11 Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Bantu Cegah Osteoporosis

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dapat membantu menghindari osteoporosis
Kacang edamame adalah salah satu makanan yang mengandung kalsium, untuk mencegah osteoporosis.

Usia tua tak harus identik dengan tulang keropos atau osteoporosis. Selama Anda menjalani gaya hidup yang sehat, tulang akan tetap terjaga kesehatan serta kekuatannya. Selain olahraga, makanan yang mengandung kalsium juga penting dikonsumsi untuk mendapatkan kondisi tulang yang prima.

Tidak hanya susu, makanan seperti daging, buah, serta kacang-kacangan juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang. Agar tidak semakin penasaran, intip rupa-rupa makanan sehat nan lezat di bawah ini dan dapatkan manfaatnya.

[[artikel-terkait]]

Jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi

Memenuhi kebutuhan kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang, agar terhindar dari osteoporosis. Sebab, sebanyak 99% kalsium, tersimpan di tulang dan gigi.

Kalsium yang berasal dari makanan maupun minuman yang Anda konsumsi, paling mudah diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, Anda direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan mineral secara alami, dibandingkan mengonsumsi suplemen.

Berikut ini ragam makanan yang mengandung kalsium:

  • Keju
  • Yogurt
  • Ikan salmon dan sardin kalengan
  • Kacang almon
  • Kacang edamame
  • Tahu
  • Brokoli
  • Kangkung
  • Kol
  • Kacang kedelai
  • Roti gandum
  • Sereal
  • Daun kale

Batasi konsumsi makanan dengan kandungan kalsium

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk dalam hal mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Orang dewasa berusia 19-50 tahun, disarankan untuk tidak mengonsumsi kalsium lebih dari 2.500 mg/hari.

Sementara itu, individu berusia di atas 50 tahun, disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 2.000 mg kalsium per hari. Sejauh ini, apabila makanan yang mengandung kalsium dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, maka kecil kemungkinannya Anda akan mengalami kelebihan asupan.

Namun, jika ingin mengonsumsi kalsium dalam bentuk suplemen tambahan, Anda sebaiknya perlu berhati-hati. Kelebihan kalsium di tubuh dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal, meningkatkan risiko kanker prostat, konstipasi, kesulitan menyerap zat besi, dan penumpukkan kalsium di pembuluh darah.

Makanan pantangan untuk mencegah osteoporosis

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, osteoporosis juga bisa dicegah dengan menghindari makanan berikut ini.

1. Makanan asin

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam bisa membuat tubuh kehilangan kalsium, dan akhirnya bisa menyebabkan osteoporosis. Sehingga, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi 2.300 mg garam per harinya.

2. Alkohol dan kafeina

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol, juga bisa memicu pengapuran tulang. Selain itu, kafeina juga bisa menghambat penyerapan kalsium, yang kemudian juga akan menyebabkan terjadinya kerusakan tulang.

3. Minuman bersoda

Memang, tidak semua minuman bersoda bisa memicu osteoporosis. Namun, minuman bersoda yang mengandung kafeina dan fosfor, dianggap bisa memicu terjadinya kerusakan di tulang. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hubungan anatara soda dan risiko osetoporosis.

Setelah mengenal lebih jauh ragam makanan yang mengandung kalsium, Anda dapat mulai menambahkannya ke dalam menu harian Anda. Jangan lupa, konsumsi makanan sehat juga perlu disertai dengan olahraga yang teratur.

National Osteoporosis Foundation. https://www.nof.org/patients/treatment/nutrition/
Diakses pada 19 Juni 2019

NHS. https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/food-for-strong-bones/
Diakses pada 19 Juni 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/15-calcium-rich-foods
Diakses pada 19 Juni 2019

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/15049-osteoporosis-prevention-with-calcium-treatment
Diakses pada 19 Juni 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed