7 Manfaat Air Garam yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Manfaat air garam dapat mengatasi dan mengobati beberapa kondisi kesehatan tertentu
Manfaat air garam bisa membantu mengatasi sinus, sakit tenggorokan, hingga infeksi jamur kaki

Garam tidak hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa dalam makanan. Jika dicampurkan dengan air menjadi larutan air garam, ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan. Manfaat air garam bisa digunakan untuk terapi memulihkan kondisi tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan.

Beragam manfaat air garam untuk kesehatan

Air garam adalah jenis larutan yang cukup familiar di kalangan masyarakat di Indonesia. Air yang memiliki rasa asin ini umumnya dimanfaatkan sebagai bahan pengawet ikan dan sayuran.

Tak hanya itu, ada berbagai manfaat air garam lainnya bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui berikut ini.

1. Mengatasi sinus

Salah satu manfaat air garam adalah mengatasi gejala sinus, pilek, atau alergi.

Mencuci hidung dengan air garam dapat membantu menjaga saluran hidung terbuka, menghilangkan lendir kental yang sudah mengering, membersihkan sinus, menghilangkan bakteri berlebih, dan membuat hidung terasa lebih nyaman.

Sebelum mencobanya, pastikan untuk bertanya kepada dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) mengenai cara melakukannya. 

2. Meredakan sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh virus atau bakteri. Biasanya kondisi ini akan terasa sakit apabila Anda menelan sesuatu. Berkumur air garam bisa menjadi salah satu pengobatan alami sementara di rumah.

Cara membuatnya, campurkan ¼-½ sendok teh garam meja ke dalam satu gelas air hangat. Anda bisa melakukan langkah ini sambil menjalani pengobatan yang diberikan dokter guna membantu pemulihan agar semakin optimal. 

3. Berfungsi sebagai obat kumur

Salah satu manfaat air garam adalah berfungsi sebagai obat kumur
Kumur air garam bermanfaat untuk menjaga kesehatan area gigi dan mulut

Selain meredakan sakit tenggorokan, berkumur air garam juga bermanfaat untuk:

  • Menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut.
  • Mencegah infeksi yang mungkin terjadi pada area gigi dan mulut.
  • Meringankan rasa nyeri akibat sariawan dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Menghilangkan kotoran di dalam telinga

Manfaat air garam lainnya adalah dapat digunakan sebagai obat tetes telinga yang berfungsi menghilangkan atau membuang kotoran telinga. Namun, larutan air garam yang dipakai memang bukan yang biasa Anda bisa buat di rumah.

Ya, jika penumpukan kotoran telinga bisa berisiko menimbulkan masalah, dokter mungkin akan membersihkannya dengan cara menyemprotkan air atau larutan garam ke telinga secara lembut menggunakan alat khusus.

Aliran air atau larutan garam yang disemprot menggunakan alat khusus akan mendorong kotoran telinga keluar. Hasilnya, telinga pun akan bersih dari kotoran. Pastikan untuk melakukan langkah ini di bawah pengawasan dokter spesialis THT.

5. Menjaga kebersihan luka

Menjaga kebersihan area tubuh yang luka juga menjadi manfaat air garam lainnya. Saat Anda terluka, banyak orang yang mungkin membersihkan luka menggunakan air mengalir saja atau air sabun agar bakteri-bakterinya hilang.

Kini, Anda bisa memanfaatkan air garam untuk membersihkan luka. Caranya, basahi kain bersih atau kain kasa dengan larutan air garam. Kemudian, oleskan atau usap kulit yang terluka dengan lembut.

Langkah ini juga berlaku untuk jenis luka bedah.

6. Mengatasi infeksi jamur pada kaki

Infeksi jamur pada kaki bisa diatasi menggunakan larutan air garam. Meski tidak sepenuhnya dapat menyembuhkan infeksi, penggunaan air garam bisa bermanfaat untuk mengatasi infeksi dan melembutkan permukaan kulit kaki Anda.

Caranya, rendam kedua kaki Anda ke dalam larutan air garam Epsom hangat selama kurang lebih 20 menit secara rutin setiap dua kali sehari. Setelahnya, segera keringkan dengan handuk yang bersih dan jangan biarkan kaki lembap.

Merendam kaki ke dalam air garam Epsom dapat memaksimalkan pengobatan yang diberikan oleh dokter Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum merendam kaki dengan air garam guna mengatasi infeksi jamur pada kaki.

7. Menjaga kebersihan area tubuh yang ditindik (body piercing)

Jika ada bagian anggota tubuh Anda yang ditindik, penting untuk menjaga area tersebut agar tetap bersih dan kering. Anda bisa menjaga kebersihan area tindikan menggunakan larutan air garam yang terbuat dari ¼ sendok teh garam dan 1 gelas air hangat.

Anda juga bisa mengompres area tubuh tersebut menggunakan kapas atau handuk bersih yang sudah dibasahi dengan air garam. Bersihkan secara rutin setiap dua kali sehari setelah mandi.

Namun, perlu diingat jangan berlebihan membasuh luka tindikan karena bisa membuat kulit menjadi iritasi.

Cara menggunakan larutan air garam yang aman untuk kondisi kesehatan Anda

Konsentrasi garam yang rendah dapat berisiko menimbulkan rasa perih atau sensasi rasa terbakar ketika dioleskan pada permukaan kulit. Hal ini bisa terjadi kemungkinan bisa disebabkan oleh air yang terlalu banyak mengandung garam. Maka dari itu, penting untuk menggunakan air garam dengan cara yang aman.

Caranya, hindari melarutkan garam dengan air yang terlalu panas, lalu menggunakannya ke permukaan kulit. Pasalnya, hal tersebut dapat membakar kulit-kulit halus yang berada di dalam saluran hidung, area mata, di sekitar luka, atau area tubuh Anda lainnya yang akan dibasuh air garam.

Untuk hasil maksimal, cobalah menggunakan larutan air garam terlebih dahulu sebelum menggunakan obat-obatan yang diberikan oleh dokter, seperti obat tetes mata atau inhaler.

Pastikan juga untuk menjaga wadah yang berisi air garam tetap bersih dengan cara mencuci tangan sebelum menggunakannya. 

Efek samping akibat penggunaan larutan air garam jarang terjadi apabila Anda menggunakannya dengan benar.

Meski ada berbagai manfaat air garam yang bisa dipetik, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya. Sebab, setiap jenis pengobatan kondisi kesehatan tertentu akan memberikan reaksi yang berbeda pada setiap orang.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sore-throat/diagnosis-treatment/drc-20351640
Diakses pada 9 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/epsom-salt-foot-soak#benefits
Diakses pada 9 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/ear-irrigation#purpose
Diakses pada 9 Januari 2020

Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000040.htm
Diakses pada 9 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323842.php#risks-and-warnings
Diakses pada 9 Januari 2020

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/body-piercing/
Diakses pada 9 Januari 2020

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed