Mengenal Allantoin, Salah Satu Kandungan Skincare yang Baik untuk Kulit


Allantoin diketahui punya manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk dalam hal perawatan luka. Tak heran jika produk perawatan wajah pun menggunakan allantoin.

0,0
Ditinjau olehdr. Reni Utari
manfaat allantoinAllantoin tak hanya punya manfaat untuk kecantikan kulit tapi juga perawatan luka
Kesadaran akan merawat kesehatan kulit kian marak seiring dengan berkembangnya produk-produk skincare. Allantoin merupakan salah satu kandungan dalam produk skincare yang cukup populer. Tidak hanya untuk perawatan wajah, allantoin juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini. 

Beragam manfaat allantoin 

Allantoin adalah hasil metabolisme purin yang ada di dalam tubuh. Namun, secara alami, allantoin juga bisa ditemukan di beberapa tumbuhan. Allantoin yang terdapat dalam tumbuhan biasanya berasal dari akar tanaman herbal komfrey. Ekstrak allantoin sejak lama digunakan dalam industri kecantikan dan dunia medis. Tidak hanya untuk perawatan kulit, allantoin juga kerap digunakan dalam berbagai produk perawatan rambut dan riasan wajah. Tak sekadar untuk kecantikan, kandungan ini juga digunakan untuk pengobatan penyakit kulit dan perawatan lukaAllantoin diketahui memiliki kandungan senyawa antioksidan dan bersifat anti-inflamasi. Hal inilah yang membuat allantoin memberikan efek positif terhadap kesehatan.Beberapa manfaat allantoin untuk kesehatan kulit antara lain:

1. Perawatan wajah  

Dalam jurnal Elsevier, allantoin mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti melembutkan kulit dan membantu regenerasi sel kulit dengan cepat. Manfaat ini sangat baik untuk merawat kulit wajah kusam dan kering. Jika dirangkum, beberapa manfaat allantoin untuk wajah antara lain:
  • Menghaluskan dan melembutkan kulit
  • Membantu regenerasi sel kulit
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Mengatasi kulit kusam 
  • Membuat kulit tampak bercahaya dan halus
  • Melembapkan kulit 
  • Mencegah dan mengatasi kulit kering 
Tidak hanya perawatan wajah, ekstrak allantoin juga kerap digunakan dalam produk kecantikan lainnya, seperti tabir surya (sunscreen), losion, sampo, dan lipstik.BACA JUGA: Eksfoliasi Wajah: Manfaat, Jenis, dan Cara Tepat Melakukannya

2. Penyakit kulit 

Fungsi allantoin tidak hanya untuk kecantikan dan perawatan wajah. Allantoin juga memiliki khasiat dalam dunia medis sebagai perawatan penyakit kulit, bahkan selama bertahun-tahun. Campuran allantoin dan bahan lain teruji efektif dalam mengobati beberapa penyakit kulit, seperti ruam popok pada bayi, iritasi kulit ringan, gatal, psoriasis, onikomikosis.

3. Perawatan luka 

Ekstrak allantoin dalam bentuk gel, krim, atau salep telah teruji efektif untuk membantu proses penyembuhan luka dan perawatan beberapa kondisi kulit, seperti borok kaki, bekas luka setelah operasi, kulit terbakar akibat terapi radiasi, dan stomatitis aftosa.Selain itu, dalam jurnal Medicina Oral Patologia Oral Cirugia Bucal dikatakan bahwa gel oles yang mengandung campuran allantoin mampu mengurangi rasa nyeri pasca operasi, ketidakmampuan membuka mulut (trismus), bengkak, dan mengurangi peradangan. 

Apakah allantoin aman untuk ibu hamil?

Allantoin termasuk salah satu kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil. Beberapa produk penghilang stretch mark untuk ibu hamil bahkan memiliki kandungan allantoin di dalamnya. Hal ini sebagaimana tercantum dalam International Journal of Medical Health, Biomedical, Bioengineering, and Pharmaceutical Engineering yang menyatakan bahwa bahan kosmetik termasuk allantoin dalam produk stretchmark dianggap aman untuk digunakan selama kehamilan. Berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter terkait produk skincare yang aman untuk ibu hamil bisa menjadi solusi tetap cantik dan sehat selama kehamilan. BACA JUGA: Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil, Ini yang Boleh Dilakukan dan Tidak

Perhatikan cara penggunaan krim allantoin  

Ekstrak allantoin biasanya tersedia dalam bentuk obat luar, seperti krim, gel, atau losion. jadi, untuk menggunakannya, Anda cukup mengoleskan pada area kulit yang bermasalah. Sebelum menggunakannya, pastikan Anda membaca label di kemasan atau bertanya lebih lanjut dengan dokter. Beberapa obat oles allantoin mungkin perlu dikocok sebelum digunakan. Sebagaimana cara pakai obat luar, hindari area sensitif, seperti mata, mulut, hidung, area organ genital, dan jangan sampai tertelanJika kondisi kulit tak kunjung membaik atau bahkan menimbulkan efek samping seperti terbakar atau iritasi, segera hentikan pemakaian. Selanjutnya, hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan dan obat pengganti allantoin.

Catatan dari SehatQ

Allantoin adalah bahan aktif dari tumbuhan komfrey yang memiliki segudang manfaat. Allantoin digunakan dalam berbagai produk skincare untuk mengatasi masalah kulit kering dan kusam.Tidak hanya di industri kecantikan, allantoin juga digunakan dalam industri medis untuk mengobati berbagai penyakit kulit dan membantu penyembuhan luka. Untuk mendapatkan potensi manfaat allantoin untuk wajah dan kesehatan kulit lainnya, pastikan Anda membaca label kemasan produk dan berkonsultasi dengan dokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
perawatan kulitkesehatan kulitperawatan wajah
Elsevier. https://core.ac.uk/download/pdf/144022996.pdf
Diakses pada 3 November 2021
International Journal of Toxicology. https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/1091581810362805
Diakses pada 3 November 2021
Medicina Oral Patologia Oral Cirugia Bucal. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7473436/
Diakses pada 3 November 2021
International Journal of Medical Health, Biomedical, Bioengineering, and Pharmaceutical Engineering. https://www.researchgate.net/publication/314132056_Current_Cosmetic_Treatments_in_Pregnancy
Diakses pada 3 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait