Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Ternyata Begitu Berlimpah


Tidak hanya sebagai pelepas dahaga, manfaat air kelapa muda untuk kesehatan ternyata beragam. Mulai dari mencegah batu ginjal hingga meningkatkan kesehatan jantung.

0,0
24 Sep 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ambil manfaat air kelapa muda untuk kesehatan Anda, salah satunya adalah menjaga kadar gula darahManfaat air kelapa muda untuk kesehatan ternyata sangat beragam
Kabar baik untuk Anda penggemar air kelapa muda. Ternyata, minuman menyegarkan ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan, didapatkan dari berbagai mineral dan nutrisi yang dikandungnya.
Agar tidak semakin penasaran, simak lebih jauh tentang kandungan dan khasiat air kelapa muda yang baik untuk tubuh Anda.

Kandungan gizi air kelapa muda

Saat minum air kelapa muda, tubuh akan terasa segar dan sehat karena berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.Dalam satu gelas atau sekitar 250 ml, kandungan yang terdapat pada air kelapa muda di antaranya adalah:
  • Kalori: 45,6
  • Lemak: 0,4 gram
  • Kolesterol: 0
  • Natrium: 252 mg atau 11% dari kebutuhan harian tubuh
  • Kalium: 600 mg atau 17% dari kebutuhan harian tubuh
  • Karbohidrat: 8,8 gram atau 3% dari kebutuhan harian tubuh
  • Serat: 2,6 gram
  • Gula: 6,3 gram
  • Protein: 1,8 gram
  • Vitamin C: 10% dari kebutuhan harian tubuh
  • Kalsium: 6% dari kebutuhan harian tubuh
  • Zat besi: 4% dari kebutuhan harian tubuh
Beberapa jenis mineral sebagai kandungan air kelapa juga dikenal sebagai elektrolit. Elektrolit merupakan mineral yang memiliki muatan listrik dan berperan penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Elektrolit di dalam air kelapa termasuk kalium, magnesium, kalsium, natrium, dan mangan.Selain kandungan air kelapa di atas, air kelapa muda juga mengandung zat antioksidan. Zat antioksidan berperan penting untuk mengendalikan molekul tak stabil yang disebut radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu kondisi yang disebut stres oksidatif yang kemudian juga meningkatkan risiko penyakit kronis.Baca juga: Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan Tubuh dan Kandungan Gizinya

Ini manfaat air kelapa muda untuk kesehatan

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan, ternyata ada beragam. Namun perlu diingat, air kelapa yang dimaksud adalah air kelapa alami, tanpa tambahan bahan lain seperti gula maupun pengawet.Lebih jauh, berikut ini manfaat air kelapa muda yang bisa Anda dapatkan.
Air kelapa muda bisa dijadikan sumber cairan tubuh
Air kelapa muda bisa dijadikan pengganti cairan tubuh

1. Pengganti cairan di tubuh

Manfaat minum air kelapa muda yang pertama adalah untuk mengganti cairan tubuh. Air kelapa muda sering digunakan untuk menggantikan cairan di tubuh setelah melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, maupun saat mengalami diare. Air kelapa mengandung elektrolit alami seperti kalium, natrium, dan mangan, yang dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi.

2. Mengandung antioksidan

Rutin mengonsumsi air kelapa muda dipercaya dapat membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas yang dapat muncul apabila seseorang berolahraga terlalu keras. Radikal bebas, dalam jumlah berlebih, dapat menyebabkan kerusakan sel, dan memicu berbagai penyakit. Ragam manfaat air kelapa muda tersebut bisa ada, karena kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

3. Membantu menurunkan gula darah

Pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, mengonsumsi air kelapa muda terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah.Air kelapa muda juga merupakan sumber magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai khasiat air kelapa muda yang satu ini.
Air kelapa muda baik untuk kesehatan jantung
Air kelapa muda baik untuk kesehatan jantung

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi air kelapa juga disebut berpotensi untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam suatu penelitian yang dilakukan pada hewan uji, hewan yang mengonsumsi air kelapa muda, mengalami penurunan kadar kolesterol dalam darah dan trigliserida, serta menurunkan perlemakan hati.Untuk mendapatkan manfaat ini, peneliti memberikan air kelapa sebanyak 4 ml per 100 gram berat badan hewan uji. Jika dibandingkan dengan manusia, maka ini adalah dosis yang sangat tinggi.Sebagai contoh, seseorang yang memiliki berat 68 kg, harus mengonsumsi 2,7 liter air kelapa muda setiap harinya. Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

5. Dipercaya dapat mencegah batu ginjal

Memenuhi kebutuhan cairan, penting dilakukan untuk mencegah terbentuknya batu ginjal. Selain air putih, minum air kelapa muda juga dapat menjadi alternatif yang sehat.Untuk menguji manfaat air kelapa muda ini, sebuah penelitian dilakukan pada hewan uji. Hasilnya, konsumsi air kelapa disebut dapat mencegah terbentuknya risiko penyakit batu ginjal. Penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikannya.

6. Mengembalikan energi setelah olahraga

Kandungan elektrolit alami yang ada pada air kelapa, menjadikannya asupan yang ideal untuk Anda setelah berolahraga. Elektrolit akan membantu menjaga keseimbangan cairan di tubuh dan menghilangkan dehidrasi.
Air kelapa muda dapat turunkan tekanan darah
Air kelapa muda baik untuk pengidap hipertensi

7. Dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah

Manfaat air kelapa muda yang juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Air kelapa muda juga dianggap dapat membantu menurunkan risiko terbentuknya gumpalan darah di pembuluh darah.

8. Sumber cairan yang sehat

Sumber cairan yang paling sehat, tentu adalah air mineral. Namun jika bosan, air kelapa dapat menjadi alternatif yang sehat untuk Anda. Air kelapa juga merupakan minuman isotonik yang baik dikonsumsi untuk Anda yang mengalami dehidrasi akibat diare, cuaca panas, hingga berkeringat.Dikutip dari Mayo Clinic, air kelapa hanya mengandung sedikit kalori, gula, dan kandungan lemak. Sehingga, jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, tidak berpotensi menimbulkan gangguan seperti naiknya kadar gula darah maupun kolesterol.

9. Mengatasi asam lambung

Manfaat air kelapa muda untuk asam lambung juga sangat banyak. Air kelapa mengandung tinggi kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Manfaatnya, kadar asam pada organ lambung akan menjadi lebih mudah dikendalikan dan mengurangi risiko refluks asam lambung.

10. Mengatasi diabetes

Manfaat air kelapa muda untuk diabetes juga tidak boleh diremehkan. Air kelapa adalah salah satu minuman elektrolit yang mengandung magnesium, zat besi, kalsium, vitamin c, dan natrium yang tinggi. Kandungan nutrisi tersebut dikenal dapat mencegah fluktuasi glukosa dalam darah. Sehingga, kadar gula darah pada penderita diabetes bisa terkendali.Baca juga: Manfaat Air Kelapa Tua Baik untuk Kesehatan, Kenali Kandungannya!

Efek samping minum air kelapa muda setiap hari yang perlu diperhatikan

Air kelapa memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, sebaiknya Anda tidak minum air kelapa secara berlebihan setiap hari. Pasalnya, air kelapa muda memiliki kandungan kalium 10 kali lebih banyak dibandingkan minuman olahraga lainnya, sehingga bisa menimbulkan efek samping tertentu.Apabila terlalu banyak minum air kelapa, efek samping yang mungkin ditimbulkan adalah memicu kondisi hiperkalemia. Hiperkalemia adalah kondisi tingginya kadar kalium di dalam tubuh. Kalium merupakan mineral esensial dan menjadi salah satu nutrisi utama sebagai kandungan air kelapa. Hanya saja, jika dikonsumsi berlebihan, bukan tak mungkin kalium menjadi menumpuk di dalam tubuh.Penelitian menunjukkan, minum air kelapa terlalu banyak setelah berolahraga dapat meningkatkan kadar kalium dalam tubuh, yang dapat menyebabkan pingsan hingga jantung berdetak secara tidak normal. Sejumlah gejala yang bisa muncul akibat kelebihan kalium adalah:
  • Sakit perut
  • Napas yang terengah-engah
  • Keringet dingin
  • Pusing
  • Mengalami tekanan dari nyeri pada dada dan lengan
Jika dibiarkan, komplikasi terparah yang bisa timbul dari kelebihan kalium adalah mengalami gangguan jantung dan memengaruhi kerja otot tubuh.Selain itu, mengonsumsi air kelapa terlalu banyak juga bisa memicu FODMAP. FODMAP adalah kelompok karbohidrat rantai pendek yang tidak dapat dicerna tubuh. Kelompok karbohidrat ini dapat memicu atau memperburuk masalah pencernaan pada individu tertentu, seperti penderita sindrom iritasi usus (IBS).

Catatan dari SehatQ

Air kelapa muda memang sumber cairan yang baik dikonsumsi setelah Anda melakukan aktivitas fisik yang cukup berat. Jika ingin merasakan manfaatnya, jangan konsumsi air kelapa muda dalam kemasan, yang banyak mengandung bahan-bahan tambahan seperti gula dan pengawet. Konsumsilah air kelapa yang alami.Jika Anda sedang diet, pilihlah air putih, dibandingkan air kelapa. Meski kalorinya rendah, air kelapa tetap mengandung gula dan karbohidrat, sedangkan air mineral biasa tidak.Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian mengenai manfaat air kelapa muda untuk kesehatan. Jadi, tetaplah bijak dalam mengonsumsinya.Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar air kelapa muda manfaatnya untuk tubuh, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehatmakanan dietminuman tidak sehat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318394.php
Diakses pada 23 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/8-coconut-water-benefits
Diakses pada 23 September 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/coconut-water/faq-20207812
Diakses pada 23 September 2019
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/coconut-water-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4110619
Diakses pada 23 September 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait