Dari Mana Saja Kita Bisa Mendapat Asupan Makanan Hingga 1000 Kalori?

(0)
Pizza, gorengan, dan kue adalah contoh makanan yang mengandung 1000 kaloriGuna menghindari asupan makanan hingga 1000 kalori, kurangi makanan yang serba digoreng dan diproses
Makanan yang mengandung 1000 kalori dapat dikategorikan sebagai makanan tinggi kalori dan belum tentu sehat.Itu sebabnya, makanan kalori tinggi cenderung dihindari orang yang sedang berusaha hidup sehat dan menurunkan berat badan. Banyak pula yang menghubungkan makanan tinggi kalori dengan risiko penyakit-penyakit tertentu.

Makanan yang mengandung tinggi kalori dan risikonya bagi kesehatan

junk food dan gorengan adalah jenis makanan yang mengandung 1000 kalori
Junk food dan fast food adalah makanan tidak sehat
yang berkalori tinggi.
Kalori adalah energi yang dibutuhkan tubuh agar dapat beraktivitas dan berfungsi dengan baik.Menurut American Heart Association, makanan berkalori tinggi digolongkan sebagai makanan yang mengandung kalori sebesar 400 sampai di atas 1000 kalori.Jika  kalori yang Anda konsumsi sangat banyak tapi tidak diimbangi dengan peningkatan aktivitas fisik, kalori akan tersimpan sebagai lemak dalam tubuh. Tidak hanya perlu dijauhi oleh orang-orang yang sedang berdiet, makanan mengandung 1000 tinggi kalori juga sebaiknya dijauhi siapapun yang ingin hidup lebih sehat.Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Olahan makanan gorengan

Gorengan mengandung kalori tinggi karena proses penggorengan. Selama proses penggorengan, makanan melepas air dan menyerap lemak dari minyak goreng.Contohnya, dalam 100 gram kentang, terdapat 319 kalori. Sementara, dengan jumlah yang sama, kalori kentang panggang hanya sebesar 93 kalori.Makanan yang digoreng membuat kolesterol jahat menyumbat di pembuluh darah. Akibatnya, dapat berisiko terkena serangan jantung dan stroke.Selain itu, makanan tinggi kalori dan lemak jenuh berisiko meningkatkan berat badan karena kandungan kalorinya bisa dua kali lebih besar daripada protein atau karbohidrat.

2. Olahan buah kering

Makanan yang mengandung 1000 kalori juga mudah tercapai ketika kita makan buah kering.Dibanding buah segar, buah kering adalah salah satu makanan yang mengandung kalori tinggi. Contohnya, ceri kering mengandung 333 kalori, sementara ceri segar hanya mengandung 63 kalori.Makanan yang mengandung kalori tinggi juga biasanya ditemukan pada makanan olahan, seperti buah kering.Akan tetapi pada makanan olahan, tidak diketahui dengan pasti seberapa banyak zat lain, seperti gula atau garam ditambahkan.Hal ini dapat memicu seseorang untuk makan dengan kalori yang lebih tinggi daripada yang sudah direncanakan.

3. Pizza

Dalam satu potong pizza ukuran 1/5 dari satu porsi utuh, terdapat 330 kalori. Tentu, dalam satu porsi pizza, pasti dikonsumsi lebih dari satu potong.Proses pembuatan tepung olahan pada adonan pizza ini menghilangkan serat, vitamin, dan mineral pada gandum.Hal ini membuat pizza mengandung glikemik indeks yang tinggi membuat pizza menjadi makanan tinggi kalori. Tingginya glikemik indeks mampu membuat gula darah melonjak tajam.

4. Bolu, kukis, dan roti

Asupan makanan yang mengandung 1000 kalori semakin cepat didapatkan ketika mengonsumsi bolu, kukis, ataupun roti. Bahkan, dalam 100 gram bolu cokelat, terdapat 409 kalori. Penganan manis ini mengandung gula olahan, tepung terigu olahan, dan mentega. Gula dan tepung olahan meningkatkan glikemik indeks sehingga jumlah gula darah seketika naik.Sementara, mentega mengandung lemak jenuh. Hal ini mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Permen batang

Permen ini biasa sering ditemukan dalam bentuk cokelat dengan karamel. Makanan yang mengandung 1000 kalori akan lebih cepat terpenuhi jika mengonsumsi permen batang.Ada 478 kalori dalam satu batang permen seberat 100 gram. Pasalnya, satu buah permen batang bisa mengandung gula yang tinggi, karbohidrat olahan, serta lemak jenuh.Alih-alih kenyang, mengonsumsi permen batang justru menambah rasa lapar karena tubuh lebih bekerja keras untuk mengolah lonjakan asupan glukosa serta kalori.Maka itu, Anda tetap harus membatasi asupan permen dan macam-macam manisan lain agar tubuh tetap sehat. 

Berbagai kesempatan yang membuat Anda makan makanan yang mengandung 1000 kalori sekaligus

steak adalah contoh makanan yang mengandung 1000 kalori
acara barbekyu dan perjamuan makan besar
menyajikan makanan tinggi kalori
Kadang kita bisa tidak sadar sudah mengonsumsi makanan yang mengandung 1000 kalori sekaligus dalam satu hari.Mungkin hari itu Anda makan banyak gorengan dan makan malam dengan banyak lauk pauk. Di lain waktu, kita mungkin menghadiri acara atau momen-momen tertentu yang membuat kita makan makanan hingga 1000 kalori sekaligus.Lantas, makanan yang mengandung 1000 kalori cenderung disajikan saat momen apa?

1. Hari raya

Terkadang, kita tidak sadar mengonsumsi makanan yang mengandung 1000 kalori saat hari raya.Sebagai contoh, makanan yang wajib ada saat lebaran di antaranya makanan bersantan, seperti rendang dan opor; kue kering seperti nastar, kastengel, dan putri salju; hingga sirup buah dan minuman kaleng.Berikut gambaran kandungan kalorinya dalam satu kali makan:
  • Opor ayam : 392 kalori
  • Rendang : 468 kalori
  • Nastar : 224 kalori
  • Kastengel : 64 kalori
  • Kue Putri Salju : 60 kalori
  • Minuman kaleng : 140 kalori
Setelah dihitung, ternyata ada makanan yang mengandung 1000 kalori pun bisa dikonsumsi sekaligus. Rupanya, asupan makanan tinggi kalori saat lebaran cukup tinggi, yakni sebesar 1.348 kalori.

2. Kencan romantis di restoran fine dining

Makanan yang mengandung 1000 kalori bisa saja kita konsumsi saat berkencan romantis dengan pasangan di resto fine dining.Biasanya, menu makan di restoran fine dining terdiri dari makanan pembuka, makanan inti (menu utama), dan makanan penutup.Mari kita hitung jumlah kalori di setiap makanan dan minuman yang ada dalam satu rangkaian:
  • Setengah botol anggur : 319 kalori
  • Bruschetta 100 gram : 173 kalori
  • Roti dan mentega satu sendok makan : 279 kalori
  • Salad Caesar : 542 kalori
  • Spaghetti bola daging : 960 kalori
  • Tiramisu : 616 kalori
Sekarang, kita pastikan apakah makanan yang mengandung 1000 kalori bisa dimakan sekaligus dalam satu waktu.Setelah dijumlahkan, ternyata, total kalori dalam sekali kencan bisa sebesar 2899 kalori. Bahkan, ada tiga makanan yang tergolong sebagai menu kalori tinggi.

3. Acara barbeku

Saat barbeku, inilah makanan yang kerap dijumpai dan dikonsumsi dalam satu waktu. Berikut dengan jumlah kalori per sajian:
  • Empat gelas anggur merah : 720 kalori
  • Steak besar dengan saus : 870 kalori
  • Kentang goreng : 246 kalori
  • Salad caesar : 210 kalori
Ketika dihitung apakah acara ini membuat kita mengonsumsi makanan yang mengandung 1000 kalori, maka jawabannya iya. Bahkan, jumlah kalori yang bisa dikonsumsi pada acara barbeku mencapai 2046.

Pilihan makanan tinggi kalori yang lebih sehat

salad termasuk makanan sehat yang mengandung 1000 kalori
Makanan yang mengandung 1000 kalori
belum tentu semua berdampak buruk
Makanan yang mengandung 1000 kalori kerap dianggap tidak sehat. Akan tetapi, ada banyak makanan dengan kalori tinggi yang ternyata sehat. Beberapa di antaranya adalah:

1. Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu makanan yang mengandung kalori tinggi, yakni sebesar 332 dalam satu buahnya. Bahkan, berdasarkan kalori, lemak pada alpukat lebih tinggi daripada daging hewani.Tingginya kalori alpukat berasal dari 77% kandungan lemak sehatnya.Berbeda dari lemak jenuh, alpukat kaya akan asam lemak omega tiga. Asam lemak omega 3 bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Kacang-kacangan

Agar mendapatkan makanan yang mengandung 1000 kalori, Anda bisa menambahkan kacang-kacangan dalam asupan harian Anda. Dalam satu ons kacang almon, terdapat 160 kalori di dalamnya.Kacang almon juga mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Vitamin E, magnesium, dan potasium juga ditemukan di kacang almon. Ketiga kandungan tersebut bermanfaat untuk melancarkan oksigen dan nutrisi makanan melalui darah.Anda bisa mendapatkan 162 kalori dari kacang badam (pistachio). Menurut Department of Agriculture Amerika Serikat, penelitian menunjukkan, kacang badam mampu menurunkan kolesterol jahat sebesar enam persen. Pastikan kacang-kacangan Anda murni, alias tidak ada tambahan garam dan gula. 

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam rupanya salah satu makanan yang mengandung kalori tinggi. Sebab, lemak yang terkandung dalam cokelat hitam sebesar 65% dari kalori.Dalam 100 gram penyajian cokelat hitam, terdapat 581 kalori.Cokelat hitam juga kaya akan antioksidan, seperti polifenol, flavanol, dan katekin. Gunanya, untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

4. Ubi jalar

Untuk memenuhi kebutuhan makanan yang mengandung 1000 kalori, ubi jalar merupakan pilihan yang cocok.Dalam 200 gram ubi jalar, terdapat 180 kalori. Satu porsi ubi jalar juga mampu memenuhi kebutuhan harian vitamin A.

5. Minyak zaitun

Jumlah makanan yang mengandung 1000 kalori akan lebih sehat jika ditambah satu sendok makan minyak zaitun. Ada 119 kalori yang didapat dalam satu sendok minyak zaitun.Sama seperti alpukat, minyak zaitun juga memiliki lemak tak jenuh yang baik. Minyak zaitun bermanfaat untuk mengurangi kandungan lemak dalam darah.

Catatan dari SehatQ

Makanan yang mengandung 1000 kalori kerap dijumpai dalam bentuk yang tidak sehat karena tinggi lemak jenuh dan gula.Tentu ada risiko yang membayangi jika mengonsumsi makanan tinggi kalori dengan berlebihan. Namun, ada pula makanan tinggi kalori yang bermanfaat bagi tubuh.Perlu diingat, normalnya, dalam sehari, kalori yang dikonsumsi berkisar antara 2000 hingga 2500 kalori.Maka itu, pastikan menu makanan harian Anda yang mengandung 1000 kalori di antaranya merupakan makanan sehat.
penyakit jantungmakanan tidak sehatkolesterolgula darah
http://www.heart.org/idc/groups/heart-public/@wcm/@fc/documents/downloadable/ucm_466725.pdf. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.healthline.com/nutrition/high-calorie-vegan-foods?c=1155043876465#. Diakses pada 28 Agustus 2020 https://www.healthline.com/nutrition/why-fried-foods-are-bad. Diakses pada 28 Agustus 2020https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000838.htm. Diakses pada 28 Agustus 2020https://diet.mayoclinic.org/diet/eat/follow-the-mayo-clinic-healthy-weight-pyramid. Diakses pada 28 Agustus 2020https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/what-are-processed-foods/. Diakses pada 28 Agustus 2020https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.healthline.com/nutrition/why-refined-carbs-are-bad. Diakses pada 28 Agustus 2020https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/784773/nutrients. Diakses pada 28 Agustus 2020https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000838.htm. Diakses pada 28 Agustus 2020https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000838.htm. Diakses pada 28 Agustus 2020https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/789229/nutrients. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.healthline.com/nutrition/20-foods-to-avoid-like-the-plague. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/opor-ayam. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/rendang. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/kue-nastar?portionid=8825519&portionamount=1,000. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/putri-salju?portionid=27534626&portionamount=1,000. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/kastengel?portionid=27533246&portionamount=1,000. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/coca-cola/coca-cola-(can)/1-can. Diakses pada 28 Agustus 2020https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/789673/nutrients. Diakses pada 28 Agustus 2020https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/567878/nutrients. Diakses pada 28 Agustus 2020https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/784569/nutrients. Diakses pada 28 Agustus 2020https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169055/nutrients. Diakses pada 28 Agustus 2020https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169845/nutrients. Diakses pada 28 Agustus 2020https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/781648/nutrients. Diakses pada 28 Agustus 2020https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/789673/nutrients. Diakses pada 28 Agustus 2020https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/592366/nutrients. Diakses pada 28 Agustus 2020https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/787057/nutrients. Diakses pada 28 Agustus 2020https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/727998/nutrients. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.livescience.com/45209-avocado-nutrition-facts.html. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.usda.gov/media/blog/2018/03/23/going-nuts-calories. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.webmd.com/food-recipes/features/why-are-almonds-good-for-me. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.usda.gov/media/blog/2018/03/23/going-nuts-calories. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.healthline.com/nutrition/10-super-healthy-high-fat-foods. Diakses pada 28 Agustus 2020https://ndb.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/410037/nutrients. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-dark-chocolate. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/multimedia/antioxidants/sls-20076428. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.healthline.com/nutrition/high-calorie-vegan-foods. Diakses pada 28 Agustus 2020https://www.nhs.uk/common-health-questions/food-and-diet/what-should-my-daily-intake-of-calories-be/. Diakses pada 28 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait