Mana yang lebih baik, Closet Duduk atau Jongkok?

(0)
11 Jul 2020|Azelia Trifiana
Posisi BAB di closet duduk kurang menyehatkanMeski populer, BAB di closet duduk kurang menyehatkan
Bisa jadi, cara Anda selama ini saat buang air ke toilet masih salah. Ada yang menggunakan closet duduk atau closet jongkok, mana yang lebih sehat untuk sistem pencernaan?Ternyata, konsep yang sempat trending beberapa saat lalu yaitu menambahkan pijakan bagi mereka yang buang air di closet duduk, terkonfirmasi benar-benar baik untuk pergerakan usus.Awalnya, konsep buang air di closet duduk dengan bantuan pijakan di bagian kaki menjadi viral di media sosial. Ada banyak video yang menyarankan untuk melakukan hal serupa. Dulu, belum ada bukti medis yang mendukungnya. Namun nyatanya, hal ini bisa jadi efektif untuk diterapkan di rumah Anda.

Closet duduk dengan bantuan pijakan

Tim dari profesor di bidang gastroenterology, hepatology, and nutrition dari The Ohio State University Wexner Medical Center Dr. Peter Stanich melakukan penelitian untuk membuktikan hal itu. Mereka merekrut 52 partisipan yang bermasalah saat buang air besar. Penelitian berlangsung selama satu bulan.Setelah menggunakan alat pijakan saat buang air besar di closet duduk, 71% partisipan mengaku bisa BAB lebih lancar. Bahkan, 90% tak perlu bersusah payah mengejan lagi. Mereka bahkan akan terus menggunakan alat pijakan closet duduk.Dari penelitian itu, Dr. Peter Stanich menyimpulkan bahwa alat sesederhana pijakan duduk saja bisa membantu meredakan gejala konstipasi, kembung, atau buang air besar yang tidak tuntas. Dengan demikian, orang yang bersangkutan akan merasa lebih nyaman dan pembuangannya pun efektif.

Closet duduk vs closet jongkok, mana yang lebih sehat?

Menggunakan closet duduk dengan bantuan alat pijak sekilas terlihat serupa dengan menggunakan closet jongkok, yang mengharuskan orang untuk berada di posisi squat. Sebenarnya, closet jongkok adalah posisi paling alami ketika seseorang harus buang air besar.Alasannya, tentu saja karena ketika menggunakan closet jongkok, proses pengosongan usus besar bisa benar-benar tuntas. Meski demikian, tidak semua orang bisa melakukan squat saat buang air besar dengan nyaman. Contohnya para lansia yang tidak bisa berlama-lama berjongkok.Di sinilah alternatif menggunakan closet duduk dengan bantuan pijakan atau footstool menjadi semakin masuk akal. Fisiologinya sederhana. Secara alami, memang ada sudut antara saluran anus dan rektum. Ketika ada pergerakan usus atau keinginan buang air besar, otot di sekitar rektum menjadi lebih rileks dan sudut itu menjadi lurus.Lebih jauh lagi, saat jongkok atau duduk dengan bantuan alat pijakan, pinggang seseorang akan berada pada sudut 90 derajat. Posisi ini membantu meluruskan rektum sehingga feses bisa keluar jauh lebih mudah.

Footstool membantu mengejan saat menggunakan closet duduk

Adanya alat bantu seperti footstool membantu proses mengejan untuk mengeluarkan feses dengan lebih efisien. Jadi, tak masalah apabila jenis closet yang terpasang di rumah Anda berupa closet duduk atau closet jongkok, cukup sesuaikan dengan kenyamanan masing-masing saja.Menambahkan footstool sebagai pijakan saat buang air besar di closet duduk pun tak memberatkan. Ada banyak alat yang bisa dijadikan pijakan tanpa harus membeli baru. Jika membeli pun, harganya cukup terjangkau.Para pakar pun setuju bahwa alat pijakan seperti footstool adalah cara non-medis paling efektif untuk masalah seperti konstipasi atau buang air besar tak tuntas.

Catatan dari SehatQ

Meski demikian, perlu diingat bahwa lancar tidaknya pembuangan tidak hanya bergantung pada jenis closet yang dimiliki di rumah. Ada yang jauh lebih penting, yaitu asupan serat dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Konsumsi buah, sayur, dan olahan gandum akan membuat seseorang tidak berisiko mengalami konstipasi.
pencernaanhidup sehatpola hidup sehat
NPR. https://www.npr.org/sections/health-shots/2012/09/20/161501413/for-best-toilet-health-squat-or-sit
Diakses pada 26 Juni 2020
Journal of Clinical Gastroenterology. https://journals.lww.com/jcge/Fulltext/2019/03000/Implementation_of_a_Defecation_Posture.21.aspx
Diakses pada 26 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health-news/science-says-toilet-footstools-really-can-improve-the-way-you-poop
Diakses pada 26 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait