Mengenal 16 Manfaat Air Pare untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat air pare adalah melindungi ginjal, mencegah risiko stroke, hingga mencegah penyakit jantung. Anda bisa memperoleh manfaat air rendaman pare dengan mudah.

(0)
10 Feb 2020|Aditya Prasanda
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat air pare untuk kesehatan ternyata beragamManfaat air pare antara lain untuk melindungi ginjal dan meningkatkan kekebalan tubuh.
Pare merupakan buah dengan cita rasa pahit yang mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A C, E, B1, B2, B3, dan B9. Pare juga memiliki kandungan mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, kalsium, zat besi, dan zinc. Selain itu, pare memiliki antioksidan seperti flenol dan flavonoid. Untuk merasakan khasiatnya, Anda bisa mencoba manfaat air pare yang diolah dengan cara direbus.

Apa saja manfaat air pare untuk kesehatan?

Pare tidak hanya diolah menjadi tumisan maupun pelengkap dalam hidangan siomay. Anda pun bisa merebus dan mengonsumsi air pare. Pasalnya, manfaat air rebusan pare sangat beragam untuk kesehatan Anda. Kendati demikian, perlu diingat bahwa manfaat air rebusan pare untuk kesehatan ini mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya. Jadi, penting untuk mengonsumsi air rebusan pare dalam porsi yang wajar.Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi air pare agar manfaatnya bisa didapat secara optimal. Adapun manfaat air pare untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan gula darah

Menurunkan gula darah jadi salah satu manfaat air pare
Pare memiliki senyawa mirip insulin sehingga diyakini bisa menurunkan kadar gula darah
Manfaat air pare baik untuk penderita diabetes. Ya, mengonsumsi air pare secara rutin diyakini dapat menurunkan kadar gula darah. Menurut sebuah penelitian, pare memiliki senyawa mirip insulin, yaitu Polypeptide-p, yang dapat mendistribusikan glukosa ke berbagai sel untuk diubah menjadi energi.Selain membantu sel dalam tubuh untuk memperoleh glukosa, manfaat pare juga mampu mencegah penumpukan glukosa dalam darah dan mendistribusikannya ke hati, otot serta jaringan lemak.Meski dapat menurunkan gula darah, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk membuktikan manfaat air rendaman pare untuk mengobati diabetes.

2. Melindungi ginjal 

Manfaat pare berasal dari kandungan antioksidan, seperti flenol dan flavonoid. Kedua senyawa ini berfungsi melawan radikal bebas yang dapat melemahkan fungsi ginjal serta menimbulkan beberapa penyakit kronis, seperti diabetes dan kanker.Nah, mencoba konsumsi air pare dapat meningkatkan fungsi ginjal. 

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat air pare berikutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi olahan tanaman hijau ini dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Selain dari kandungan antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas, manfaat air rebusan pare satu ini juga berasal dari kandungan vitamin C yang berlimpah untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Menjaga kesehatan mata

Manfaat air pare bisa menjaga kesehatan mata
Konsumsi air pare secara rutin diyakini dapat menjaga kesehatan mata
Manfaat air pare selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Tak hanya melindungi ginjal dan meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan antioksidan flavonoid, seperti α-karoten, β-karoten, lutein, dan zeaxanthin juga dapat meningkatkan kualitas penglihatan mata, terutama di malam hari. 

5. Memperlambat tanda-tanda penuaan

Memperlambat tanda-tanda penuaan juga menjadi manfaat air pare. Hal ini tak terlepas dari kandungan antioksidan yang berfungsi untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Pare juga mengandung banyak vitamin C yang dapat bertindak untuk menghilangkan radikal bebas penyebab tanda-tanda penuaan muncul.

6. Membersihkan organ hati

Manfaat air pare adalah dapat membersihkan organ hati
Salah satu manfaat air pare adalah membersihkan organ hati.
Sebuah hasil riset yang dimuat dalam International Journal of Vitamin and Nutrition menyimpulkan bahwa kandungan senyawa Momordica Charantia dapat melindungi tubuh dari kondisi gagal hati sekaligus memperkuat aktivitas antioksidan dalam organ hati. Kondisi ini yang juga mampu meningkatkan fungsi kandung kemih Anda.

7. Melancarkan pencernaan

Bagi Anda yang kerap mengalami gangguan pencernaan, konsumsi air pare sangatlah bermanfaat. Pasalnya, manfaat air pare sebagai tanaman rendah kalori yang kaya serat, vitamin dan mineral ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

8. Meredakan asma

Manfaat air pare dapat meredakan gejala asma
Cara meredakan gejala asma dapat menggunakan air rebusan pare
Manfaat air pare dapat meredakan asma. Hal ini berkat sifat antihistamin yang terkandung di dalamnya. Sifat antihistamin dalam pare dapat dimanfaatkan untuk mengurangi gejala gangguan pernapasan, seperti hidung tersumbat, asma, dan bronkitis.

9. Mengatasi penyakit kulit

Manfaat air pare selanjutnya adalah untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kurap, kudis, dan psoriasis. Sebab, kandungan antijamur dan antibakterinya sanggup melawan berbagai macam infeksi pada kulit.

10. Menyembuhkan luka 

Salah satu manfaat air rebusan pare yang tak kalah penting adalah menyembuhkan luka. Kandungan antiradang dalam pare berfungsi untuk menekan proses peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. 

11. Menjaga kesehatan tulang

Pare mengandung vitamin K yang berfungsi menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh. Dengan ini, manfaat air rebusan pare dapat meningkatkan kesehatan tulang.

12. Menurunkan kadar kolesterol

Menurunkan kadar kolesterol bisa menjadi manfaat air pare
Manfaat air pare dalam menurunkan kadar kolesterol karena pare memiliki sifat antiradang
Manfaat air pare berikutnya adalah menurunkan kadar kolesterol. Seorang ahli gizi yang berbasis di Bangalore, India, mengemukakan bahwa air pare memiliki sifat antiradang yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan demikian, secara tidak langsung konsumsi air pare secara rutin dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Di samping itu, manfaat air rebusan pare dapat menjaga tekanan darah. Hal ini berkat kandungan kalium yang mampu menyerap kadar natrium berlebih dalam tubuh. Kandungan zat besi dan asam folat juga diyakini dapat menurunkan risiko stroke dan menjaga kesehatan jantung Anda. 

13. Mengobati herpes

Sebuah penelitian menyebutkan, pare yang memiliki sifat antivirus juga dapat membantu melawan penyebaran herpes simpleks virus-1 (HSV-1). Oleh karena itu, pengidap herpes sangat disarankan untuk mengonsumsi air pare guna mendapatkan manfaatnya.

14. Menurunkan berat badan

Manfaat air pare dapat menurunkan berat badan
Anda bisa menurunkan berat badan dengan mengonsumsi air rebusan pare.
Bagi Anda yang tengah berjuang menurunkan berat badan, rutin mencoba manfaat air pare mungkin dapat mewujudkan keinginan Anda. Kandungan pare yang rendah kalori, lemak, dan karbohidrat membuat Anda bisa kenyang lebih lama. Selain itu kandungan charantin yang tinggi dapat meningkatkan penyerapan glukosa dan sintesis glikogen dalam tubuh, sehingga mengurangi penyimpanan sel-sel dalam lemak.

15. Menyehatkan rambut

Menyehatkan rambut juga menjadi manfaat air rebusan pare lainnya.Kandungan vitamin A, C, biotin, dan zinc dalam pare dapat dimanfaatkan untuk membuat rambut berkilau.

16. Mengeluarkan racun dalam darah

Menurut sebuah penelitian, pare pahit yang diolah menjadi jus mengandung antimikroba dan antioksidan yang membantu mengatasi masalah kulit, memurnikan darah, kelainan darah, mengeluarkan racun dalam darah, serta meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Bagaimana cara membuat air rebusan pare? 

Anda dapat memperoleh manfaat air rendaman pare di atas dengan mudah. Caranya, Anda bisa mengolah pare dari buahnya. Berikut adalah cara membuat air pare selengkapnya:
  1. Pertama, iris-iris tipis 1 buah pare hijau
  2. Masukkan irisan pare hijau ke dalam panci kecil berisi air
  3. Rebus air dan irisan pare tersebut, diamkan sampai mendidih sepenuhnya
  4. Jika sudah mendidih, diamkan air rebusan pare sampai hangat
  5. Tuang air rebusan pare yang sudah menghangat ke dalam gelas, kemudian Anda dapat meminumnya

Adakah efek samping minum air pare?

Meski ada berbagai manfaat air rebusan pare untuk kesehatan, penting untuk mengonsumsinya secara bijak. Itu artinya, Anda tidak boleh mengonsumsi air rebusan secara berlebihan. Terlebih bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Misalnya, minum air rebusan pare secara berlebihan tidak disarankan bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Pasalnya, jika dikonsumsi secara berlebihan, minum air rebusan pare dapat memicu kontraksi serta perdarahan. Pada ibu menyusui, konsumsi minum air rebusan pare mungkin saja dapat membahayakan Si Kecil. Maka dari itu, sebaiknya minum air rebusan pare dengan bijak.Selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui jumlah wajar konsumsi air pare sesuai kondisi Anda. Dengan ini, manfaat air pare bisa didapat dengan optimal. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit jantunggula darahstrokeherbalbuah dan sayuran
Drugs.com.
https://www.drugs.com/npc/bitter-melon.html
Diakses pada 10 Februari 2020
Practical Health and Wellness.
https://www.practicalhealthandwellnesssolutions.com/health-benefits-ampalaya-bitter-gourd-bitter-melon/
Diakses pada 10 Februari 2020
Healthline.
https://www.healthline.com/health/diabetes/bitter-melon-and-diabetes#bitter-melon-and-diabetes
Diakses pada 10 Februari 2020
NDTV Food.
https://food.ndtv.com/food-drinks/bitter-gourd-tea-how-to-make-this-herbal-tea-to-manage-diabetes-and-fight-cholesterol-1874199
Diakses pada 10 Februari 2020
NDTV Food.
https://food.ndtv.com/food-drinks/7-health-benefits-of-bitter-gourd-karela-juice-1423896
Diakses pada 10 Februari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4210501/
Diakses pada 11 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait