13 Makanan yang Mengandung Kalium Lebih Banyak dari Pisang

Tidak hanya pisang, kenalilah makanan yang mengandung kalium lebih banyak ini!
Salah satu makanan yang mengandung kalium itu adalah alpukat.

Pisang dikenal sebagai makanan yang mengandung kalium paling banyak. Sekitar satu pisang berukuran sedang, bisa mengandung 422 miligram kalium. Jika Anda sudah merasa bosan mengonsumsi pisang sebagai sumber kalium sehari-hari, masih banyak makanan sumber kalium lainnya yang ternyata memiliki lebih banyak kalium daripada pisang. Apa saja?

Sederet makanan yang mengandung kalium selain pisang

Setiap harinya, tubuh yang sehat membutuhkan 4.700 mg kalium. Sayangnya, kebanyakan orang melupakan pentingnya kalium untuk tubuh, dan tidak mampu memenuhi kebutuhan harian kalium melalui pola dietnya.
Maka dari itu, kenali dulu beraneka ragam makanan yang mengandung kalium di bawah ini, supaya kebutuhan kalium harian Anda bisa terpenuhi.

1. Alpukat

Alpukat
Alpukat yang sangat menyehatkan

Jika Anda termasuk orang yang menganggap pisang sebagai sumber kalium terbanyak, sebaiknya kenali kandungan kalium dalam buah alpukat.

Setengah dari buah alpukat (100 gram) saja, mengandung 487 mg kalium, lho. Bayangkan saja kalau Anda mengonsumsi satu buah alpukat sekaligus.

Lebih dari itu, alpukat juga baik untuk penderita tekanan darah tinggi, yang membutuhkan makanan berkalium tinggi serta rendah natrium. Makanan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan ini bisa masuk dalam daftar makanan yang mengandung kalium sehari-hari Anda.

2. Ubi jalar

Satu buah ubi jalar berukuran sedang sudah mengandung 541 mg kalium. Selain berkalium tinggi, ubi jalar juga rendah lemak, mengandung protein, dan diperkaya serat tinggi.

Bahkan, satu buah ubi jalar mengandung 400% vitamin A dari rekomendasi asupan harian (RAH) Anda, lho!

3. Bayam

Sayuran berdaun hijau yang lezat ini juga berkalium tinggi. Sekitar satu cangkir bayam (156 gram) beku, mengandung 540 miligram kalium. Tidak hanya itu, makanan yang mengandung kalium ini juga diperkaya vitamin A, vitamin K, folat, hingga magnesium.

4. Semangka

Buah yang mengandung banyak air ini ternyata juga diperkaya kalium tinggi. Dalam 2 potong semangka saja, sudah mengandung 640 mg kalium. Selain kalium, Anda juga bisa mendapatkan 172 kalori, 44 gram karbohidrat, 3,4 gram protein, hingga 2,2 gram serat dengan mengonsumsi 2 potong semangka. Mari mulai biasakan mengonsumsi semangka yang sangat bermanfaat ini!

5. Air kelapa

Jangan salah, kalium ternyata juga bisa didapatkan dari minuman, lho. Air kelapa murni menjadi salah satu sumber kalium yang bisa dinikmati sebagai minuman.

Satu cangkir air kelapa yang sangat menyehatkan itu, mengandung 600 miligram kalium. Ditambah lagi, air kelapa juga mengandung magnesium, kalsium, natrium, dan mangan.

Jika disajikan dengan es batu, kesegaran air kelapa pasti lebih maksimal.

6. Aprikot kering

Beberapa jenis buah-buahan kering, seperti aprikot, ternyata mengandung kalium tinggi. Setengah cangkir aprikot kering sudah mengandung 1.101 miligram kalium. Buah-buahan yang bisa dijadikan topping untuk salad ini juga mengandung zat besi dan antioksidan.

Jika ingin berbelanja aprikot kering, carilah produk yang tidak mengandung gula tambahan, ya.

7. Kentang

Bagi Anda yang tidak suka makan kentang dengan kulitnya, mulai sekarang cobalah mengolah kentang bersama dengan kulitnya itu. Sebab, satu buah kentang (tanpa dikupas) berukuran sedang yang dipanggang, mengandung 941 mg kalium.

Mulai sekarang, kurangilah makan kentang instan yang tidak mengandung nutrisi itu. Potong-potong saja kentang menjadi kecil, agar menyerupai kentang instan yang biasanya dijual di swalayan.

8. Edamame

Kacang-kacangan berwarna hijau ini ternyata memiliki kalium yang lebih banyak dari pisang. Satu cangkir edamame berukuran 155 gram, mengandung 676 miligram kalium. Bahkan, edamame juga mengandung 121% RAH folat, vitamin K, magnesium, dan mangan. Jangan lupa jadikan edamame yang menyehatkan ini sebagai camilan, ya!

9. Tomat

Tomat
Tomat, si merah yang bermanfaat

Tomat memang mengandung banyak kalium. Namun jika sudah “berubah bentuk” menjadi saus tomat, tomat kering, hingga pasta tomat, maka kandungan kaliumnya menjadi lebih tinggi. Sekitar satu cangkirnya saja mengandung 1.800 miligram kalium.

Terlebih lagi, tomat adalah makanan yang mudah untuk dikombinasikan dengan makanan lainnya.

10. Bit

Sekitar satu cangkir (170 gram) buah bit ternyata mengandung 518 miligram kalium. Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi, buah bit juga bisa menjadi obat alami yang dicoba.

Sebab, buah bit mengandung nitrat, yang ketika berubah menjadi oksida nitrat, terbukti meningkatkan fungsi pembuluh darah dan kesehatan jantung secara keseluruhan.

11. Delima

Satu buah delima mengandung 666 miligram kalium dan banyak nutrisi. Bayangkan saja, buah berwarna merah ini mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan kebanyakan buah lainnya, yakni 4,7 gram. Selain itu, delima juga mengandung 11 gram serat, yang bisa membantu sistem pencernaan Anda.

12. Kismis

Kismis atau buah anggur yang sudah dikeringkan, ternyata menjadi makanan yang mengandung kalium tinggi. Setengah cangkir kismis saja sudah mengandung 618 miligram kalium. Jika Anda tertarik membelinya, carilah kismis yang tanpa gula tambahan.

13. Susu dan yogurt

Selain kaya akan kalsium, susu dan yogurt juga mengandung kalium tinggi. Dalam satu cangkir susu, terdapat 366 miligram kalium di dalamnya. Selain itu, yogurt tak berlemak dan tanpa rasa (plain) mengandung 579 miligram kalium per cangkirnya.

Catatan dari SehatQ:

Ingat, setiap harinya Anda disarankan untuk mengonsumsi 3.500-4.700 miligram kalium. Beberapa minuman dan makanan yang mengandung kalium di atas bisa Anda coba, untuk memenuhi kebutuhan kalium harian.

Jika tubuh sampai kekurangan kalium (hipokalemia), maka gejala berupa kelelahan, lemah lesu, kram otot, jantung berdebar dengan cepat, hingga sulit bernapas bisa terjadi.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-loaded-with-potassium
Diakses pada 2 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325728#dried-apricots
Diakses pada 2 Maret 2020

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/pictures/foods-high-in-potassium/
Diakses pada 2 Maret 2020

Artikel Terkait