Manfaat Air Garam untuk Miss V, Mampu Mencegah Vagina Berjamur


Manfaat air garam untuk miss v adalah sebagai obat alami dalam meredakan infeksi jamur vagina. Air garam dapat membantu meredakan peradangan pada jaringan vagina dan mencegah kambuhnya jamur.

(0)
02 Oct 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat air garam untuk miss V adalah untuk redakan infeksi jamurManfaat air garam untuk miss V bisa bantu redakan infeksi jamur
Infeksi jamur vagina bisa menimbulkan rasa gatal, nyeri, dan keputihan yang sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat medis maupun cara alami, seperti air garam.Manfaat air garam untuk miss V memang tak sepele. Sifat antibakteri pada garam dinilai bisa menjadii salah satu pertolongan pertama apabila gejala infeksi jamur di vagina sudah sangat parah dan atasi gatal di miss V, tapi Anda belum sempat memeriksakannya ke dokter.

Manfaat air garam untuk miss V selengkapnya

Infeksi jamur vagina bukanlah kondisi yang bisa dipandang sebelah mata. Selain dapat menimbulkan gejala yang parah dan mengganggu, kondisi mungkin menandakan penyakit yang lebih serius, seperti diabetes.Maka dari itu, Anda perlu segera memeriksakannya ke dokter. Sayangnya, terkadang hal ini tidak bisa langsung dilakukan.Sebagai langkah darurat, Anda bisa menggunakan air garam untuk meredakannya. Untuk bisa mendapatkan manfaat air garam untuk area miss V yang berjamur, berikut ini caranya.
  • Campurkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas besar air atau sekitar 480 ml.
  • Gunakan air tersebut untuk membasuh area vagina dan sekitarnya yang terasa gatal, nyeri, atau kemerahan.
  • Anda juga bisa berendam menggunakan air garam selama kurang lebih 10 menit.
Air garam akan meredakan peradangan yang terjadi di jaringan vagina, sekaligus mencegah kambuhnya jamur.Namun ingat, jangan pernah mencampur air garam dengan sabun ataupun wewangian lainnya, karena bisa memicu iritasi. Berendam miss V dengan air garam terlalu lama juga tidak disarankan.Selain itu, pastikan Anda mengeringkan area vagina segera setelah selesai membasuh atau berendam.

Cara mengobati infeksi jamur vagina lainnya

Pengobatan infeksi jamur vagina yang paling efektif tetaplah dengan menggunakan obat medis. Saat Anda sudah ada waktu untuk memeriksakan diri, biasanya dokter akan meresepkan beberapa jenis obat antijamur, seperti:

1. Obat salep antijamur

Obat salep antijamur seperti miconazole dan terconazole dapat diresepkan oleh dokter untuk mengatasi kandidiasis vagina.Kedua obat tersebut juga bisa diberikan dalam bentuk krim ataupun obat minum. Obat antijamur ini biasanya perlu digunakan selama beberapa hari secara teratur hingga infeksi mereda.

2. Obat minum dosis tunggal

Dokter juga dapat meresepkan Anda obat minum dosis tunggal seperti fluconazole. Karena dosisnya tunggal, obat ini hanya perlu diminum satu kali.Namun pada kasus infeksi jamur yang parah, Anda bisa saja diinstruksikan untuk mengonsumsi dua obat yang sama diberikan selama tiga hari.Jenis pengobatan ini tidak disarankan untuk ibu hamil. Oleh karena itu, pastikan Anda memberitahu dokter soal kondisi kandungan Anda saat konsultasi.

3. Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Jenis minyak esensial dari pohon teh (melaleuca alternifolia) ini dapat membunuh jamur, bakteri, dan virus. Anda bisa memilih jenis krim alami yang mengandung minyak pohon teh untuk mengatasi infeksi pada vagina.

4. Asam Borat

Asam borat merupakan bahan kimia yang bersifat antiseptik dan antijamur. Biasanya, dipakai 1-7 hari selama perawatan.Sebuah studi menemukan bahwa obat antijamur ini cukup efektif memberantas jamur di vagina. Penggunaan obat ini harus diresepkan oleh dokter.

5. Yogurt

Selain perawatan luar, Anda juga bisa mengonsumsi yogurt untuk perawatan dari dalam. Bakteri baik (probiotik) dapat membantu membasmi jamur pada miss V.Pertimbangkan untuk mengonsumsi yogurt secara teratur jika Anda sering terinfeksi jamur pada vagina. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi probiotik setiap hari dapat mencegah infeksi bakteri atau jamur lainnya.

Mencegah infeksi jamur vagina

Selain menggunakan manfaat air garam untuk miss V, infeksi jamur pada vagina juga bisa dicegah kemunculannya dengan cara:
  • Membatasi konsumsi makanan manis dan makanan dalam kemasan. Sebab, gula adalah makanan kesukaan jamur dan akan membuatnya tumbuh subur.
  • Mengggunakan pakaian dalam yang longgar
  • Memilih pakaian dalam berbahan katun
  • Tidak terlalu lama menggunakan pakaian dalam yang basah. Sebab, jamur tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembap
  • Hanya mengonsumsi antibiotik seperlunya saja, sesuai resep dokter. Penggunaan antibiotik yang tidak sesuai aturan, bisa memicu tumbuhnya jamur di tubuh.
  • Tidak membasuh vagina hingga ke dalam menggunakan semprotan air yang terlalu kencang, kecuali jika memang disarankan dokter.
  • Tidak menggunakan losion ataupun pewangi vagina, karena bisa mengubah keseimbangan flora normal di area tersebut maupun memicu infeksi
Pakaian yang terlalu ketat, terutama di bagian area kewanitaan bisa menyebabkan tingkat kelembaban yang tinggi. Infeksi jamur lebih mudah berkembang di area yang gelap dan lembap.Disarankan para ahli, wanita sebaiknya memakai pakaian katun yang tidak terlalu ketat dan memiliki pori-pori untuk sirkulasi udara.Produk pembalut wanita, sabun kewanitaan, atau produk perawatan kulit lainnya bisa membuat vagina iritasi dan menyebabkan ketidakseimbangan bakteri alami vagina. Lebih baik gunakan pembalut yang tidak beraroma dan bertekstur lembut. Hindari memakai produk parfum semprot di area kewanitaan.American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyarankan wanita untuk tidak melakukan douching atau membersihkan miss v dengan cairan khusus. Tindakan tersebut dapat membunuh bakteri baik di vagina yang mencegah infeksi jamur. Alternatifnya, Anda hanya perlu membersihkan bagian luar miss V dengan air dan sabun yang berformula lembut.

Catatan dari SehatQ

Manfaat air garam untuk miss V adalah untuk meredakan gejala infeksi jamur pada vagina. Cara ini dapat dipilih sebagai alternatif darurat, apabila Anda belum sempat memeriksakan diri ke dokter.Namun ingat, air garam sebaiknya tidak digunakan sebagai pengobatan utama. Pengobatan medis telah terbukti sebagai cara paling efektif dan aman untuk mengatasi kondisi ini.
vagina gatalkandidiasis vaginakesehatan vagina
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/yeast-infection-home-remedy
Diakses pada 9 September 2020
Health Direct. https://www.healthdirect.gov.au/vaginal-irritation-and-infection
Diakses pada 9 September 2020
Kingsfold Medical Center. https://www.kingsfoldmedicalcentre.co.uk/pages/Vaginal-Thrush
Diakses pada 9 September 2020
Dermnet NZ. https://dermnetnz.org/topics/vulvovaginal-candidiasis/
Diakses pada 9 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/are-yeast-infections-contagious
Diakses pada 9 September 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/yeast-infection/diagnosis-treatment/drc-20379004
Diakses pada 9 September 2020
WebMD. https://www.webmd.com/women/guide/understanding-vaginal-yeast-infection-basics
Diakses pada 11 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait