7 Manfaat Alga, Superfood yang Bantu Tubuh Membuang Racun


Dalam satu sendok makan alga hijau atau biru, terdapat protein dan mineral-mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan juga potasium. Karena itu, manfaat alga sangat baik untuk tubuh.

(0)
15 Dec 2020|Azelia Trifiana
Manfaat alga untuk kesehatan manusiaAlga mengandung banyak nutrisi menyehatkan untuk tubuh
Dalam satu sendok makan alga hijau atau biru, terdapat protein dan mineral-mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan juga potasium. Karena itu, manfaat alga sangat baik untuk tubuh.Selain perpaduan seluruh vitamin dan mineral di dalamnya memberikan energi bagi tubuh. Manfaat mengonsumsi alga juga membuat metabolisme tubuh berlangsung lebih efisien. Bonusnya, sistem kekebalan tubuh juga terlindungi untuk melawan penyakit.

Mengenal apa itu alga

chlorella
Alga dari jenis chlorella
Jika saat mendengar alga yang terlintas adalah tanaman kehijauan yang ada di dasar atau permukaan air, itu benar. Namun, jenis alga yang akan dikulik lebih jauh kali ini adalah alga yang bisa dimakan.Contohnya adalah spirulina, chlorella, bahkan rumput laut yang biasa disajikan dalam masakan khas Jepang. Perlu diingat, ada juga jenis tanaman ini yang beracun.Selain itu, perlu juga diketahui perbedaan antara alga hijau dan biru. Pada alga biru atau blue green algae, ini adalah kelompok bakteri yang bisa berfotosintesis. Di dalamnya tidak terdapat chloroplast. Sementara alga hijau adalah jenis yang banyak ditemukan di perairan. Di dalamnya terdapat klorofil, betakaroten, dan juga chloroplast. Namun, jenis alga ini tidak bisa mengimbangi atmosfer nitrogen.

Kandungan nutrisi alga

Tak berlebihan jika menyematkan label superfood pada alga jenis chlorella. Algae berwarna hijau ini memiliki kandungan nutrisi luar biasa. Umumnya, manfaatnya bisa diperoleh dengan mengonsumsi dalam bentuk suplemen. Alasannya karena di dalamnya terdapat enzim yang tidak bisa dicerna oleh manusia.Kandungan nutrisi menakjubkan dari chlorella adalah:
  • Protein: 50-60% (mengandung seluruh 9 asam amino esensial)
  • Vitamin B12
  • Zat besi: 6-40% AKG
  • Vitamin C yang membantu penyerapan zat besi
  • Antioksidan
  • Vitamin dan mineral (magnesium, zinc, copper, potasium, kalsium, asam folat, dan vitamin B lainnya)
  • Serat
Tak hanya itu, alga juga mengandung asam lemak omega-3. Dalam 3 gram chlorella saja, terdapat 100 mg omega 3.Sementara untuk alga biru atau spirulina, 1 sendok makan (7 gram) mengandung nutrisi seperti:
  • Protein: 4 gram
  • Vitamin B1: 11% AKG
  • Vitamin B2: 15% AKG
  • Vitamin B3: 4% AKG
  • Copper: 21% AKG
  • Zat besi: 11% AKG

Manfaat alga untuk kesehatan

Nutrisinya membuat alga memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Membantu membuang racun di tubuh

Chlorella begitu populer karena kemampuannya membantu membuang racun dalam tubuh. Dalam uji laboratorium pada binatang, alga ini bisa mengikat metal berbahaya seperti cadmium yang berpotensi meracuni tubuh jika berlebihan.Paparan metal berbahaya bisa terjadi akibat polusi atau lingkungan pekerjaan seperti tambang. Tak hanya itu, chlorella juga dapat menurunkan kadar zat berbahaya seperti dioksin yang ada di makanan. Ini dapat membantu kemampuan alami tubuh membuang racun.Namun, manfaat ini belum terbukti dari konsumsi suplemen alga biru atau spirulina.

2. Meredakan gejala alergi rhinitis

Manfaat alga biru yang belum ada pada alga hijau adalah meredakan gejala alergi rhinitis. Itu sebabnya, spirulina merupakan pengobatan alternatif populer untuk mengatasi peradangan pada rongga penciuman ini.Dalam sebuah studi pada 127 orang dengan alergi rhinitis, mengonsumsi 2 gram spirulina setiap harinya secara dramatis meredakan gejala yang kerap muncul. Contohnya seperti bersin, hidung tersumbat, hidung berair, dan sensasi gatal.

3. Sumber antioksidan

Alga hijau mengandung komponen yang termasuk antioksidan seperti klorofil, vitamin C, betakaroten, likopen, dan lutein. Antioksidan ini dapat membantu mengatasi berbagai penyakit kronis seperti diabetes.Selain itu, alga biru atau spirulina juga merupakan sumber antioksidan yang menakjubkan. Di dalamnya terdapat phycocyanin, zat antioksidan yang membuatnya berwarna biru kehijauan. Zat ini dapat menangkal radikal bebas sekaligus menghambat produksi molekul penyebab peradangan.

4. Dapat memperbaiki kadar kolesterol

Mengonsumsi 5-10 gram chlorella setiap harinya dapat menurunkan kadar kolesterol LDL pada orang dengan tekanan darah tinggi. Di dalamnya, terdapat kandungan niacin, serat, karoten, serta antioksidan yang bisa mencegah oksidasi kolesterol LDL.Tak hanya itu, dalam studi terhadap partisipan dengan kolesterol tinggi, konsumsi 1 gram spirulina setiap hari bisa menurunkan triglycerides hingga 16,3%. Kadar kolesterol LDL juga menurun 10,1%.

5. Mengendalikan tekanan darah

Suplemen alga bisa meningkatkan kesehatan jantung dan ginjal. Kesehatan kedua organ ini penting agar tekanan darah seseorang bisa terkendali. Dalam sebuah studi, orang dengan tekanan darah tinggi mengonsumsi 4 gram alga jenis chlorella selama 12 minggu. Di akhir periode, kadar tekanan darahnya terbukti menurun.Alasannya adalah kandungan nutrisi chlorella seperti potasium, arginine, kalsium, dan omega 3 dapat menekan risiko penyumbatan pembuluh darah arteri.Manfaat yang sama datang dari spirulina. Konsumsi sebanyak 4,5 gram setiap hari dapat menurunkan tekanan darah. Alasannya, produksi oksida nitrat meningkat sehingga pembuluh darah melebar dan rileks.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Meski hanya ada satu studi yang menunjukkan manfaat efek chlorella terhadap daya tahan tubuh, hasilnya cukup menjanjikan. Partisipan diminta mengonsumsi 6 gram alga hijau selama sebulan. Di akhir periode, tingkat saturasi oksigen meningkat drastis.Sementara ketika mengonsumsi suplemen alga biru, kekuatan otot dan daya tahan tubuh bisa meningkat. Terbukti, ada 2 penelitian yang menunjukkan spirulina dapat membuat orang tidak merasa cepat lelah.

7. Potensi mengendalikan kadar gula darah

Apabila dikombinasikan dengan terapi, manfaat alga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Dalam sebuah studi, terbukti mengonsumsi chlorella selama 12 pekan dapat menurunkan kadar gula darah puasa pada individu yang berisiko menderita penyakit akibat gaya hidup.Studi lain menunjukkan bahwa konsumsi alga hijau bisa mengendalikan kadar gula darah serta meningkatkan sensitivitas insulin pada pasien perlemakan hati non-alkoholik.Manfaat yang sama datang dair spirulina yang secara signifikan dapat menurunkan kadar gula darah. Bahkan pada beberapa kasus, manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan obat diabetes yang populer seperti Metformin.

Mengonsumsi suplemen bisa berdampak positif bagi kesehatan seseorang. Hanya saja, ingat bahwa suplemen bisa saja berinteraksi dengan obat lain yang tengah dikonsumsi.Untuk tahu apakah aman mengonsumsi suplemen alga sehari-hari, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Nutrition Stripped. https://nutritionstripped.com/algae-nutrition-health-benefits/
Diakses pada 29 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-chlorella
Diakses pada 29 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-boost-the-immune-system
Diakses pada 29 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait