Jenis-Jenis Makanan yang Dapat Mengatasi Nafsu Makan Berlebih

Selain apel, alpukat dan kacang almond juga berguna untuk mengatasi atau mengurangi nafsu makan berlebihan
Buah-buahan seperti apel dapat membantu untuk mengurangi nafsu makan berlebihan

Sebagian besar dari mereka yang gagal dalam menjalani diet biasanya mengalami kesulitan saat harus mengurangi nafsu makan. Keinginan untuk terus makan terkadang bekerja pada alam bawah sadar hingga membuat tubuh seperti tidak mengenal kondisi kenyang. Tidak heran jika diet menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan.

Meskipun begitu, ada banyak cara untuk dapat mengatasi nafsu makan berlebih. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat menekan atau mengatasi nafsu makan tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menghentikan atau mengurangi nafsu makan.

1. Kacang Almond

Tahukah Anda bahwa segenggam almond memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh. Nutrisi tersebut mencakup sumber antioksidan, vitamin E, dan magnesium.

Almond juga telah terbukti dapat meningkatkan perasaan kenyang dan sehingga dapat membantu Anda mengendalikan nafsu makan berlebih. Tidak heran jika almond menjadi camilan yang diandalkan oleh mereka yang sedang menjalani program diet.

2. Alpukat

Buah alpukat dapat membantu Anda untuk mengurangi nafsu makan. Buah ini merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan serat dan lemak tak jenuh tunggal. Tidak heran jika alpukat beperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, alpukat juga memiliki peran dalam menekan nafsu makan ketika dimakan dalam jumlah sedang. Faktanya, lemak pada buah kecil ini mengirim sinyal ke otak Anda yang memberi tahu bahwa perut Anda kenyang.

3. Apel

Apel dari semua varietas dan jenisnya dapat membantu menekan rasa lapar karena beberapa alasan. Pertama, apel memiliki kandungan serat larut dan pektin yang meningkatkan perasaan kenyang dalam tubuh Anda.

Selain itu, apel juga mampu mengatur glukosa dan meningkatkan kadar energi Anda. Terakhir, apel membutuhkan banyak waktu untuk dikunyah, sehingga membantu memperlambat Anda dalam menghabiskannya. Alhasil apel dapat membuat tubuh Anda merasa tidak lagi lapar.

4. Telur

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan satu atau dua telur untuk sarapan dapat membantu para pelaku diet merasa lebih kenyang selama 24 jam dibandingkan jika mereka makan roti dengan jumlah kalori yang sama. Hal ini dikarenakan telur kaya akan kandungan protein.

Penelitian menunjukkan dengan menambahkan 20-30 gram protein ke dalam menu asupan harian dapat membantu untuk mengurangi nafsu makan. Sebaliknya, saat asupan protein harian tidak terpenuhi, nafsu makan Anda dapat meningkat. 

5. Oatmeal

Meskipun tinggi karbohidrat, jenis karbohidrat di oatmeal cukup lambat untuk dicerna. Tidak heran jika dengan mengonsumsi oatmeal, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan karena oatmeal bekerja dengan menekan produksi hormon ghrelin. Hormon ini adalah hormon yang berperan untuk menimbulkan rasa lapar.

6. Salmon

Saat Anda mengonsumsi salmon yang mengandum asam lemak omega-3 tinggi, tubuh Anda akan meningkatkan jumlah hormon leptin yang dapat menekan rasa lapar. Jika Anda kurang suka dengan salmon, Anda juga dapat mencoba menu dengan tuna dan ikan haring yang juga tinggi omega-3.

7. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah makanan yang kaya akan serat sehingga baik untuk mengatasi nafsu makan berlebih. Tubuh butuh waktu lebih lama untuk mencerna serat, sehingga komponen ini akan berada lebih lama di sistem pencernaan. Hal ini menyebabkan Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Beragam sayur berdaun hijau seperti kangkung, bayam, dan kale merupakan, sayuran berserat yang jika dimakan dapat menekan rasa lapar. Selain sayuran hijau, Anda juga bisa mendapatkan serat dari gandum, kacang-kacangan, dan biji chia.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menekan nafsu makan. Selain mengganti asupan dengan menu-menu yang dapat menekan nafsu makan, Anda juga perlu melakukan beberapa hal yang dapat mengatasi nafsu makan berlebih, di antaranya:

  • Alihkan perhatian dari rasa lapar, khususnya jika disebabkan mengidam akan makanan tertentu.
  • Kontrol isi kulkas dan makanan yang tersimpan di rumah. Pastikan semuanya adalah makanan sehat yang dapat menekan nafsu makan.
  • Makanlah perlahan dan atur jadwal makan lebih teratur.

Shape. https://www.shape.com/healthy-eating/diet-tips/top-25-natural-appetite-suppressants
Diakses pada November 2018

Web MD. https://www.webmd.com/diet/obesity/features/foods-that-curb-hunger#1
Diakses pada 20 Maret 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320625.php
Diakses pada 20 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed