logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Air Hidrogen Dianggap Lebih Menyehatkan, Benarkah Demikian?

open-summary

Air hidrogen adalah air murni yang diberi tambahan molekul hidrogen di dalamnya. Air ini dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan yang lebih baik daripada air biasa. Benarkah demikian?


close-summary

17 Sep 2020

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Air hidrogen dianggap lebih menyehatkan daripada air biasa

Air hidrogen adalah air murni yang diberi tambahan molekul hidrogen

Table of Content

  • Manfaat air hidrogen untuk kesehatan
  • Benarkah minum air hidrogen lebih sehat?

Pernahkah Anda mendengar seputar air hidrogen? Banyak orang menganggap air yang sempat viral ini lebih baik dari air minum biasa. Air hidrogen adalah air murni dengan molekul hidrogen ekstra yang ditambahkan ke dalamnya. 

Advertisement

Pembuatan air minum ini dilakukan melalui proses elektrolisis, di mana ikatan oksigen dan hidrogen dalam air dipecah menggunakan arus listrik sebelum ditambahkan hidrogen ekstra. Air hidrogen dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan yang lebih baik daripada air biasa.

Baca Juga

  • Selain Menyehatkan Tulang, Ini Fungsi Kalsium untuk Tubuh
  • 7 Cara yang Bisa Anda Lakukan Agar Tidak Gampang Lemas saat Puasa
  • Sudah Benarkah Cara Sikat Gigi Anda Selama Ini?

Manfaat air hidrogen untuk kesehatan

Para ahli menganggap tubuh manusia tidak bisa menyerap hidrogen dalam air biasa secara efektif karena terikat pada oksigen. Akan tetapi, dengan menambahkan molekul hidrogen ekstra, membuat tubuh semakin mudah menyerapnya.

Meski penelitian tentang manfaat air hidrogen masih terbatas, beberapa uji coba kecil memberikan hasil yang menjanjikan. Beberapa manfaat air hidrogen untuk kesehatan, di antaranya:

1. Melawan radikal bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif yang memicu terjadinya penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes, osteoporosis, dan lainnya. Molekul hidrogen dapat membantu melawan radikal bebas dan melindungi tubuh dari stres oksidatif.

Sebuah studi selama 8 minggu yang melibatkan 49 pasien terapi radiasi kanker hati  diminta untuk meminum 1.500-2.000 ml air hidrogen per hari. 

Di akhir uji coba, peserta yang mengonsumsi air tersebut mengalami penurunan tanda stres oksidatif dan dapat mempertahankan aktivitas antioksidan. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian mengenai manfaat ini.

2. Mengatasi sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah sekelompok gangguan kesehatan yang ditandai dengan gula darah tinggi, kolesterol tinggi, meningkatnya trigliserida, dan lemak perut berlebih. Air hidrogen dipercaya dapat mengatasi sindrom metabolik ini. 

Sebuah studi yang dilakukan selama 10 minggu menginstruksikan 20 orang dengan tanda-tanda sindrom metabolik untuk mengonsumsi 0,9-1 liter air hidrogen per hari. 

Di akhir uji coba, peserta mengalami penurunan kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total, peningkatan kolesterol baik (HDL), serta penurunan penanda peradangan.

3. Memperbaiki suasana hati

Bukan hanya untuk kesehatan fisik, air hidrogen juga dipercaya dapat memperbaiki suasana hati

Sebuah studi pada tahun 2018 melibatkan 26 peserta yang diberi air hidrogen selama 4 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa air tersebut berpotensi meningkatkan suasana hati, mengurangi gejala kecemasan, dan meningkatkan fungsi saraf otonom.

4. Meningkatkan performa fisik

Air hidrogen dipercaya dapat meningkatkan performa fisik, terutama bagi para atlet dan orang yang ingin meningkatkan rutinitas olahraga. Air ini dapat mengurangi peradangan dan memperlambat akumulasi laktat dalam darah yang menjadi tanda kelelahan otot.

Studi yang melibatkan 10 pemain sepak bola menemukan bahwa peserta yang minum 1.500 ml air hidrogen mengalami penurunan laktat darah dan kelelahan otot setelah latihan, jika dibandingkan dengan kelompok plasebo. 

Benarkah minum air hidrogen lebih sehat?

Meski terdapat beberapa manfaat potensial yang dimiliki air hidrogen, penelitian mengenai manfaat tersebut masih terbatas. Oleh sebab itu, air hidrogen belum bisa dianggap lebih sehat dari jenis air minum yang lain karena dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal tersebut. 

Selain itu, belum ada evaluasi mengenai efek jangka panjangnya terhadap kesehatan. Akan tetapi, air hidrogen umumnya aman dan bisa dikonsumsi dalam jumlah sedang dengan risiko kesehatan yang terbatas. 

Air hidrogen biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Jika Anda ingin mencoba minum air hidrogen, para ahli menyarankan untuk membeli produk dalam kemasan non-permeable (tidak dapat ditembus oleh partikel), dan diminum langsung untuk mendapat manfaat yang maksimal. 

Akan tetapi, sebelum mencoba jenis air minum ini, ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanan kondisi Anda.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

air putihoksigenhidup sehatantioksidan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved