7 Manfaat Air Mawar untuk Wajah yang Menarik untuk Diketahui


Manfaat air mawar untuk wajah ternyata beragam, yakni mulai dari melembapkan kulit, mengatasi iritasi, hingga melawan tanda-tanda penuaan dini. Meski aman digunakan, waspadai pula efek sampingnya.

(0)
19 Sep 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Beragam manfaat air mawar untuk wajah dan efek sampingnyaAir mawar dapat mencegah penuaan dini dan menjaga kulit sehat
Manfaat air mawar untuk wajah memang sudah lama dikenal sebagai salah satu produk perawatan kulit favorit. Manfaat air dari mawar mulai dari melembapkan kulit, mengatasi iritasi, hingga melawan tanda-tanda penuaan dini. Air mawar adalah air yang dihasilkan dari kelopak bunga mawar yang disuling menggunakan teknologi uap. Mengingat wanginya yang khas, bahan alami yang umum digunakan di Iran dan wilayah Timur Tengah ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan parfum. Meski demikian, air mawar juga dapat diolah menjadi bahan dasar dalam sejumlah produk kecantikan hingga bahan makanan dan minuman. Apa manfaat air mawar selengkapnya? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa manfaat air mawar? 

Adapun sejumlah manfaat air mawar untuk wajah adalah sebagai berikut. 

1. Sebagai toner wajah

Manfaat air mawar bisa dijadikan sebagai toner wajah
Toner wajah dari air mawar bisa membuat kulit lembap dan segar
Salah satu manfaat air mawar yang utama adalah sebagai toner wajah. Menggunakan toner wajah yang terbuat dari air mawar dapat membuat kulit wajah lembap dan tampak segar. Fungsi toner wajah dari air mawar juga mampu membersihkan pori-pori wajah dari tumpukan kotoran, minyak, dan sisa make up yang tak ikut terangkat saat proses mencuci muka. Dengan demikian, kulit wajah tampak bersih dan pori-pori kulit bisa lebih kencang. Di samping itu, penggunaan toner wajah dari air mawar secara rutin dapat mencegah pembentukan jerawat yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat. Terlebih, manfaat air dari mawar juga tidak membuat kulit terasa kering. 

2. Mengencangkan kulit

Manfaat air mawar berikutnya adalah dapat mengencangkan kulit. Sebuah laporan ilmiah mengemukakan bahwa air mawar mengandung tanin. Kandungan tanin tersebut yang diyakini mampu memberi efek kulit lebih cerah serta pori-pori kulit lebih kencang. 

3. Mengobati jerawat

Manfaat air mawar adalah mengobati jerawat
Manfaat air mawar bisa mengobati jerawat
Manfaat air mawar untuk wajah berjerawat mungkin bisa menjadi kabar baik untuk Anda. Manfaat air mawar untuk wajah berjerawat muncul berkat kandungan antimikroba di dalam air mawar yang dipercaya dapat meringankan peradangan pada jerawat secara alami. Sebuah menyatakan bahwa penggunaan minyak mawar terbukti efektif sebagai zat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes.Tak hanya mengurangi ukuran jerawat yang meradang dan memerah, manfaat air dari mawar bisa membantu menyamarkan noda bekas jerawat. Guna memaksimalkan manfaat air mawar untuk wajah berjerawat, Anda bisa memakai serum wajah atau krim khusus untuk jerawat yang mengandung essence air mawar.

4. Memperlambat tanda-tanda penuaan

Memperlambat tanda-tanda penuaan juga jadi manfaat air mawar untuk wajah. Sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Inflammation, manfaat air dari mawar untuk menghambat tanda-tanda penuaan berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. Fungsi antioksidan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan polusi udara dan radiasi sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari.Dengan demikian, tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit keriput serta garis halus di wajah, bisa dihindari. 

5. Meringankan iritasi kulit

Manfaat air mawar bisa menyeimbangkan pH kulit
Manfaat air dari mawar bisa menyeimbangkan pH kulit
Manfaat air mawar untuk wajah lainnya adalah meringankan iritasi kulit. Air mawar merupakan produk perawatan kulit yang memiliki pH 4.0-4.5. Sebuah hasil riset yang dimuat dalam Journal Current Problems in Dermatology menyarankan penggunaan produk perawatan kulit dengan rentang pH 4.0-5.0 untuk meminimalisir gejala iritasi kulit yang mungkin timbul. 

6. Meredakan peradangan pada kulit

Meredakan peradangan pada kulit ternyata juga merupakan manfaat air mawar untuk wajah. Menurut jurnal yang diterbitkan Amerika Serikat, manfaat air dari mawar untuk meredakan peradangan pada kulit berasal dari kandungan asam fenolat dan vitamin C.Manfaat air dari mawar dapat meringankan peradangan yang disebabkan oleh kulit terbakar sinar matahari (sunburn), penggunaan kosmetik yang menimbulkan kulit kemerahan, hingga penyakit kulit tertentu, seperti eksim dan rosaceaSelain itu, manfaat air dari mawar mawar mengandung antiseptik dan antibakteri yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Terutama jenis luka yang disebabkan oleh goresan maupun luka bakar.

7. Mengatasi mata lelah

Manfaat air mawar lainnya adalah mengatasi mata lelah. Anda hanya perlu mengompres area kelopak mata dengan kapas yang sudah dibasahi air mawar. Kemudian, diamkan selama 5 menit. Langkah ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi mata panda atau lingkaran hitam di bawah mataSelain berbagai manfaat air mawar untuk wajah di atas, air dari mawar juga bermanfaat sebagai penghambat pertumbuhan elastase dan kolagenase yang berbahaya bagi kesehatan kulit Anda.

Adakah cara membuat air mawar sendiri? 

Memang, ada berbagai produk perawatan kulit atau toner wajah yang terbuat dari air mawar. Kendati demikian, Anda juga dapat membuat toner wajah dari air mawar sendiri di rumah. Berikut adalah cara membuat air mawar yang bisa Anda lakukan. Bahan yang perlu disiapkan:
  • Satu sendok makan air mawar.
  • Satu sendok makan witch hazel tanpa alkohol.
  • Satu sendok teh air perasan lemon.
Cara membuat air mawar untuk toner wajah atau face mist ini sederhana. Cukup campurkan seluruh bahan yang sudah disiapkan ke dalam botol. Lalu, semprotkan toner air mawar ke kulit wajah sebagai face mist secara merata ke permukaan wajah.

Bagaimana cara menggunakan air mawar untuk wajah? 

Manfaat air wajah bisa didapat bila digunakan secara rutin
Air mawar bisa digunakan setelah tahapan mencuci muka
Cara menggunakan air mawar untuk wajah adalah sesuai kebutuhannya. Anda bisa mengoleskan air mawar tipis-tipis ke permukaan wajah yang mengalami iritasi atau meradang. Selain itu, Anda bisa menggunakan air mawar untuk wajah sama halnya seperti cara memakai toner, seperti langkah di bawah ini. 

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Cara menggunakan air mawar yang tepat adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun cuci muka sesuai jenis kulit. Apabila menggunakan make up, sebaiknya bersihkan dulu sisa-sisa make up di wajah menggunakan make up removerKemudian, lanjutkan dengan mencuci muka untuk mengangkat kotoran, minyak, dan make up menggunakan sabun pembersih wajah. Pastikan wajah Anda sudah benar-benar bersih. Lalu, keringkan wajah Anda menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuknya perlahan.

2. Gunakan kapas

Cara menggunakan air mawar adalah dengan menuangkan air mawar secukupnya pada permukaan kapas. Pastikan air mawar yang dituangkan ke kapas cukup untuk seluruh wajah Anda, tapi sebisa mungkin jangan sampai terlalu basah.Lalu, mulai usapkan kapas yang telah dibasahi air mawar pada bagian tengah hingga ke seluruh wajah. Namun, hindari area bibir dan mata.Usapkan kapas tersebut ke arah atas wajah dan beri tekanan yang cukup agar wajah bersih maksimal dan tampak segar. Anda juga bisa menggunakan air mawar ke area leher untuk membersihkan kulit di area ini.

3. Semprotkan air mawar ke wajah

Air mawar buatan sendiri atau produk perawatan kulit tertentu mungkin ada yang berdesain botol semprotan. Maka, cara menggunakan air mawar juga bisa dilakukan dengan menyemprotkannya langsung ke area wajah secara merata. 

Apa efek samping dari air mawar yang perlu diwaspadai?

Setelah mengetahui apa manfaat air mawar, Anda tetap perlu mewaspadai penggunaannya pada wajah. Pasalnya, penggunaan air mawar mungkin saja tidak cocok dioleskan ke kulit Anda.Efek samping air mawar dapat timbul apabila Anda memiliki kulit sensitif atau riwayat alergi terhadap bunga mawar. Adapun efek samping air mawar yang mungkin muncul adalah sensasi rasa terbakar pada kulit, rasa nyeri seperti ditusuk, kulit kemerahan, hingga iritasi. Nah, guna menghindari kondisi tersebut, Anda perlu melakukan tes alergi kulit terhadap air mawar sebelum menggunakannya pada wajah. Caranya, tetes atau oleskan air mawar pada area kulit lengan Anda. Kemudian, diamkan selama 24 jam untuk mengetahui reaksi yang ditimbulkan.Jika tidak ada reaksi negatif seperti yang telah disebutkan di atas, Anda bisa memperoleh manfaat air dari mawar untuk wajah dan area kulit lainnya.Namun, bila muncul reaksi negatif, jangan lanjutkan pemakaian.Apabila Anda sudah terlanjur menggunakan air mawar pada wajah dan mengalami reaksi alergi, sebaiknya segera hentikan pemakaiannya dan periksakan kondisi kulit ke dokter.  Manfaat air mawar untuk wajah memang sangat beragam. Meski demikian, waspadai pula efek samping penggunaannya agar reaksi negatif pada kulit bisa diminimalisir. Jika Anda masih punya pertanyaan seputar keamanan dan efektivitas manfaat air dari mawar, silakan berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di .
perawatan kulitkulit dan kecantikanproduk kecantikan
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320216.php
Diakses pada 18 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/rose-water-benefits
Diakses pada 18 September 2019
Harpers Bazaar. https://www.harpersbazaar.com/beauty/skin-care/a25991169/rose-water-benefits-uses/
Diakses pada 18 September 2019
NDTV Food. https://food.ndtv.com/beauty/10-benefits-of-rose-water-you-need-to-know-1239785
Diakses pada 18 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/rose-water-for-acne
Diakses pada 3 Januari 2021
Molecules. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6263286/
Diakses pada 3 Januari 2021
Journal of Inflammation. https://journal-inflammation.biomedcentral.com/articles/10.1186/1476-9255-8-27
Diakses pada 3 Januari 2021
Iranian Journal of Medical and Aromatic Plants. https://www.magiran.com/paper/913394/?lang=en
Diakses pada 3 Januari 2021
Iranian Journal of Basic Medical Sciences. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3586833/
Diakses pada 3 Januaro 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait