Berbagai Potensi Manfaat Alang-Alang untuk Kesehatan

(0)
24 Dec 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat alang-alang bisa diperoleh dengan mengonsumsinya antara lain dalam bentuk suplemenSalah satu manfaat alang-alang adalah mencegah osteoporosis
Tahukah Anda bahwa rumput liar juga memiliki khasiat untuk kesehatan? Ya, berdasarkan beberapa penelitian awal, memang ada manfaat alang-alang untuk kesehatan manusia, meski klaim ini masih harus dikaji lebih dalam secara medis.Alang-alang (Equisetum arvense) adalah jenis rerumputan yang tumbuh subur di daerah hangat, termasuk Indonesia. Secara fisik, tanaman ini memiliki bentuk yang panjang, hijau, dan lebat.Sebagai obat herbal, alang-alang kabarnya sudah dimanfaatkan sejak zaman Yunani dan Romawi Kuno untuk mengatasi masalah kulit, rambut, hingga tulang. Tumbuhan ini banyak diolah menjadi teh herbal dan kini juga dikemas serta dijual dalam bentuk kapsul.

Manfaat alang-alang untuk kesehatan

Manfaat alang-alang untuk kesehatan digadang-gadang hadir karena kandungan antioksidan dan antiperadangan yang ada di dalamnya. Selain itu, alang-alang juga mengandung silika dan silikon, yakni mineral yang diperlukan rambut serta kuku untuk tetap kuat seiring bertambahnya usia.Mineral lain yang terdapat dalam alang-alang dan mampu menyehatkan rambut adalah selenium. Selebihnya, berikut ini potensi manfaat alang-alang bagi kesehatan.
Alang-alang dipercaya mempercepat penyembuhan luka

1. Menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis

Penelitian awal menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung ekstrak alang-alang terbukti meningkatkan kepadatan tulang. Efek ini paling terasa pada wanita yang telah memasuki masa menopause dan mengidap osteoporosis.

2. Sebagai diuretik

Diuretik adalah kandungan pada alang-alang yang membuat tubuh lebih mudah mengeluarkan urine dari tubuh. Hal ini sangat berguna pada orang-orang yang mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti batu ginjal.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan silika membawa manfaat alang-alang lainnya berupa penyembuhan luka yang lebih cepat. Penelitian mengungkap salep yang mengandung ekstrak alang-alang bisa mengurangi kemerahan, bengkak, dan keluarnya nanah atau air dari luka dengan relatif lebih cepat.

4. Menyehatkan kuku

Silika yang terdapat pada alang-alang juga membuat tanaman liar ini sering dijadikan bahan campuran pada cat kuku alias kuteks. Silika disebut-sebut bisa mencegah kerusakan kuku, termasuk pada penderita psoriasis yang rentan mengalami kulit kering dan kuku pecah-pecah.

5. Mempercepat pertumbuhan rambut

Terakhir, kombinasi silika dan antioksidan membawa manfaat alang-alang sebagai obat herbal alami penumbuh rambut. Antioksidan berfungsi mengurangi peradangan kecil serta kerusakan rambut akibat paparan radikal bebas, sedangkan silikon dapat mengurangi kerontokan serta meningkatkan kilau rambut alami.

Efek samping alang-alang bagi kesehatan

Alang-alang aman dikonsumsi, misalnya dalam bentuk teh, selama tidak berlebihan. Sebelum meminum alang-alang dalam bentuk suplemen, konsultasikan dulu dengan dokter, apalagi jika ingin meminumnya dalam jangka panjang dan bersamaan dengan obat tertentu.Salah satu efek negatif yang mungkin ditimbulkan oleh ekstrak alang-alang bila diminum tidak sesuai dosis ialah terjadinya defisiensi thiamine akibat kandungan enzim thiaminase di dalamnya. Kondisi ini akan memecah thiamine (vitamin B1) di dalam tubuh, kemudian membuangnya dalam jumlah besar.
Bumil disarankan tidak mengonsumsi suplemen alang-alang
Selain itu, konsumsi suplemen alang-alang juga memiliki kontraindikasi sehingga sebaiknya tidak diberikan pada:
  • Orang yang kecanduan alkohol. Alang-alang dapat mengurangi vitamin B1 sehingga tubuh kurang mampu menangkal efek buruk alkohol.
  • Ibu hamil dan menyusui. Hingga kini, belum ada penelitian yang membuktikan suplemen alang-alang aman bagi ibu hamil dan menyusui, sehingga ibu disarankan tidak mengambil risiko.
  • Pasien diabetes. Meski alang-alang disebut bisa menurunkan kadar gula darah, konsumsi secara berlebihan dapat menekan level gula darah hingga tingkat yang berbahaya.
  • Pasien defisiensi thiamine. Alang-alang dapat memecah thiamine di dalam tubuh dengan cepat.
  • Penderita hipokalemia. Manfaat alang-alang sebagai zat diuretik bisa mengakibatkan seseorang kehilangan terlalu banyak kalium yang dibuang dari tubuh lewat urine.
Intinya, manfaat alang-alang masih perlu diteliti lebih dalam. Alang-alang tidak bisa dijadikan obat alternatif pengganti resep dokter karena juga memiliki efek samping yang mungkin akan membuat kondisi Anda lebih parah.Sebelum mengonsumsi alang-alang, Anda juga bisa berkonsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatdiet sehatherbaljamubuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/horsetail
Diakses pada 12 Desember 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/horsetail-4692253
Diakses pada 12 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-843/horsetail
Diakses pada 12 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait