8 Makanan yang Mengandung Vitamin B6

(0)
09 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ikan salmon merupakan makanan yang mengandung vitamin B6!Jangan salah, ikan salmon tergolong sebagai makanan yang mengandung vitamin B6!
Makanan yang mengandung vitamin B6 perlu dikonsumsi karena tubuh tak bisa memproduksinya. Ditambah lagi, vitamin B6 memiliki peran vital dalam kesehatan. Maka dari itu, kebutuhan tubuh akan vitamin B6 harus terpenuhi.Vitamin B6 alias piridoksin merupakan salah satu dari delapan jenis vitamin B. Nutrisi esensial ini memiliki fungsi penting bagi tubuh, seperti mencegah stres, menjaga tubuh dari polusi, hingga mengatasi mual pada ibu hamil.Mari mengenal berbagai makanan yang mengandung vitamin B6 ini!

8 makanan yang mengandung vitamin B6

Karena tubuh tidak bisa memproduksi vitamin B6, banyak orang yang mengonsumsinya dalam bentuk suplemen. Padahal, ada banyak makanan yang mengandung vitamin B6 dan bisa disantap setiap hari.Selain rasanya lezat dan menyehatkan, berbagai makanan yang mengandung vitamin B6 ini juga mudah ditemukan di pasar atau swalayan.

1. Alpukat

Alpukat adalah makanan yang mengandung vitamin B6
Alpukat, si lezat yang mengandung vitamin B6
Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi, salah satunya vitamin B6. Sebuah alpukat mampu memenuhi 30 persen rekomendasi asupan harian (RAH) vitamin B6. Ditambah lagi, buah ini juga mengandung vitamin C, serat, dan berbagai lemak baik.

2. Pisang

Sama seperti alpukat, pisang merupakan makanan yang mengandung vitamin B6 dengan kandungan nutrisi melimpah.Hanya dengan mengonsumsi sebuah pisang, Anda bisa memenuhi 20 persen RAH vitamin B6. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung serat dan sejumlah nutrisi esensial lainnya, seperti vitamin C, K dan folat.

3. Kacang polong

Satu cangkir (160 gram) kacang polong mengandung 0,3 miligram vitamin B6. Jumlah tersebut mampu memenuhi sekitar 17 persen dari angka rekomendasi harian vitamin ini.Jadi tidak heran kalau kacang polong masuk dalam kategori makanan yang mengandung vitamin B6 terbanyak. Kacang ini juga mengandung serat, vitamin A, dan C yang tak kalah penting bagi kesehatan.

3. Ubi

Ubi merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin A, dan magnesium.Tidak hanya itu, ubi juga merupakan sumber vitamin B6 yang baik. Sebuah ubi berukuran sedang bahkan mampu memenuhi 15 persen RAH vitamin B6.

5. Bayam

Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang mengandung banyak nutrisi. Sayuran yang sering dijadikan sup ini mengandung vitamin A, C, dan B6 yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya itu, bayam juga mengandung zat besi.Setengah cangkir bayam yang sudah matang mampu memenuhi sekitar 5 persen dari angka rekomendasi harian vitamin B6 di dalamnya.

6. Wortel

Ternyata wortel merupakan makanan yang mengandung vitamin B6
Wortel tergolong makanan yang mengandung vitamin B6
Sebuah wortel berukuran ternyata mengandung vitamin B6 yang setara dengan segelas susu. Sayuran berwarna jingga ini mengandung 0,2 miligram vitamin B6 atau setara dengan 9 persen RAH.Tidak hanya vitamin B6, wortel merupakan sayuran bernutrisi tinggi yang juga mengandung serat dan vitamin A.

7. Telur

Telur merupakan makanan yang mengandung vitamin B6 cukup tinggi. Dua telur yang digoreng atau direbus mampu memenuhi 10 persen RAH vitamin B6 di dalamnya. Selain itu, telur juga menjadi salah satu makanan paling berprotein.

8. Salmon

Salmon adalah ikan yang sering dikonsumsi di berbagai belahan dunia, salah satunya di Indonesia. Selain dikenal sebagai sumber asam lemak omega-3 yang baik, salmon juga dianggap sebagai makanan sumber vitamin B6 terbanyak.Seporsi ikan salmon mengandung 0,6 miligram vitamin B6 sehingga mampu memenuhi sekitar 35 persen dari rekomendasi asupan harian vitamin ini.Dibandingkan ikan salmon yang dibudidaya, ikan salmon liar mengandung vitamin B6 yang jauh lebih tinggi.

Manfaat vitamin B6

Sama seperti vitamin B lainnya, vitamin B6 memiliki tugas penting pada fungsi tubuh. Vitamin ini juga memiliki peran dalam ratusan reaksi enzim.Berikut adalah segelintir manfaat vitamin B6 yang bermanfaat untuk tubuh manusia.
  • Memaksimalkan fungsi otak

Vitamin B6 terbukti dapat meningkatkan fungsi dan kinerja otak. Dalam sebuah studi yang dirilis dalam American Journal of Clinical Nutrition, para ahli menemukan bahwa partisipan yang sering mengonsumsi vitamin B6 mampu menjalan ujian lebih baik.
  • Mengatasi mual kehamilan

Sebuah penelitian yang dirilis dalam American Journal of Obstestrics and Gynecology menemukan bahwa vitamin B6 dapat mengurangi rasa mual kehamilan.Namun, manfaat vitamin B6 yang satu ini masih perlu dibuktikan lebih lanjut. Ibu hamil wajib berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin B6.

Kebutuhan harian vitamin B6

Rekomendasi asupan harian vitamin B6 pada setiap orang tentu berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin dan usianya.Berikut ini adalah kebutuhan harian vitamin B6 yang perlu dipenuhi:
  • Bayi 0-6 bulan: 0,1 miligram
  • Bayi 7-12 bulan: 0,3 miligram
  • Anak 1-3 tahun: 0,5 miligram
  • Anak 4-8 tahun: 0,6 miligram
  • Anak 9-13 tahun: 1 miligram
  • Remaja 14-18 tahun: 1,3 miligram
  • Dewasa 19-50 tahun: 1,3 miligram
  • Pria lanjut usia (50 tahun ke atas): 1,7 miligram
  • Wanita lanjut usia: 1,5 miligram
  • Ibu hamil: 1,9 miligram
  • Ibu menyusui: 2 miligram.
Usahakan kebutuhan harian Anda akan vitamin B6 selalu terpenuhi supaya kesehatan tetap terjaga. Cobalah konsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin B6. Jika memang Anda ingin mengonsumsi suplemennya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosis tepatnya.Bagi Anda yang ingin bertanya lebih jauh seputar makanan yang mengandung vitamin B6, langsung saja konsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-b6-benefits#:~:text=Vitamin%20B6%2C%20also%20known%20as,it%20from%20foods%20or%20supplements.
Diakses pada 25 September 2020
Med Alert Help. https://medalerthelp.org/blog/vitamin-b6-foods/
Diakses pada 25 September 2020
Nutrition Data Self. https://nutritiondata.self.com/facts/vegetables-and-vegetable-products/2521/2
Diakses pada 25 September 2020
ODS. https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminB6-HealthProfessional/
Diakses pada 25 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/219662#potential_health_benefits_of_vitamin_B6
Diakses pada 25 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait