Manfaat Air Beras untuk Wajah yang Menawan dan Cara Menggunakannya


Manfaat air beras untuk wajah bisa didapat bila digunakan secara rutin. Manfaat air cucian beras untuk wajah yang mungkin tak Anda sangka, mulai dari mencerahkan kulit sampai mencegah penuaan dini.

(0)
10 Feb 2021|Anita Djie
Manfaat air beras untuk wajah adalah mencerahkan kulitCara membuat air beras untuk wajah bisa didapat bila Anda mencucinya sampai bersih terlebih dahulu
Manfaat air beras untuk wajah mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang. Jadi, bila selama ini Anda selalu membuang air cucian beras, pertimbangkan kembali untuk menyisihkannya karena dianggap baik untuk kesehatan kulit wajah. Air beras, atau yang dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai air tajin, sering digunakan sebagai penambah nutrisi atau bahkan pengganti susu untuk bayi.Meskipun kemampuannya sebagai pengganti susu belum bisa dipastikan, tetapi sejumlah penelitian sudah ada yang menguji mengenai manfaat air cucian beras untuk wajah. 

Apa manfaat air beras untuk wajah?

Manfaat air beras sudah lama dipercaya bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Meski sebagian besar manfaat air cucian beras untuk wajah masih memerlukan studi lebih banyak lagi, berikut adalah berbagai manfaat air beras untuk wajah Anda. 

1. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat air beras untuk wajah adalah mencerahkan kulit
Kulit wajah jadi cerah berkat penggunaan air beras untuk wajah
Salah satu manfaat air beras untuk wajah adalah mencerahkan kulit. Manfaat air cucian beras untuk wajah ini bisa dibilang cukup populer karena sebagian besar masyarakat Korea dan Jepang menggunakan air bekas cucian beras untuk mencerahkan kulit wajah. Maka, tak heran bila sejumlah produk perawatan kulit, seperti sabun cuci muka, toner, dan krim, ada yang mengandung sari pati air beras sebagai kandungannya.

2. Mengatasi kulit kering

Manfaat air beras untuk wajah berikutnya adalah mengatasi kulit kering dan iritasi akibat penggunaan produk perawatan wajah yang mengandung senyawa sodium lauryl sulfateMeski manfaat air cucian beras untuk wajah ini belum terbukti secara ilmiah, Anda bisa mencoba cuci muka dengan air beras sebanyak dua kali sehari. 

3. Menangkal kerusakan kulit akibat sinar matahari

Menangkal kerusakan kulit akibat sinar matahari juga menjadi manfaat air beras untuk wajah
Air beras fermentasi diyakini mampu menangkal kerusakan kulit
Menangkal kerusakan kulit akibat sinar matahari juga menjadi manfaat air beras untuk wajah. Anda bisa mendapatkan manfaat ini bila menggunakan beras yang difermentasi. Ya, air beras yang sudah difermentasi tidak hanya dapat dijadikan minuman beralkohol, tetapi mampu mengatasi kerusakan akibat sinar matahari. Bahkan, air beras fermentasi diperkirakan memiliki senyawa alami tertentu yang umumnya ditemukan dalam sunscreen atau tabir surya.Manfaat air cucian beras untuk wajah dalam melindungi kulit dari sinar matahari akan lebih efektif bila digabungkan dengan kandungan tanaman lain yang mungkin bisa menjadi tabir surya alami.

4. Mencegah penuaan dini

Manfaat air beras untuk wajah ternyata dapat mencegah penuaan dini yang mampu merusak penampilan. Fermentasi air beras dipercaya mengandung antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini. Manfaat ini dibuktikan dalam sebuah studi yang melibatkan 12 orang partisipan yang menggunakan ekstrak masker beras selama 28 hari. Hasilnya, ditemukan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi di dalam air beras dipercaya dapat menghambat aktivitas elastase. Elastase adalah salah satu enzim yang dapat merusak elastisitas kulit. Itu artinya, penggunaan air bekas cucian beras untuk wajah mampu mempertahankan elastisitas kulit.Selain itu, kemunculan tanda-tanda penuaan dini pun dapat diperlambat.Kendati demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan efektivitas manfaat air cucian beras untuk wajah ini. 

5. Meningkatkan produksi kolagen

Meningkatkan produksi kolagen juga jadi manfaat air beras untuk wajah
Penggunaan air cucian beras bisa memperlambat tanda penuaan
Tak hanya mencegah tanda penuaan dini muncul, manfaat air beras untuk wajah mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Dengan demikian, kulit wajah Anda bisa kencang dan terbebas dari kerutan. 

6. Sebagai toner dan pembersih wajah alami

Bagi Anda yang ingin menggunakan toner wajah alami, coba manfaat air beras untuk wajah sebagai toner atau pembersih muka. Cara membuatnya adalah dengan merebus beras secukupnya, seperti saat akan menanak nasi. Kemudian, saring air rebusannya. Simpan air rebusan beras dalam botol. Biarkan dingin dan simpan di lemari es. Anda bisa memindahkan air rebusan beras yang sudah dingin ke dalam botol semprot.Jika Anda ingin membersihkan wajah, pijat kulit muka yang telah disemprot air beras dan bilas setelahnya. Kemudian, gunakan toner alami dari beras setelah cuci muka dengan cara menuangkannya ke permukaan kapas. 

7. Mengandung banyak nutrisi untuk kulit wajah

Manfaat air beras untuk wajah tidak hanya berasal dari kandungan antioksidan, melainkan hanya salah satu dari berbagai macam nutrisi air beras yang baik untuk kulit. Nutrisi air bekas cucian beras lainnya yang tak kalah baik untuk kulit adalah vitamin B, mineral, asam amino, dan vitamin E. 

8. Meredakan kondisi kulit tertentu

Bukti penelitian mengenai manfaat air beras untuk wajah yang satu ini masih kurang, tetapi air beras dipercaya baik untuk mengatasi beberapa kondisi kulit.Misalnya, eksim, peradangan pada kulit, ruam kulit, dan jerawat.Bahkan, kandungan pati dalam air beras ditemukan dapat membantu proses penyembuhan kulit pada penderita dermatitis.

9. Meredakan kulit terbakar matahari

Kulit terbakar matahari (sunburn) bisa menyebabkan gejala kemerahan, peradangan, hingga gatal-gatal. Penggunaan masker beras dapat bermanfaat untuk meredakan masalah kulit satu ini. 

Bagaimana cara menggunakan air cucian beras untuk wajah?

Cara menggunakan air cucian beras untuk wajah mudah dilakukan di rumah. Berikut adalah beberapa cara menggunakan air cucian beras yang bisa dilakukan.

1. Merendam beras

Salah satu cara menggunakan air cucian beras adalah dengan merendamnya terlebih dulu. Cara membuat air beras untuk wajah dengan cara merendam adalah sebagai berikut. 
  • Siapkan kurang lebih 100 gram beras dan cuci bersih.
  • Tuangkan air 500-700 ml ke dalam baskom atau wadah berukuran besar.
  • Rendam selama 30 menit.
  • Saring beras dan pisahkan airnya dalam gelas
  • Simpan air rendaman beras di lemari pendingin
Air beras untuk wajah yang dibuat dengan direndam ini bisa bertahan di lemari pendingin selama 1 minggu. 

2. Fermentasi beras

Cara menggunakan air cucian beras adalah dengan metode fermentasi. Cara membuat air beras untuk wajah dengan fermentasi adalah sebagai berikut. 
  • Cuci bersih 100 gram beras.
  • Tuangkan air 500-700 ml ke dalam baskom atau wadah berukuran besar.
  • Rendam beras selama 2 hari untuk proses fermentasi.
  • Setelah 2 hari, aduk air beras dan saring airnya.
  • Simpan air beras dalam botol di lemari pendingin.
Anda bisa menggunakan air cucian beras untuk wajah saat membutuhkannya.

3. Merebus beras

Anda juga bisa merebus beras sebagai cara menggunakan air cucian beras untuk wajah. Berikut adalah beberapa cara membuat air beras untuk wajah dengan cara direbus. 
  • Rebus beras secukupnya (seperti saat akan menanak nasi).
  • Saring air rebusannya. 
  • Simpan air rebusan dalam botol. 
  • Biarkan dingin dan simpan di lemari es. 
Untuk menggunakan air cucian beras ini, Anda bisa meletakkannya dalam botol spray dan menjadikannya toner wajah setelah mencuci muka. Kemudian, gunakan kapas untuk mengoleskan air beras ke permukaan wajah.

Catatan dari SehatQ

Meski ada berbagai manfaat air rendaman beras untuk wajah, perlu diketahui bahwa penggunaannya perlu dilakukan secara hati-hati. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan menggunakan air beras untuk wajah, terutama bagi Anda yang memiliki kondisi kulit tertentu. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikankesehatan kulitmasker wajahperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/rice-water-for-skin#benefits
Diakses pada 3 Februari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321353.php#overview
Diakses pada 3 Februari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12353708
Diakses pada 3 Februari 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/rice-water-beneficial-skin/#rice-water-is-it-good-for-your-skin
Diakses pada 10 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait