat lainnya?

Terdapat berbagai jenis alpukat yang dapat Anda jumpai di pasar maupun toko buah. Perbedaan ini biasanya disebabkan oleh jenis varietas dan asal bibit asal mereka.

Alpukat mentega biasanya datang dari Guatemala, Amerika Selatan, dan dikenal memiliki daging buah yang tebal, lembut seperti mentega, dan rasanya pekat. Sedangkan jenis alpukat yang berukuran lebih kecil seperti buah pir, daging buahnya berwarna kecokelatan, dan kulit yang mudah mengelupas biasanya merupakan alpukat Mexicana.

Ada pula alpukat West India yang buahnya lebih lebar dan kulitnya hijau mengkilap, meski ukurannya tetap lebih kecil dari alpukat mentega. Alpukat jenis ini mengandung lebih banyak air dan rasanya sedikit manis.

Meski demikian, perbedaan jenis alpukat ini biasanya hanya didasarkan atas tampilan fisiknya saja. Secara nutrisi, kandungan pada alpukat varietas apa pun sama, yakni kaya akan kalori, lemak, vitamin, dan mineral sehingga banyak manfaat alpukat mentega yang dapat Anda peroleh saat mengonsumsinya.

Kandungan nutrisi dalam alpukat mentega

Anda mungkin pernah diperingatkan untuk tidak mengonsumsi alpukat mentega terlalu banyak jika level kolesterol tinggi karena buah ini memang memiliki rasa pekat dari kandungan lemak yang tinggi. Faktanya, alpukat mentega hanya mengandung sedikit lemak jenuh yang tidak berpengaruh pada tingginya angka kolesterol Anda.

Buah ini bahkan memiliki 20 jenis vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan tubuh, misalnya vitamin K, C, E, B5, B6, folat, dan potasium, serta sedikit magnesium, mangan, tembaga, zat besi, zinc, fosfor, vitamin A, B1 (thiamin), B2 (riboflavin), dan B3 (niacin).

Dalam 100 gram alpukat, terdapat pula 160 kalori, 2 gram protein, dan 15 gram lemak sehat. Meski ia juga mengandung 9 gram karbohidrat, terdapat pula 7 gram serat sehingga menjadikan alpukat mentega sebagai makanan sehat yang rendah karbohidrat.

Manfaat alpukat mentega bagi kesehatan

Berdasarkan kandungan nutrisi di atas, berikut manfaat alpukat mentega bagi kesehatan:

  • Melindungi mata: zat antioksidan berupa lutein dan zeaxanthin pada alpukat mentega berfungsi mencegah kerusakan mata akibat degenerasi sel mata akibat penuaan. Anda bisa mendapatkan manfaat alpukat mentega ini dari daging buah yang berwarna hijau pekat di dekat kulit bagian dalam.

  • Menurunkan berat badan: kandungan serat pada alpukat mentega membuat Anda kenyang lebih cepat dan lebih lama sehingga menurunkan keinginan Anda untuk terus makan.

  • Sumber energi: manfaat alpukat mentega ini datang dari kandungan vitamin B, yakni B1, B3, dan B3 yang dapat membantu tubuh mengubah makanan yang Anda konsumsi menjadi energi.

  • Menyehatkan jantung: kandungan lemak baik berupa monosaturated fat pada alpukat mentega dapat menurunkan kolesterol jahat, trigliserida, dan tekanan darah sehingga membuat kerja jantung lebih optimal.

  • Menyehatkan otak: manfaat alpukat mentega ini disebabkan oleh kandungan vitamin E yang dapat melindungi Anda dari penyakit seperti Alzheimer.

  • Menguatkan tulang: alpukat mentega mengandung vitamin K yang dapat memadatkan tulang dan mencegahnya mudah retak.

  • Menyehatkan kulit: alpukat banyak diolah menjadi produk kecantikan karena ia mengandung antioksidan dan vitamin C yang berguna untuk peremajaan kulit.

Meski mengandung banyak manfaat, alpukat mentega sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Terlebih, jika Anda sedang menjalani pengobatan pengencer darah (warfarin), jangan langsung mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K seperti alpukat mentega, karena akan mengurangi efektivitas obat.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/avocado-types
Diakses pada 15 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/12-proven-benefits-of-avocado
Diakses pada 15 November 2019

Detik Food. https://food.detik.com/info-sehat/d-1904892/yuk-kenali-tiga-jenis-alpukat-ini
Diakses pada 15 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-avocados-health-benefits
Diakses pada 15 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/270406.php
Diakses pada 15 November 2019

Artikel Terkait