6 Manfaat Air Mawar untuk Wajah yang Menarik Diketahui

Ada banyak manfaat air mawar untuk wajah dan kulit
Belum banyak orang tahu manfaat air mawar untuk wajah dan kulit

Air mawar sudah dikenal lama sebagai salah satu produk kecantikan paling digandrungi oleh wanita. Manfaat air mawar untuk wajah dan kulit pada umumnya memang sangat banyak, mulai dari mengatasi irititasi kulit hingga berfungsi sebagai zat antipenuaan dini.

Seperti namanya, air mawar terbuat dari air dan kelopak bunga mawar yang disuling dengan teknologi uap. Karena wanginya yang khas, air mawar biasanya digunakan sebagai bahan dasar parfum, namun juga bisa diolah menjadi makanan, minuman, hingga produk kecantikan.

Air mawar juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh Anda, terutama bagi kesehatan kulit. Berikut beberapa manfaat air mawar untuk wajah dan kulit Anda secara keseluruhan.

Manfaat air mawar untuk wajah dan kulit pada umumnya

Kandungan terbesar dalam air mawar adalah zat antioksidan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar ultraviolet, radiasi, dan polusi udara. Bagi kulit, zat antioksidan ini dapat mencegah efek penuaan, seperti kulit keriput.

Air mawar juga mengandung zat antiperadangan yang bisa meredakan iritasi pada kulit, seperti penyakit eksim dan rosacea. Manfaat air mawar lainnya adalah sebagai inhibitor (pencegah pertumbuhan) elastase dan kolagenase yang berbahaya bagi kesehatan kulit Anda.

Secara spesifik, manfaat air mawar untuk wajah, antara lain:

  • Mengobati jerawat

Air mawar juga mengandung antimikroba yang bisa meringankan peradangan pada jerawat secara alami. Untuk memaksimalkan manfaat air mawar untuk wajah ini, Anda bisa memilih air mawar yang diolah menjadi serum atau krim khusus jerawat.

Air mawar juga bisa digunakan untuk menyamarkan noda bekas jerawat dan mengurangi kemerahan pada wajah akibat munculnya jerawat. Penggunaan air mawar juga dapat mengurangi bengkak pada jerawat maupun area di sekitarnya.

  • Meringankan iritasi kulit

Sifat antiperadangan yang terdapat pada air mawar juga bisa digunakan untuk meredakan iritasi kulit, misalnya karena terbakar sinar matahari, penggunaan kosmetik yang justru membuat kulit kemerahan, dan sebagainya.

  • Antipenuaan

Kandungan antioksidan pada air mawar bukan hanya bermanfaat bagi kulit Anda secara keseluruhan, namun juga kulit wajah pada umumnya. Membasuh wajah dengan air mawar secara rutin dipercaya bisa menghindarkan Anda dari gejala penuaan dini, seperti kulit kendur dan berkerut.

  • Mempercepat penyembuhan luka tergores dan luka bakar

Air mawar juga mengandung antiseptik dan antibakteri yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka, terutama pada luka yang disebabkan oleh goresan maupun luka bakar.

  • Mengecilkan pori-pori

Karena air mawar memiliki kandungan astringen, ia bisa bermanfaat untuk membersihkan pori-pori pada wajah. Untuk mendapatkan manfaat air mawar yang satu ini, gunakan toner yang terbuat dari air mawar setelah Anda membilas wajah dengan air hangat.

Memulas toner air mawar juga membantu kulit wajah kembali lembap dan menghadirkan efek segar pada wajah Anda.

  • Memperbaiki mood dan menghilangkan sakit kepala

Ketika Anda mengaplikasikan air mawar pada wajah, Anda juga akan mencium wangi yang keluar dari air tersebut. Aroma ini memiliki kandungan antidepresan dan anticemas yang dapat menenangkan sistem saraf sehingga mood Anda akan kembali baik serta Anda terindar dari stres.

Studi lain juga menyebut aroma khas dari air mawar ini bisa menyembuhkan sakit kepala. Cukup hirup aroma dari uap air mawar atau tempelkan handuk hangat yang mengandung ekstrak air mawar ke dahi Anda selama 45 menit untuk merasakan manfaat air mawar yang satu ini.

Apakah penggunaan air mawar memiliki efek samping?

Meski termasuk bahan alami, air mawar mungkin saja tidak cocok diaplikasikan ke kulit Anda. Jika kulit Anda memiliki alergi terhadap kulit mawar, maka akan muncul gejala seperti rasa terbakar pada kulit, nyeri seperti tertusuk, kemerahan, hingga terlihat iritasi.

Untuk menghindari hal ini, Anda bisa terlebih dahulu melakukan tes alergi terhadap air mawar. Caranya, teteskan air mawar di lengan Anda, kemudian diamkan selama 24 jam. Jika tidak ada gejala alergi seperti disebutkan di atas, Anda bisa melanjutkan penggunaan air mawar di bagian kulit lainnya, termasuk pada wajah.

Namun bila muncul gejala alergi, jangan lanjutkan pemakaian. Bila Anda sudah terlanjur memakai produk air mawar dan mengalami gejala alergi, hentikan pemakaian air mawar dan periksakan kondisi kulit Anda ke dokter kulit.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320216.php
Diakses pada 18 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/rose-water-benefits
Diakses pada 18 September 2019

Harpers Bazaar. https://www.harpersbazaar.com/beauty/skin-care/a25991169/rose-water-benefits-uses/
Diakses pada 18 September 2019

NDTV Food. https://food.ndtv.com/beauty/10-benefits-of-rose-water-you-need-to-know-1239785
Diakses pada 18 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed