Manfaat Air Lemon Dingin untuk Turunkan Berat Badan dan Faktanya

(0)
24 Oct 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat air lemon dingin antara lain mampu mengurangi bobot berlebihManfaat air lemon dingin untuk turunkan berat badan, layak Anda coba
Manfaat air lemon dingin dipercaya banyak orang bisa menurunkan berat badan. Bahkan, Anda mungkin sedang menjalankan diet lemon ini. Nah, sebelum menelan bulat-bulan informasi tersebut, ada baiknya mengetahui fakta ilmiah di balik penggunaan sari lemon untuk mengurangi bobot tubuh berikut ini.Air lemon, atau dikenal juga dengan sari lemon, pada dasarnya adalah perasan buah lemon yang dicampur dengan air. Kandungan perasan lemon di dalam air tersebut tergantung dari pilihan masing-masing individu. Bahkan tidak jarang ada yang menggunakan 100% air perasan lemon untuk diminum setiap hari.Air lemon bisa disajikan hangat, tapi diminum dingin tak jadi soal, untuk menambah rasa segarnya. Air ini juga bisa ditambah dengan bahan-bahan lain, seperti daun mint, madu, kunyit, atau bahan lain sesuai selera, terutama untuk mengurangi sensasi asam yang ditimbulkannya.

Manfaat air lemon dingin untuk kesehatan

Air lemon dingin dipercaya mampu bantu turunkan bobot
Mengonsumsi air lemon dingin memang kerap disebut-sebut dalam berbagai metode diet karena diklaim mampu membantu Anda menurunkan berat badan. Pendapat ini pun sejalan dengan fakta-fakta, seperti berikut ini.

1. Air lemon dingin sangat rendah kalori

Manfaat air lemon dingin yang disebut-sebut bisa menurunkan berat badan bisa muncul karena kandungan kalori di dalamnya yang memang sangat rendah. Jika mengonsumsi segelas air lemon dengan perbandingan perasan lemon dan air putih sebanyak 50:50 misalnya, maka Anda hanya akan mengonsumsi 6 kalori.Sebagai perbandingan, satu gelas jus jeruk kemasan biasanya mengandung 110 kalori, sedangkan sekaleng minuman bersoda memiliki 182 kalori. Artinya, jika Anda mengganti kebiasaan mengonsumsi minuman yang tinggi kalori dengan minum air lemon dingin, Anda akan mengalami defisit kalori.

Semakin sedikit kalori yang dikonsumsi, semakin besar kemungkinan berat badan Anda turun. Apalagi bila Anda aktif bergerak atau berolahraga yang membakar kalori.

2. Air lemon mempercepat metabolisme

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, metabolisme tubuh akan meningkat 30% setelah meminum 2 gelas air. Para peneliti juga menyimpulkan, orang yang minum minimal 8 gelas air dalam sehari akan membakar 96 kalori lebih banyak.Meski penelitian ini tidak spesifik membahas manfaat air lemon, minum air lemon dingin akan membantu Anda memenuhi kebutuhan konsumsi air per hari tersebut.

3. Polifenol dalam lemon berpotensi mengurangi obesitas

Penelitian mengindikasikan manfaat air lemon dingin ini memang benar adanya, salah satunya karena kandungan antioksidan jenis polifenol. Polifenol terbukti dapat menurunkan berat badan pada hewan uji yang mengalami obesitas.Untuk membuktikan kemampuan air lemon dingin untuk mengurangi obesitas manusia, penelitian lebih lanjut harus dilakukan. Namun setidaknya, hasil uji laboratorium ini bisa menjadi harapan bagi para pejuang diet.

4. Minum air lemon sebelum makan bikin cepat kenyang

Penelitian mengungkapkan minum 500 ml air sebelum makan dapat menurunkan jumlah kalori yang masuk ke tubuh Anda hingga 13%. Penelitian ini pun tidak secara spesifik menyebut air lemon, tapi cairan tersebut bisa Anda jadikan alternatif karena juga rendah kalori.Keempat temuan di atas masih dalam penelitian yang lebih lanjut. sehingga tidak dapat dijadikan acuan utama untuk menurunkan berat badan. Untuk menemukan cara menurunkan berat badan sesuai kondisi Anda, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter.

Nutrisi dalam air lemon dingin

Lemon adalah buah kaya akan vitamin C yang dapat memenuhi 21% kebutuhan harian Anda. Seperti keluarga sitrus pada umumnya, lemon juga mengandung flavonoid yang dapat memperkuat sistem imun, sehingga tubuh tidak rentan terkena penyakit.Selebihnya, lemon relatif tidak memiliki nutrisi lain yang menonjol, termasuk jenis vitamin dan mineral lainnya. Kabar baiknya, kandungan lemak, gula, dan karbohidrat dalam lemon ternyata rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Air lemon dingin Vs. air putih

Manfaat air lemon dingin berasal dari kandungan airnya
Meski manfaat air lemon dingin untuk menurunkan berat badan bisa dibilang didukung oleh banyak penelitian, bukan berarti minuman ini lebih baik daripada air putih. Seperti disebut dalam beberapa poin di atas, fungsi air lemon yang dielu-elukan dalam diet justru datang dari kandungan airnya, bukan vitamin C maupun alkali di dalamnya.Vitamin C dan antioksidan dalam buah lemon memang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tapi efeknya terhadap berat badan tampaknya cukup kecil. Sementara itu, efek alkali yang dimiliki oleh air lemon juga belum terbukti secara ilmiah.Sebaiknya tidak menaruh air lemon dalam tempat minum yang transaparan karena jika ia terkena sinarmatahari akan membuat lemon tersebut kehilangan manfaatnya. Selain itu, tetaplah konsumsi air putih 2 liter perhari atau 8 gelas perhari untuk kesehatan tubuh.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat air lemon dingin untuk diet, termasuk efek sampingnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
manfaat air lemontips dietdiet sehatlemon
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318662
Diakses pada 12 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-lemon-water
Diakses pada 12 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/lemon-water-for-weight-loss
Diakses pada 12 Oktober 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/496439-does-lemon-water-increase-your-metabolism/
Diakses pada 12 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait