Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Ternyata Begitu Berlimpah

Ambil manfaat air kelapa muda untuk kesehatan Anda, salah satunya adalah menjaga kadar gula darah
Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan ternyata sangat beragam

Kabar baik untuk Anda penggemar air kelapa muda. Ternyata, minuman menyegarkan ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan, didapatkan dari berbagai mineral dan nutrisi yang dikandungnya.

Agar tidak semakin penasaran, simak lebih jauh tentang kandungan dan manfaat air kelapa muda, yang baik untuk tubuh Anda.

Kandungan air kelapa yang bermanfaat

Berbagai manfaat air kelapa muda yang bisa Anda dapatkan, bersumber dari kandungan nutrisi dan mineralnya yang melimpah. Dalam satu gelas air kelapa muda (atau sekitar 250 ml), terkandung:

  • Kalori: 45,6
  • Lemak: 0,4 gram
  • Kolesterol: 0
  • Natrium: 252 mg atau 11% dari kebutuhan harian tubuh
  • Kalium: 600 mg atau 17% dari kebutuhan harian tubuh
  • Karbohidrat: 8,8 gram atau 3% dari kebutuhan harian tubuh
  • Serat: 2,6 gram
  • Gula: 6,3 gram
  • Protein: 1,8 gram
  • Vitamin C: 10% dari kebutuhan harian tubuh
  • Kalsium: 6% dari kebutuhan harian tubuh
  • Zat besi: 4% dari kebutuhan harian tubuh

Ini manfaat air kelapa muda untuk kesehatan

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan, ternyata ada beragam. Namun perlu diingat, air kelapa yang dimaksud adalah air kelapa alami, tanpa tambahan bahan lain seperti gula maupun pengawet.

Lebih jauh, berikut ini manfaat air kelapa muda yang bisa Anda dapatkan.

1. Pengganti cairan di tubuh

Air kelapa muda sering digunakan untuk menggantikan cairan di tubuh setelah melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, maupun saat mengalami diare. Air kelapa mengandung elektrolit alami seperti kalium, natrium, dan mangan, yang dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi.

2. Mengandung antioksidan

Kandungan antioksidan yang ada pada air kelapa muda, dipercaya dapat membantu menetralkan stres okisdatif dan radikal bebas yang dapat muncul apabila seseorang berolahraga terlalu keras.
Radikal bebas, dalam jumlah berlebih, dapat menyebabkan kerusakan sel, dan memicu berbagai penyakit.

3. Membantu menurunkan gula darah

Pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, mengonsumsi air kelapa muda terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Air kelapa muda juga merupakan sumber magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

Namun, masih dibutuhkan penelitan lebih lanjut mengenai manfaat air kelapa muda yang satu ini.

4. Dipercaya dapat mencegah batu ginjal

Memenuhi kebutuhan cairan, penting dilakukan untuk mencegah terbentuknya batu ginjal. Selain air putih, minum air kelapa muda juga dapat menjadi alternatif yang sehat.

Untuk menguji manfaat ini, sebuah penelitian dilakukan pada hewan uji. Hasilnya, konsumsi air kelapa disebut dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Penelitan lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat ini.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi air kelapa juga disebut berpotensi untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam suatu penelitian yang dilakukan pada hewan uji, hewan yang mengonsumsi air kelapa muda, mengalami penurunan kadar kolesterol dalam darah dan trigliserida, serta menurunkan perlemakan hati.

Untuk mendapatkan manfaat ini, peneliti memberikan air kelapa sebanyak 4 ml per 100 gram berat badan hewan uji. Jika dibandingkan dengan manusia, maka ini adalah dosis yang sangat tinggi.

Sebagai contoh, seseorang yang memilik berat 68 kg, harus mengonsumsi 2,7 liter air kelapa muda setiap harinya. Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

6. Dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah

Manfaat air kelapa muda yang juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Air kelapa muda juga dianggap dapat membantu menurunkan risiko terbentuknya gumpalan darah di pembuluh darah.

7. Mengembalikan energi setelah olahraga

Kandungan elektrolit alami yang ada pada air kelapa, menjadikannya asupan yang ideal untuk Anda setelah berolahraga. Elektrolit akan membantu menjaga keseimbangan cairan di tubuh.

8. Sumber cairan yang sehat

Sumber cairan yang paling sehat, tentu adalah air mineral. Namun jika bosan, air kelapa dapat menjadi alternatif yang sehat untuk Anda.

Air kelapa hanya mengandung sedikit kalori dan gula. Sehingga, jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, tidak berpotensi menimbulkan gangguan seperti naiknya kadar gula darah maupun kolesterol.

Catatan dari SehatQ

Air kelapa muda memang sumber cairan yang baik dikonsumsi setelah Anda melakukan aktivitas fisik yang cukup berat. Jika ingin merasakan manfaatnya, jangan konsumsi air kelapa muda dalam kemasan, yang banyak mengandung bahan-bahan tambahan seperti gula dan pengawet. Konsumsilah air kelapa yang alami.

Jika Anda sedang diet, pilihlah air putih, dibandingkan air kelapa. Meski kalorinya rendah, air kelapa tetap mengandung gula dan karbohidrat, sedangkan air mineral biasa tidak.

Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian mengenai manfaat air kelapa muda untuk kesehatan. Jadi, tetaplah bijak dalam mengonsumsinya.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318394.php
Diakses pada 23 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/8-coconut-water-benefits
Diakses pada 23 September 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/coconut-water/faq-20207812
Diakses pada 23 September 2019

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/coconut-water-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4110619
Diakses pada 23 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed