Malu Tidur Telanjang? Ketahui Dulu Manfaatnya untuk Kesehatan

Tidur telanjang ternyata tak hanya bisa memperbaiki kualitas tidur Anda
Tidur telanjang bisa membuat Anda tidur lebih cepat dan nyenyak

Tidur merupakan waktu yang tepat bagi setiap orang untuk mengistirahatkan tubuh sekaligus mengisi ulang tenaga setelah seharian penuh beraktivitas. Agar tidur semakin berkualitas, lingkungan sekitarnya pun harus mendukung. 

Memang tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidak nyaman dengan suhu ruangan yang terlampau panas adalah salah satu alasannya.

Untuk merasakan tidur yang lebih nyenyak, tak ada salahnya Anda mencoba untuk melepaskan pakaian sebelum mulai memejamkan mata agar merasakan manfaat tidur telanjang bagi kesehatan. 

Dapatkan manfaat tidur telanjang ini

Bagi beberapa orang, tidur telanjang memang dianggap aneh dan tabu. Namun menanggalkan seluruh pakaian saat tidur ternyata bisa memberikan sederet manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah itu?

   1. Tidur lebih cepat

Kualitas tidur yang baik ditentukan oleh durasi yang dibutuhkan oleh seseorang untuk dapat tidur dengan nyenyak. Salah satu faktor penentu ini adalah dengan menurunkan suhu tubuh Anda. 

Temperatur yang rendah akan membuat tubuh Anda mudah terlelap. Pasalnya, tubuh akan menyamakan suhunya dengan temperatur di ruangan sekitarnya. 

Salah satu cara mudah untuk menurunkan suhu tubuh secara cepat adalah tidur telanjang. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih cepat tertidur. 

   2. Tidur lebih nyenyak

Selain membuat tidur lebih cepat, menanggalkan pakaian menjelang memejamkan mata dapat meningkatkan kualitas tidur. Anda mungkin menginginkan kenyamanan dan kehangatan saat tidur di malam hari. Tetapi nyatanya, sangat penting untuk menjaga agar suhu ruangan sedikit dingin saat tidur. 

Para ahli menyarankan bahwa suhu kamar ideal saat tidur berkisar antara 15-19 derajat Celsius. Suhu tubuh akan semakin menurun saat Anda tidur, yang merupakan kecenderungan alami dari tubuh. Proses inilah yang membuat Anda dapat tidur lebih nyenyak.

Dengan tidur telanjang, Anda juga menjadi lebih leluasa dalam bergerak tanpa harus merasa gerah akibat pakaian yang dikenakan. Berkat itu, Anda bisa merasa lebih rileks dan tidur lebih pulas. 

   3. Menjaga kulit tetap sehat

Kualitias tidur yang terjaga akan membuat kondisi kulit Anda tetap sehat. Sebuah studi dilakukan untuk melihat apakah kualitas tidur yang buruk dapat menghambat kemampuan kulit sembuh dari luka kecil. 

Studi tersebut melibatkan peserta yang terbagi dalam tiga kelompok. Kelompok peserta dengan kualitas tidur cukup, kelompok peserta kurang tidur, dan kelompok peserta kurang tidur, tetapi mendapatkan nutrisi tambahan. 

Hasil riset menunjukkan bahwa kemampuan kulit dalam menyembuhkan luka terjadi paling cepat pada grup partisipan yang memiliki kualitas tidur cukup. Mengingat tidur telanjang juga bisa memperbaiki kualitas tidur Anda, tak berlebihan jika dikatakan kesehatan kulit Anda akan turut meningkat. 

   4. Mengurangi stres dan gangguan kecemasan

Ketika tidur telanjang, Anda merasa bebas dan cenderung tidur lebih lelap. Tidur nyenyak di malam hari sangat diperlukan dalam membantu Anda untuk mengurangi tingkat stres dan gangguan kecemasan

   5. Membakar kalori

Menjaga diri tetap dingin saat tidur dapat mempercepat metabolisme tubuh. Hal ini terjadi karena tubuh menciptakan lebih banyak lemak cokelat untuk membuatnya tetap hangat. 

Lemak cokelat menghasilkan panas dengan membakar lebih banyak kalori. Dengan ini, berat badan pun bisa terjaga. 

Anda bisa mempraktikkan tidur telanjang agar suhu tubuh tetap sejuk, sekaligus menambah kelelapan Anda.

   6. Menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes

Jika kurang tidur di malam hari, Anda berisiko mengalami berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan diabetes. Hal ini telah diperkuat pula oleh sebuah riset yang meneliti keterkaitan antara kedua gangguan kesehatan tersebut dengan kualitas tidur.

Menilik penelitian di atas, manfaat tidur telanjang mungkin bisa Anda petik untuk menurunkan risiko tersebut. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidur tanpa pakaian dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan nyenyak. 

   7. Membuat vagina lebih sehat

Manfaat tidur telanjang lainnya adalah membuat vagina lebih sehat sekaligus menghindari infeksi jamur.

Pakaian dalam ketat dan kondisi berkeringat saat tidur dapat meningkatkan risiko infeksi jamur pada vagina. Pasalnya, bakteri dan jamur senang berkembang biak di tempat-tempat yang lembap, gelap, dan hangat.

Oleh karena itu, melepas pakaian saat tidur bisa menjadi salah satu cara untuk membantu vagina bernapas. Dengan ini, organ kewanitaan Anda akan terhindar dari infeksi jamur.

   8. Menjaga kualitas sperma

Serupa dengan wanita, hasil suatu penelitian lain juga mengungkapkan bahwa mengenakan pakaian (terutama pakaian dalam ketat) dapat menghambat aliran darah pada organ intim pria. Akibatnya, jumlah dan kualitas sperma yang diproduksi bisa menurunkan. 

Untuk menghindarinya, para pria juga bisa memetik manfaat tidur telanjang. Langkah ini akan membantu Anda dalam menjaga suhu testis agar tetap dingin, sehingga kualitas sperma tetap baik. 

   9. Meningkatkan kepercayaan diri

Studi lain menyatakan bahwa tidur tanpa pakaian dapat membangun citra lebih positif mengenai fisik Anda. Anda akan menjadi lebih mencintai diri sendiri dan hal ini akan berujung pada meningkatnya rasa percaya diri.

   10. Meningkatkan gairah seks

Bagi Anda dan pasangan yang sudah menikah, tidur tanpa pakaian berpotensi meningkatkan gairah seks serta membuat hubungan lebih harmonis. Apa alasannya?

Dengan tidur telanjang, Anda dan pasangan akan merasa lebih intim dan lebih leluasa untuk melakukan kontak antarkulit. Sentuhan kulit ini dikatakan bisa memicu produksi oksitosin dalam tubuh.

Hormon oksitosin diketahui memiliki peran penting dalam proses membangun ikatan dengan pasangan maupun orang-orang terdekat. Dengan begitu, Anda dan pasangan juga akan lebih rileks dalam melakukan hubungan seksual. 

Catatan dari SehatQ

Tidur telanjang memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan kualitas tidur, menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes, mengurangi stres, hingga meningkatkan gairah seks. 

Jika Anda merasa kurang nyaman tidur tanpa pakaian, Anda bisa menggunakan pakaian longgar dan tipis. Anda juga dapat menyiasatinya dengan hanya mengenakan pakaian dalam ketika tidur di malam hari.

Bagi pria, Anda bisa mengenakan celana boxer saat tidur. Tipe pakaian dalam yang longgar ini tidak akan menekan testis sehingga testis akan tetap dingin.

Namun ada satu hal yang perlu Anda ingat sebelum melakukannya, jangan lupa untuk memastikan kebersihan tempat tidur dan sprei Anda terlebih dulu. Dengan ini, Anda akan terhindar dari gangguan kulit yang tidak diinginkan dan mendapatkan manfaat tidur telanjang secara optimal.

Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-sleeping-naked
Diakses pada 1 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325300.php
Diakses pada 1 Oktober 2019

Live Science. https://www.livescience.com/54556-wearing-underwear-to-bed-health.html
Diakses pada 1 Oktober 2019

Journal of Applied Physiology. https://www.physiology.org/doi/full/10.1152/japplphysiol.00547.2017
Diakses pada 1 Oktober 2019

Journal of Sleep and Breathing. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs11325-011-0583-0
Diakses pada 1 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20620078
Diakses pada 1 Oktober 2019

Oxford Academic. https://academic.oup.com/humrep/article/33/9/1749/5066758
Diakses pada 1 Oktober 2019

Journal of Happiness Studies. https://link.springer.com/article/10.1007/s10902-017-9846-1
Diakses pada 1 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed