8 Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau untuk Ibu Hamil yang Sayang Dilewatkan


Manfaat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil jangan sampai Anda lewatkan. Minum air kacang hijau saat hamil membantu cegah anemia dan mempercepat pertumbuhan janin.

(0)
Manfaat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil bantu cegah anemiaManfaat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil bisa mengurangi risiko anemia
Manfaat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil akan sayang bila terlewat, karena nutrisinya mampu menjaga kesehatan ibu dan janin.Manfaat air kacang hijau untuk ibu hamil bahkan dikatakan mampu mencegah atau mengurangi sejumlah risiko komplikasi kehamilan.Memang, apa saja kandungan yang ada pada air rebusan kacang hijau?

Kandungan nutrisi air rebusan kacang hijau

Kacang hijau adalah salah satu sumber makanan sehat dan tinggi nutrisi untuk ibu hamil.Setiap 100 gram kacang hijau rebus terdapat kandungan berupa:
  • Air: 72,66 gram
  • Kalori: 105 kkal
  • Protein: 7,02 gram
  • Karbohidrat: 19,15 gram
  • Serat: 7,6 gram
  • Kalsium: 27 mg
  • Zat besi: 1,4 mg
  • Magnesium: 48 mg
  • Fosfor: 99 mg
  • Kalium: 226 mg
  • Vitamin C: 1 mg
  • Folat: 159 mcg
  • Kolin: 29,4 mg
  • Beta-karoten: 14 mcg
  • Vitamin A: 24 IU
  • Vitamin K: 2,7 mcg
  • Asam lemak tak jenuh: 0,128 gram.

Manfaat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil

Sebagai teman cemilan ibu hamil yang baik, inilah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari minum air kacang hijau saat hamil:

1. Memperkuat tulang ibu dan janin

Kacang hijau kaya akan mineral yang baik untu tulang
Kacang hijau kaya akan mineral yang baik untu tulang
Manfaat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil yang satu ini bisa didapat dari kalsium, magnesium, dan fosfor.Menurut riset yang dikutip dari Nutrition Journal, fosfor dan kalsium untuk ibu hamil mampu meningkatkan kepadatan tulang. Kedua mineral tersebut juga melengkapi proses penyusunan tulang.Senentara itu, penelitian dari Journal of Endocrinology menemukan bahwa magnesium membangun struktur penyusun tulang untuk memperkuat tulang.Menariknya, sekitar 60% dari total magnesium yang ada di dalam tubuh juga akan disimpan dalam gigi. Maka, bukan tidak mungkin jika manfaat kacang hijau juga berpotensi bagus untuk gigi ibu hamil dan bayinya kelak.

2. Mencegah anemia

Air rebusan kacang hijau kaya zat besi yang punya banyak manfaat untuk ibu hamil. Diketahui, zat besi mampu mengurangi risiko anemia defisiensi zat besi pada ibu hamil.Zat besi berguna untuk merangsang hemoglobin, bagian dari sel darah merah yang mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.Bila tubuh kekurangan hemoglobin, maka Anda dapat lebih rentan mengalami gejala anemia.Anemia saat hamil yang parah dan tidak mendapatkan penanganan tepat dapat meningkatkan risiko:

3. Mempercepat pemulihan luka

Protein dan vitamin K pada kacang hijau bantu pulihkan luka dengan cepat
Protein dan vitamin K pada kacang hijau bantu pulihkan luka dengan cepat
Manfaat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil juga berguna agar luka pada tubuh sembuh lebih cepat.Dikutip dari riset terbitan National Center for Biotechnology Information, vitamin K pada kacang hijau mampu mempercepat pembekuan darah dengan memproduksi protrombin atau protein yang berguna untuk membekukan darah.Kandungan protein dalam kacang hijau juga mampu mempercepat penyembuhan luka. Dalam hal ini, protein meningkatkan produksi kolagen agar kulit yang terluka cepat menutup kembali, lapor riset dari British Journal of Nursing dan Wounds InternationalBila penyembuhan luka saat hamil berlangsung cepat, hal ini dapat mengurangi risiko pendarahan yang mampu menyebabkan anemia akut.

4. Mempercepat pertumbuhan janin

Manfaat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil yang satu ini juga didapat dari kandungan proteinnya.Penelitian dari Food & Nutrition Research membuktikan bahwa mengonsumsi protein sebanyak 20% dari asupan kalori harian terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan janin.Hal ini pun dibuktikan dengan meningkatnya berat badan janin sebanyak 95-324 gram dan pertambahan tinggi sebanyak 4,6-6,1 mm.Bahkan, asupan protein dengan jumlah tersebut menurunkan risiko berat badan bayi lahir rendah sebesar 6%.Untuk itu, air rebusan kacang hijau mampu memenuhi asupan protein harian Anda.

5. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Kacang hijau bantu turunkan kolesterol jahat
Kacang hijau bantu turunkan kolesterol jahat
Menurut penelitian yang diterbitkan pada jurnal Nutrients, manfaat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil mampu menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) berkat kandungan isoflavonnya.Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit kardiovaskular saat hamil, seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, hingga stroke.Anda juga mungkin jadi lebih rentan mengalami komplikasi kehamilan, seperti hipertensi dalam kehamilan, diabetes gestasional, hingga preeklampsia.

6. Melancarkan pencernaan

Manfaat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil ini bisa didapat dari seratnya.Terlebih, kacang hijau mengandung serat larut yang disebut pektin. Serat ini membantu mempercepat pergerakan makanan melalui usus.Selain itu, kacang hijau juga mengandung pati resisten. Nutrisi ini merupakan prebiotik, yaitu mempertahankan jumlah bakteri sehat di dalam usus dengan "memberinya makan".Bakteri baik ini nantinya menghasilkan asam lemak rantai pendek bernama butirat. Butirat akan memberi menutrisi sel usus besar, meningkatkan pertahanan kekebalan usus, hingga menurunkan risiko usus besar. Namun, perlu diingat, karena ini merupakan olahan berupa air rebusan, maka kadar serat yang dikonsumsi bisa jadi lebih sedikit daripada berupa bubur.

7. Mengurangi risiko bayi lahir cacat

Manfaat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil juga bermanfaat untuk mencegah cacat pada janin.Sebab, air kacang hijau terbukti kaya akan asam folat yang penting untuk menjaga perkembangan janin sejak awal kehamilan.Asam folat berguna untuk melindungi tabung saraf. Jadi, risiko janin mengalami cacat tabung saraf, seperti spina bifida, dapat diminimalisir.

Waktu yang tepat untuk minum air kacang hijau saat hamil

Untuk kurangi morning sickness, konsumsi kacang hijau bisa dimulai saat trimester 2
Untuk kurangi morning sickness, konsumsi kacang hijau bisa dimulai saat trimester 2
Lantas, kehamilan berapa minggu bagusnya minum air kacang hijau?Sebenarnya, melihat manfaat air rebusan kacang hijau untuk hamil, asupan sehat untuk ibu hamil ini cocok dikonsumsi pada setiap minggu di usia kehamilan Anda.Namun, dalam beberapa kasus, kacang hijau bisa menimbulkan mual saat hamil atau morning sickness pada ibu hamil.Jadi, bila Anda ingin menghindari hal tersebut, Anda bisa mengonsumsinya saat hamil 12 minggu ke atas atau saat trimester 1 berakhir. Sebab, saat trimester 1, Anda rawan mengalami morning sickness

Cara membuat air rebusan kacang hijau

Agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, Anda perlu tahu bagaimana cara yang tepat membuat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil. Cara pengolahan yang benar dapat menjaga nutrisi kacang hijau agar tidak rusak.Lantas, bagaimana cara membuat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil? Ikuti langkah berikut.Bahan-bahan:
  • 1/2 cangkir kacang hijau
  • 1 liter air
  • 1/2 sendok gula atau pemanis alami lainnya.
Cara memasak:
  • Bilas kacang hijau dengan air mengalir hingga bersih
  • Masukkan seluruh bahan ke dalam panci besar
  • Rebus semuanya selama 15 menit atau hingga kacang hijau mulai pecah
  • Matikan kompor, lalu tuang ke dalam wadah dan dinginkan. Air kacang hijau pun siap diminum.
Air rebusan kacang hijau akan paling tepat jika dikonsumsi segera setrlah jadi. Sebab, air kacang hijau hanya bertahan selama 24 jam meski telah disimpan di kulkas.Pastikan tidak memasukan terlalu banyak gula agar kadar gula darah Anda tidak berlebihan. 

Catatan dari SehatQ

Manfaat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil berguna untuk meraih kehamilan sehat serta mengurangi risiko dari beragam komplikasi kehamilan.Namun, pastikan Anda menggunakan kadar gula secukupnya agar Anda gula darah Anda tidak meningkat secara drastis sehingga risiko diabetes bisa terhindari.Bila Anda memiliki pertanyaan terkait manfaat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil, Anda bisa tanyakan dengan dokter kandungan dan dokter gizi maupun ahli gizi.Anda juga bisa konsultasi gratis dengan dokter mengenai pola makan sehat untuk ibu hamik melalui chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Jangan lupa kunjungi Toko SehatQ untuk mendapatkan penawaran menarik terkait keperluan ibu hamil dan menyusui.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilhamilkehamilanmakanan untuk hamilibu hamil
Food Data Central USDA. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/174257/nutrients Diakses pada 16 April 2021Nutrition Journal. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4389665/ Diakses pada 16 April 2021Journal of Endocrinology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5926493/ Diakses pada 16 April 2021Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6316205/ Diakses pada 16 April 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/iron-deficiency-anemia/symptoms-causes/syc-20355034 Diakses pada 16 April 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/anemia-during-pregnancy/art-20114455 Diakses pada 16 April 2021Web MD. https://www.webmd.com/baby/guide/anemia-in-pregnancy Diakses pada 16 April 2021National Center for Biotechnology Information. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK551578/ Diakses pada 16 April 2021British Journal of Nursing. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12070399/ Diakses pada 16 April 2021Wounds International. woundsinternational.com/uploads/resources/content_10039.pdf Diakses pada 16 April 2021National Center for Biotechnology Information. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK537232/ Diakses pada 16 April 2021Food & Nutrition Research. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3827488 Diakses pada 16 April 2021Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6073478/ Diakses pada 16 April 2021Science Direct. https://www.sciencedirect.com/topics/agricultural-and-biological-sciences/isoflavones Diakses pada 16 April 2021Web MD. https://www.webmd.com/heart-disease/ldl-cholesterol-the-bad-cholesterol Diakses pada 16 April 2021American College of Cardiology. https://www.acc.org/latest-in-cardiology/articles/2014/07/18/16/08/dyslipidemia-in-pregnancy Diakses pada 16 April 2021PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25623312/ Diakses pada 16 April 2021Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/mung-beans Diakses pada 16 April 2021Trends in Food Science & Technology. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0924224402001310 Diakses pada 16 April 2021Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22797568/ Diakses pada 16 April 2021Current Drug Metabolism. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24160296/ Diakses pada 16 April 2021Better Health Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/folate-for-pregnant-women Diakses pada 16 April 2021Babyment. https://www.babyment.com/nutrition/safe-to-eat.php?food=Mung%20bean Diakses pada 16 April 2021Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/hyperemesis-gravidarum.html Diakses pada 16 April 2021China Sichuan Food. https://www.chinasichuanfood.com/healthy-chinese-mung-bean-soup/ Diakses pada 16 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait