Ada Banyak Jenis, Ini Dia Berbagai Fakta Menarik Soal Air Mata


Air mata yang keluar saat Anda menangis sedih dan saat kena debu, ternyata ada dua jenis air mata yang berbeda. Air mata memang memiliki beberapa jenis dengan fungsi yang beda-beda. Bahkan, kandungan dalam cairan ini juga bisa berbeda, tergantung jenisnya.

(0)
21 Apr 2021|Rena Widyawinata
manfaat menangis dan mengeluarkan air mataAir mata saat Anda menangis ternyata berbeda dengan yang keluar saat mengupas bawang
Setiap orang pasti pernah menangis dan meneteskan air mata dalam hidupnya. Entah itu tangis kesedihan atau tangis kebahagiaan. Namun, pernahkah Anda terpikir untuk apa saja sebenarnya air mata diciptakan? Mari simak berbagai fakta unik mengenai air mata berikut ini.

Air mata memiliki beberapa lapisan

Air mata diproduksi oleh kelenjar lakrimal yang berada di bagian atas mata. Saat menangis, menguap, atau merasa gembira dan mengeluarkan air mata, Anda mungkin mengira bahwa air mata hanyalah sekadar tetesan air asin yang keluar dari mata. Nyatanya, tidaklah sesederhana demikian.Dilansir dari National Eye Institute, air mata terdiri atas beberapa lapisan, yakni:
  • Lapisan minyak, merupakan lapisan terluar berfungsi mencegah mata kering dan menjaga kelembapan mata sehingga Anda bisa melihat dengan jelas
  • Lapisan air, terletak di bagian tengah untuk menjaga mata tetap basah, menutrisi jaringan mata, menghalau bakteri, dan melindungi kornea
  • Lapisan lendir (mukosa), merupakan bagian terdalam yang berfungsi untuk menjaga air mata tetap melekat pada bola mata. Dengan begitu mata tidak akan kering

Jenis-jenis air mata

Air mata memiliki berbagai jenis
Air mata memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda
Meski secara kasatmata tampak sama, nyatanya terdapat berbagai macam jenis air mata dengan kegunaannya masing-masing, yaitu:

1. Air mata basal

Ini adalah jenis air mata paling dasar yang dimiliki setiap orang. Jenis ini mengandung minyak, lendir (mukosa), air, dan garam. Saat Anda berkedip, air mata basal akan melapisi dan melembapkan seluruh permukaan mata. Air mata basal juga berfungsi sebagai pelindung mata dari kotoran dan debu.

2. Air mata refleks

Cairan tipe ini disebut juga sebagai air mata iritan. Cairan ini akan keluar untuk menghalau zat-zat yang menyebabkan iritasi, seperti ketika Anda mengupas bawang, asap, benda asing, atau ketika Anda muntah. Dalam cairan ini mungkin juga terkandung antibodi yang dapat berguna untuk melawan bakteri. 

3. Air mata emosional

Menurut American Academy of Ophthalmology, air mata emosional keluar karena dipicu perasaan yang kuat, seperti kemarahan, kesedihan, kehilangan, kegembiraan, dan bentuk emosi lainnya. Beberapa ilmuwan menyebut bahwa dalam cairan ini mungkin juga terdapat tambahan hormon (seperti hormon stres dan antinyeri alami), sedangkan jenis lainnya tidak.

Manfaat dan fungsi air mata

Setelah memahami dua fakta di atas, kini kita tahu bahwa air mata tak hanya sekadar cairan dengan rasa asin yang keluar saat kita menangis. Air mata juga bermanfaat bagi kesehatan mata, bahkan kesehatan mental.Berikut adalah beberapa manfaat dan fungsi air mata:

1. Membersihkan mata dan mencegah iritasi

Air mata membantu membersihkan mata setiap kali Anda berkedip. Yang bertugas melakukan fungsi ini adalah air mata refleks. Cairan ini akan keluar dan membantu mata untuk menghalau debu atau benda asing yang masuk ke mata lainnya.

2. Melepas stres

air mata saat menangis bermanfaat
Air mata yang dikeluarkan saat menangis membantu melepas stres
Mengeluarkan tangis karena alasan emosional dapat membantu perasaan Anda menjadi lebih baik. Bahkan, Anda mungkin merasa lebih lega setelah menangis, khususnya ketika dihadapkan pada persoalan berat dalam hidup.Seperti diungkapkan oleh dokter Michael Roizen kepada Cleveland Clinic, “Menangis dapat membuat Anda merasa lebih baik, lebih relaks, dan membuat Anda lega.” Lebih jauh, ia juga menyampaikan bahwa air mata emosional juga turut menyebarkan nutrisi dan menghilangkan zat-zat penyebab stres.

3. Mencegah mata kering

Mata yang kering akan berisiko mengganggu penglihatan Anda. Itu sebabnya, cairan yang dikeluarkan mata juga berperan untuk menjaga mata tetap lembap sehingga Anda tetap dapat melihat dengan baik. 

4. Mencegah infeksi mata

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, selain mengandung garam, lendir, air, dan garam, air mata refleks juga mungkin mengandung antibodi yang dapat melawan bakteri dan virus. Hal ini membuat cairan mata juga berfungsi membantu mencegah infeksi pada mata.

Masalah kesehatan terkait sistem air mata

mata merah tanda gangguan sistem air mata
Mata yang memerah dan sakit bisa jadi tanda gangguan sistem air mata
Air mata diproduksi oleh kelenjar air mata (lakrimal) dan sel-sel di lapisan dalam kelopak mata (konjungtiva). Nantinya, air mata ini akan melapisi bagian depan mata.Dari sana, melalui “mekanisme pompa”, air mata akan dibawa ke saluran air mata yang terletak di sudut dalam kelopak mata untuk kemudian bermuara di dalam rongga hidung.Sistem tersebut dapat mengalami gangguan dan menyebabkan air mata terlalu sedikit, terlalu banyak, atau masalah saluran air mata.Kondisi-kondisi di atas dapat berdampak pada kesehatan mata, seperti:

1. Penyumbatan saluran air mata

Ketika saluran air mata tersumbat, sirkulasi cairan di mata Anda tidak bisa berjalan normal. Akibatnya, Anda akan mengalami mata berair yang dapat disertai bengkak dan kemerahan pada sudut dalam kelopak mata Anda.Kondisi ini umumnya terjadi pada bayi yang baru lahir. Pada orang dewasa, penyumbatan lebih sering terjadi akibat cedera atau infeksi.

2. Dakriosistitis

Dakriosistitis adalah peradangan yang terjadi pada kelenjar air mata (lakrimal) yang umumnya merupakan akibat penyumbatan saluran air mata.Kondisi ini lebih umum terjadi di mata kiri dibandingkan mata kanan. 

3. Mata kering

Gangguan pada sistem air mata juga dapat menyebabkan mata menjadi kering. Kondisi ini dapat terjadi jika mata Anda tidak memproduksi cairan mata dalam jumlah yang cukup atau tidak dapat bekerja dengan baik.Gejala mata kering yang mungkin Anda alami adalah mata terasa panas dan perih, mata merah, sensitif terhadap cahaya, hingga penglihatan kabur. Pertolongan pertama untuk masalah ini, Anda bisa menggunakan obat tetes mata yang dijual secara bebas, seperti air mata buatan. Meski tampaknya sepele, rupanya manfaat air mata sangat besar bagi kesehatan mata kita. Jika Anda mulai merasakan ketidaknyamanan pada mata, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter, ketimbang membiarkannya berlarut-larut.Anda juga bisa berkonsultasi online dengan dokter melalui aplikasi SehatQ untuk mengetahui informasi mengenai gejala yang Anda rasakan. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan matamata keringair matagangguan mata
American Academy of Ophthalmology. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/facts-about-tears
Diakses tanggal 1 April 2021
American Academy of Ophthalmology. American Academy of Ophthalmology. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/all-about-emotional-tears
Diakses tanggal 1 April 2021
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/tears-why-we-cry-and-more-infographic/
Diakses tanggal 1 April 2021
Medline Plus. https://medlineplus.gov/tears.html
Diakses tanggal 1 April 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/blocked-tear-duct/symptoms-causes/syc-20351369
Diakses tanggal 1 April 2021
National Eye Institute. https://www.nei.nih.gov/learn-about-eye-health/eye-conditions-and-diseases/dry-eyeDiakses tanggal 1 April 2021National Eye Institute. https://www.nei.nih.gov/learn-about-eye-health/healthy-vision/how-eyes-work/how-tears-work
Diakses tanggal 1 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait