13 Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi Ini Bikin Kulit Awet Muda

(0)
03 Apr 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan yang mengandung kolagen tinggi adalah ayam terutama bagian leher dan tulang mudaSup kaldu ayam adalah salah satu makanan yang mengandung kolagen tinggi
Bagi Anda yang ingin memiliki kulit kencang dan tampak awet muda secara alami, mulailah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen tinggi. Apa itu kolagen? Kolagen adalah sejenis protein yang terdapat pada sejumlah area tubuh, mulai dari kulit, otot, tulang, hingga pembuluh darah. Komponen tersebut secara alami bisa didapatkan dari makanan yang banyak mengandung kolagen serta suplemen kolagen.Tubuh memang akan memproduksi kolagen seumur hidup. Akan tetapi, kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen dapat menurun seiring bertambahnya usia. Saat kadar kolagen dalam tubuh berkurang, maka berbagai gangguan bisa muncul pada tubuh. Tidak hanya membuat kulit terlihat keriput, kekurangan kolagen juga akan membuat otot menjadi lebih kaku dan lemah, nyeri sendi, hingga gangguan pencernaan.

Jenis makanan yang mengandung kolagen tinggi

Hampir semua orang pasti ingin terlihat awet muda. Namun, tidak semuanya bisa menjangkau perawatan kecantikan yang terkadang harganya tidak ramah di kantong.Nah, bagi Anda yang memilih untuk mendapatkan kolagen secara alami, ada beberapa makanan yang bisa Anda santap. Berikut adalah sederet makanan yang mengandung kolagen tinggi:

1. Ayam

Ayam adalah makanan yang mengandung kolagen tinggi
Ayam juga bisa jadi sumber kolagen
Salah satu jenis makanan yang mengandung kolagen tinggi adalah ayam. Ayam merupakan sumber protein dan kolagen bagi tubuh. Namun, tidak semua bagian ayam mengandung banyak kolagen. Paling banyak, komponen ini terkandung pada bagian leher dan tulang muda.Ayam juga mengandung asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen.

2. Ikan

Selain ayam, jenis makanan yang banyak mengandung kolagen adalah ikan. Bagian ikan yang paling banyak mengandung kolagen sebenarnya ada di bagian mata, kepala, dan sisik. Kabar baiknya, daging dan kulit ikan juga dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk membuat kolagen.

3. Putih telur 

Telur memang tidak secara langsung menjadi makanan yang mengandung kolagen tinggi. Akan tetapi, jenis makanan ini kaya akan kandungan proline yang merupakan salah satu bahan baku utama untuk membuat kolagen dalam tubuh.

4. Bawang putih

Bawang putih merupakan makanan yang mengandung kolagen tinggi
Bawang putih bisa tingkatkan produksi kolagen di tubuh
Tidak hanya menambah rasa dalam makanan, manfaat bawang putih juga bisa didapatkan saat Anda mengonsumsinya. Salah satu jenis rempah ini dipercaya dapat memproduksi kolagen dalam tubuh. Namun, agar manfaat makan bawang putih bisa benar-benar terasa, maka dibutuhkan jumlah tertentu yang harus dikonsumsi.

5. Kaldu tulang hewan

Kaldu tulang hewan disebut-sebut menjadi salah satu makanan yang mengandung kolagen tinggi. Anda pun dapat mengonsumsi kaldu tulang hewan yang berasal dari sapi, ayam, atau ikan guna menambah jumlah kolagen dalam tubuh. Kaldu tulang hewan dapat dibuat dengan mendidihkan tulang sapi, ayam, atau ikan dalam air. Proses ini yang diyakini dapat mengekstraksi kolagen.Anda bisa mengonsumsi kaldu tulang hewan secara langsung atau menambahkannya dalam makanan lain, seperti sup. Saat membuatnya di rumah, jangan lupa untuk membubuhkan bumbu pada kaldu agar rasanya tidak hambar. 

6. Jeruk

Manfaat vitamin C yang banyak terdapat dalam jeruk maupun jenis buah-buahan lainnya dengan rasa asam, berperan sangat penting untuk membantu memproduksi kolagen dalam tubuh. Jadi, jika tidak ingin kekurangan kolagen, maka Anda harus mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

7. Buah beri

Selain jeruk, buah-buahan beri, seperti strawberry, blueberry, dan raspberry juga kaya akan vitamin C yang krusial untuk membuat kolagen dalam tubuh. Selain itu, buah beri juga kaya antioksidan yang bisa melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan radikal bebas berlebih.

8. Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah makanan yang mengandung kolagen tinggi
Sayuran hijau dapat picu produksi kolagen
Sayuran hijau, seperti bayam dan daun kale, juga menjadi makanan yang banyak mengandung kolagen. Ini karena sayuran hijau memiliki kandungan klorofil yang tinggi. Klorofil sendiri merupakan komponen yang dapat memicu produksi kolagen untuk kulit.

9. Tomat

Makanan yang mengandung kolagen berikutnya adalah tomat. Tomat kaya akan kandungan vitamin C. Bahkan, satu buah tomat ukuran sedang sudah bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda hingga 30%. Buah ini juga mengandung likopen, yaitu antioksidan yang akan melindungi kulit sehat Anda dari kerusakan.

10. Kacang-kacangan

Untuk mendapatkan kolagen yang cukup, maka Anda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen tinggi dari sumber protein yang cukup pula. Selain daging, kacang-kacangan juga bisa jadi sumber protein yang baik untuk tubuh, terutama bagi Anda yang seorang vegetarian.

11. Paprika

Tak banyak yang tahu kalau paprika ternyata juga termasuk makanan yang banyak mengandung kolagen. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi, capsaicin, serta sifat antiradang yang terdapat di dalamnya juga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan di kulit.

12. Jambu biji

Makanan yang mengandung kolagen tinggi adalah jambu biji
Buah jambu biji mengandung zinc
Makanan yang banyak mengandung kolagen selanjutnya adalah jambu biji. Jambu biji mengandung zinc, mineral yang penting untuk pembentukan kolagen di tubuh. Selain jambu biji, buah tropis lain seperti nanas, mangga, dan kiwi juga dapat memberikan manfaat yang sama untuk kesehatan kulit.

13. Susu dan produk olahannya

Sama halnya dengan jambu biji, susu dan produk olahannya juga mengandung zinc. Jadi, Anda juga bisa menambahkan variasi minuman dan makanan yang mengandung kolagen ini ke dalam menu harian agar senantiasa awet muda.

Manfaat lain dari makanan yang banyak mengandung kolagen

Tidak hanya bisa membuat kulit terlihat lebih kencang, mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen juga berguna untuk kondisi tubuh secara keseluruhan. Berikut adalah manfaat mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolagen: 
  • Mengurangi kerontokan rambut
  • Membuat tidur lebih berkualitas
  • Memperkuat otot
  • Menyehatkan tulang
  • Membuat sistem imun jadi lebih kuat
  • Baik untuk jantung
  • Berperan sebagai antioksidan
  • Mengembalikan kesehatan hormon dan seksual
  • Menyehatkan tulang
  • Membantu menjaga berat badan ideal
Meski begitu, manfaat di atas tidak bisa dicapai begitu saja dengan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen. Sebab, semua itu juga perlu disertai dengan menjalani gaya hidup yang sehat.

Kapan perlu mengonsumsi suplemen kolagen?

Selain dari makanan yang mengandung kolagen tinggi, Anda bisa mengonsumsi suplemen
Suplemen kolagen mungkin dibutuhkan sesuai kondisi kesehatan Anda
Jika makanan yang mengandung kolagen tinggi di atas belum dapat mencukupi kebutuhan tubuh dalam memproduksi kolagen harian, maka Anda mungkin memerlukan konsumsi suplemen kolagen.Akan tetapi, kondisi tersebut juga membutuhkan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dengan ini, dokter akan memberikan saran dan dosis yang tepat mengenai suplemen kolagen yang perlu Anda konsumsi. 

Catatan dari SehatQ

Untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari makanan yang mengandung kolagen tinggi, Anda sebaiknya mengolahnya dengan cara yang sehat. Pasalnya, jangan sampai kandungan kolagen, vitamin, dan mineral yang terdapat di dalam makanan yang banyak mengandung kolagen tersebut hilang karena dibutuhkan juga untuk mendapatkan kulit sehat. Jangan lupa rutin berolahraga agar Anda dapat senantiasa sehat.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar makanan yang mengandung kolagen tinggi dan hal lainnya, konsultasikan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatmakanan sehatkulit dan kecantikankulit keriput
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/collagen-food-boost
Diakses pada 2 April 2020
Medicinet. https://www.medicinenet.com/collagen_diet/article.htm
Diakses pada 2 April 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/collagen-health-benefits-food-sources-supplements-types-more/#collagenbenefits
Diakses pada 2 April 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/collagen-foods
Diakses pada 2 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/collagen-benefits#Collagen-side-effects
Diakses pada 18 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait