8 Manfaat Air Dingin untuk Wajah yang Lebih Sehat dan Cerah


Manfaat air dingin untuk wajah saat mencuci muka dapat memberikan sensasi rasa segar. Namun, manfaat mencuci muka dengan air dingin ini hanya efektif bila dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur. Saat mencuci muka, Anda justru disarankan menggunakan air hangat.

0,0
15 Jan 2020|Azelia Trifiana
Manfaat air dingin untuk wajah salah satunya adalah mengurangi rasa gatalMencuci muka dengan air dingin dapat memberikan sensasi rasa segar
Manfaat air dingin untuk wajah saat mencuci muka memang bisa memberikan sensasi rasa segar. Terlebih jika dilakukan sesaat setelah bangun tidur. Tak hanya itu, ada berbagai manfaat air dingin bagi wajah yang mungkin belum banyak diketahui. Simak manfaat mencuci muka dengan air dingin selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa manfaat air dingin untuk wajah?

Adapun berbagai manfaat air dingin untuk wajah yang bisa diperoleh saat mencuci muka, yakni:

1. Menyegarkan wajah

manfaat air dingin untuk menyegarkan wajah
Mencuci muka dengan air dingin dapat membuat wajah segar
Salah satu manfaat air dingin untuk wajah adalah menyegarkan wajah. Sensasi segar ini bisa Anda rasakan saat mencuci muka di pagi hari atau setelah beraktivitas seharian.

2. Meredakan wajah membengkak

Manfaat air dingin untuk wajah ternyata dapat meredakan wajah membengkak. Ya, wajah membengkak mungkin pernah Anda alami setelah bangun tidur di pagi hari. Kondisi tersebut bisa terjadi akibat tekanan dan proses regenerasi kulit yang dialami selama tidur sepanjang malam. Nah, manfaat mencuci muka dengan air dingin dapat meredakan wajah membengkak dengan cepat.

3. Mengecilkan pori-pori kulit

Manfaat air dingin untuk wajah bisa mengecilkan pori-pori
Pori-pori lebih kecil berkat mencuci muka dengan air dingin
Manfaat air dingin untuk wajah yang paling dikenal adalah mengecilkan pori-pori kulit. Kendati demikian, kondisi ini hanya terjadi sementara waktu. Pasalnya, bukan berarti orang yang tiap hari mencuci muka dengan air dingin akan memiliki pori-pori singset. Pasalnya, untuk mengecilkan pori-pori, dibutuhkan rangkaian perawatan kulit lainnya.

4. Mengurangi minyak di wajah

Manfaat mencuci muka dengan air dingin juga dapat mengurangi produksi minyak alami atau sebum di wajah. Dengan demikian, wajah tidak semakin berminyak dan pori-pori bisa lebih kecil. 

5. Memperlambat tanda-tanda penuaan

Manfaat air dingin untuk wajah berikutnya adalah memperlambat tanda-tanda penuaan, terutama munculnya keriputMeski manfaat mencuci muka dengan air dingin dapat membantu memperlambat tanda penuaan, pastikan Anda melakukan rangkaian perawatan kulit lainnya untuk mencegah kemunculan tanda penuaan dini

6. Membuat make up lebih tahan lama

Manfaat air dingin untuk wajah saat mencuci muka bisa dilakukan untuk menjaga riasan wajah atau make up agar lebih tahan lama. Anda bisa melakukannya saat merias wajah sebelum pergi beraktivitas.

7. Meredakan rasa gatal pada wajah

Manfaat air dingin untuk wajah bisa meredakan rasa gatal
Basuh wajah dengan air dingin untuk meredakan rasa gatal
Seorang ahli kulit mengungkapkan bahwa manfaat air dingin untuk wajah dapat meredakan rasa gatal pada wajahLangkah ini juga berlaku bila Anda mengalami gatal-gatal pada kulit tubuh lainnya. Anda bisa mandi air dingin untuk mencegah keinginan untuk menggaruk area kulit yang gatal.

8. Membuat wajah lebih glowing

Tahukah Anda kalau manfaat mencuci muka dengan air dingin bisa membuat wajah lebih glowing?Air dingin diketahui dapat mengencangkan dan membatasi aliran darah yang akhirnya membuat kulit terlihat lebih bercahaya dan sehat. Tidak seperti air panas, manfaat air dingin untuk wajah tidak dapat mengeringkan sebum pada kulit yang bekerja sebagai pelumas alami pada kulit. Hal inilah yang mampu membuatnya menjadikan wajah glowing.

Manfaat air dingin atau air hangat untuk wajah saat cuci muka, mana yang lebih baik?

Memang, ada berbagai manfaat mencuci muka dengan air dingin yang sayang dilewatkan begitu saja. Kendati demikian, American Academy of Dermatology justru menyarankan mencuci muka dengan air hangat. Manfaat mencuci muka dengan air hangat dapat melancarkan sirkulasi darah pada wajah sehingga memungkinkan nutrisi dan darah mengalir dengan baik ke seluruh sel-sel kulit. Dengan ini, kulit tetap terjaga kesehatannya. Tak hanya itu, manfaat air hangat untuk wajah saat mencuci muka bisa membantu merelaksasi otot-otot di sekitar wajah dan membantu melebarkan pori-pori kulit sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. 
Manfaat air dingin untuk wajah saat cuci muka baik dilakukan pagi hari
Cuci muka yang disarankan sebaiknya menggunakan air hangat
Manfaat mencuci muka dengan air dingin yang telah dijelaskan di atas disebut lebih efektif bila Anda melakukannya 15 detik dengan cara mengalirkan air dingin ke wajah. Pasalnya, dalam beberapa kasus, penggunaan air yang terlalu dingin justru dapat menyebabkan kulit mati rasa.Jadi, manfaat air dingin bagi wajah cocok didapat bila Anda ingin membasuh muka saat baru bangun tidur. Sensasi dingin dari air yang mengalir bisa membuat Anda merasa lebih segar. Namun, jika ingin cuci muka dengan air hangat, pastikan untuk menghindari air dengan suhu yang terlalu panas. Sebab, penggunaan air panas bisa berisiko merusak pembuluh darah dan jaringan-jaringan di wajah. Cara mencuci muka pun jangan terlalu sering agar tidak membuat kulit kering, iritasi, bahkan membuat kulit memproduksi terlalu banyak minyak. Masih punya pertanyaan seputar manfaat air dingin atau air hangat untuk wajah? Segera tanyakan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasi sekarang melalui App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitperawatan wajahkulit dan kecantikan
Self. https://www.self.com/story/how-to-wash-your-face
Diakses 7 Januari 2020
Well and Good. https://www.wellandgood.com/good-looks/wash-face-with-cold-water/
Diakses 7 Januari 2020
Bustle. https://www.bustle.com/articles/157964-i-tried-the-ice-water-facial-this-is-what-happened-photos
Diakses 7 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-shower-vs-hot-shower#Whats-so-great-about-cold-showers?
Diakses 11 Agustus 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/care/face-washing-101
Diakses pada 4 Juni 2021
Womenshealthmag. https://www.womenshealthmag.com/uk/beauty/skin/a707530/ice-water-face/
Diakses pada 4 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait