8 Makanan yang Mengandung Asam Amino Esensial untuk Jaga Fungsi Tubuh

(0)
05 May 2021|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Makanan yang mengandung asam amino umumnya berasal dari hewanKebanyakan makanan yang mengandung asam amino berasal dari hewan
Asam amino adalah komponen penting yang membentuk protein dalam tubuh kita. Jika protein diibaratkan sebagai rumah, asam amino adalah batu batanya. Asam amino umumnya dibagi menjadi dua kategori, yaitu esensial dan nonesensial. Khusus untuk yang pertama, Anda bisa mendapatkannya dari berbagai makanan yang mengandung asam amino.Ada sembilan jenis asam amino esensial yang bisa Anda temukan dalam makanan, yaitu histidin, isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin.

8 Makanan yang mengandung asam amino esensial

Sebagian besar makanan yang mengandung asam amino merupakan produk-produk hewani, misalnya daging, telur, dan olahan susu. Berikut adalah berbagai jenis makanan sumber asam amino yang dapat Anda konsumsi sehari-hari.

1. Telur

Telur rebus
Telur mengandung semua asam amino esensial
Salah satu bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan asam amino esensial adalah telur. Makanan ini juga digolongkan sebagai protein komplet karena mengandung semua jenis asam amino esensial.Salah satu asam amino esensial yang banyak dikandung telur adalah isoleusin. Asam amino esensial ini berperan dalam penyembuhan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh

2. Daging unggas

Daging unggas, terutama ayam dan kalkun, merupakan makanan sumber asam amino esensial yang bermanfaat bagi tubuh Anda. Khusus untuk kalkun, daging unggas ini memiliki kadar triptofan yang tinggi.Triptofan merupakan komponen penting untuk menghasilkan vitamin B3 (niasin) yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi pencernaan, kesehatan kulit, dan saraf.Asam amino esensial ini juga membantu menghasilkan serotonin, yakni hormon yang memengaruhi suasana hati dan memiliki peran dalam menciptakan perasaan gembira serta rileks.

3. Ikan

Ikan salmon
Ikan salmon juga dilengkapi dengan berbagai asam amino esensial
Sebagian besar ikan termasuk makanan yang mengandung asam amino esensial dan nutrisi mikro penting lainnya. Salah satu jenis ikan yang direkomendasikan adalah salmon.Selain merupakan sumber asam amino yang baik, ikan ini juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Mengonsumsi omega-3 secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

4. Daging merah

Berbagai jenis daging merah, seperti daging sapi, domba, kambing, hingga babi, dapat disebut sebagai makanan yang mengandung asam amino.Daging merah boleh dikonsumsi secara rutin, tapi porsinya harus dibatasi karena kandungan lemaknya yang bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.Selain itu, pilihlah daging merah yang tidak diproses untuk menghindari berbagai komponen tambahan yang berpotensi membahayakan kesehatan Anda.

5. Quinoa

Quinoa
Quinoa adalah biji-bijian yang kaya asam amino
Quinoa adalah salah satu biji-bijian yang paling bernutrisi dan tergolong sebagai protein komplet. Selain mengandung sembilan jenis asam amino esensial, quinoa juga dianggap sebagai sumber serat yang baik untuk tubuh Anda.Makanan yang mengandung asam amino ini bahkan memiliki kandungan lisin yang lebih tinggi ketimbang biji-bijian lainnya, seperti gandum atau nasi.Lisin merupakan asam amino yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dan membantu mengantarkan lemak melintasi sel-sel tubuh untuk dibakar menjadi energi.

6. Keju cottage

Keju cottage juga termasuk sebagai salah satu bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan asam amino esensial.100 gram keju cottage mampu memenuhi sekitar 25 persen kebutuhan protein harian Anda dan mengandung banyak asam amino yang dibutuhkan tubuh, di antaranya treonin dan triptofan.

7. Jamur

Jamur
Jamur mengandung banyak asam amino esensial yang diperlukan tubuh
Jamur juga termasuk salah satu makanan yang mengandung asam amino. Jenis makanan ini bahkan disebut-sebut mengandung 17 asam amino, termasuk sembilan asam amino esensial yang tidak dihasilkan tubuh.Salah satu jenis jamur yang mengandung seluruh asam amino esensial adalah jamur tiram.

8. Polong-polongan dan kacang-kacangan

Polong-polongan merupakan jenis makanan yang kaya akan protein berkualitas tinggi, sekitar 20-45 persen proteinnya bahkan diperkaya dengan asam amino lisin.Di sisi lain, kacang-kacangan diperkirakan mengandung sekitar 17-20 persen protein berkualitas tinggi, sementara kacang kedelai dan sejenisnya mengandung sekitar 38-45 persen.Jenis polong-polongan dan kacang-kacangan yang direkomendasikan adalah kacang polong, kacang Arab, lentil, kedelai, kacang tanah, kacang hitam, kacang merah, dan edamame.Selain beberapa jenis makanan yang disebutkan di atas, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino lainnya, seperti susu, yogurt, tahu, biji chia, dan berbagai makanan laut selain ikan.Khusus untuk buah yang mengandung asam amino, Anda bisa mengonsumsi pisang yang telah terbukti memiliki sejumlah kandungan asam amino esensial, terutama histidin.Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
proteinmakanan sehattelur
AEB. https://www.aeb.org/search/result-item/98-cwhite-papers/584-protein
Diakses pada 20 April
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/essential-amino-acids#sources-and-intake
Diakses pada 20 April
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/lysine-benefits
Diakses pada 20 April
HSPH Harvard. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/what-should-you-eat/protein/
Diakses pada 20 April
Medicine.net. https://www.medicinenet.com/10_foods_high_in_essential_amino_acids/article.htm
Diakses pada 20 April
Sciaeon. http://sciaeon.org/articles/Free-Amino-Acid-Compositions-for-Fruits.pdf
Diakses pada 20 April
Scielo. https://www.scielo.br/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0101-20612020000300712#:~:text=Mushrooms%20constitute%20a%20source%20of,species%20Pleurotus%20ostreatus%20and%20P.
Diakses pada 20 April
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait