logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Wanita

9 Makanan yang Melancarkan Haid Secara Alami

open-summary

Makanan yang melancarkan haid antara lain pepaya, nanas, jahe, kayu manis, dan kunyit. Selain dengan makanan, lengkapi usaha Anda dengan berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan.


close-summary

3.46

(91)

24 Agt 2020

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Rempah hingga buah, ini jenis makanan yang melancarkan haid

Jahe, kunyit, dan kayu manis adala contoh makanan yang melancarkan haid

Table of Content

  • Makanan yang melancarkan haid
  • Cara melancarkan haid lain yang dapat dilakukan

Siklus menstruasi atau haid yang tidak lancar, bisa menandakan banyak hal, seperti gangguan hormon hingga kesuburan. Untuk mengatasinya, Anda dapat berkonsultasi ke dokter serta mulai mengonsumsi makanan yang melancarkan haid.

Advertisement

Makanan yang melancarkan haid

Makanan yang melancarkan haid pada dasarnya adalah makanan sehat yang mengandung berbagai komponen yang dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon di tubuh. Berikut ini jenis-jenisnya.

Pepaya bisa jadi makanan yang melancarkan haid
Pepaya buah yang bisa melancarkan haid

1. Pepaya

Pepaya adalah salah satu makanan yang melancarkan haid. Manfaat pepaya ini didapatkan dari kandungan karoten, nutrisi yang baik untuk menjaga kadar hormon estrogen di tubuh.

2. Nanas

Salah satu makanan yang melancarkan haid adalah nanas. Buah ini dianggap memiliki kemampuan tersebut karena mengandung bromelain, enzim yang dianggap dapat melembutkan dinding rahim dan melancarkan siklus menstruasi.

Meski begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikannya.

3. Sayuran hijau

Wanita yang sedang merencanakan kehamilan, biasanya akan diresepkan atau disarankan untuk mengonsumsi vitamin B. Sebab selain bisa membantu meredakan gejala PMS, vitamin ini juga dipercaya bisa melancarkan haid.

Selain dari suplemen, vitamin B juga bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan asparagus.

Susu minuman pelancar haid
Susu dan produk olahannya bisa bantu lancarkan menstruasi

4. Susu dan produk olahannya

Kurangnya kadar vitamin D di tubuh terbukti berpengaruh pada kelancaran menstruasi. Sehingga untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk mendapatkan cukup vitamin D, baik dari sinar matahari maupun makanan.

Susu dan produk olahannya seperti keju dan yogurt merupakan sumber vitamin D yang banyak terdapat di makanan sehari-hari.

5. Salmon

Lemak sehat seperti asam lemak tak jenuh ganda yang didapatkan dari salmon, dinilai dapat mendukung keseimbangan produksi hormon dan membantu melancarkan proses pembuahan atau ovulasi. Selain salmon, sumber lemak sehat lainnya antara lain flaxseed (biji rami), minyak sayur, dan kacang walnut.

6. Jahe

Hingga saat ini memang belum ada penelitian yang bisa memastikan jahe sebagai makanan yang efektif untuk melancarkan haid.

Namun, rempah yang satu ini sudah kerap digunakan dalam cara-cara tradisional dan dianggap dapat membuat menstruasi menjadi lebih lancar.

Dari sisi ilmiah sendiri, jahe sudah terbukti bisa meredakan gejala PMS yang mengganggu seperti nyeri perut dan perubahan suasana hati yang naik-turun. Jahe juga mampu membantu mengurangi volume darah haid yang keluar berlebihan.

Kayu manis bisa jadi makanan pelancar haid
Kayu manis bisa bantu melancarkan haid

7. Kayu manis

Selain digunakan sebagai penyedap rasa masakan, kayu manis rupanya juga dapat membantu melancarkan siklus haid.

Rempah ini dianggap berpotensi dijadikan sebagai salah satu obat alami untuk membantu meredakan gejala sindrom polikistik ovarium (PCOS).

8. Cuka apel

Cuka apel juga dinilai efektif sebagai salah satu bahan makanan yang melancarkan haid.

Pada sebuah penelitian kecil yang diikuti tujuh orang perempuan dengan PCOS, mengonsumsi cuka apel setiap hari berhasil mengembalikan siklus haid menjadi normal.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lanjutan untuk benar-benar memastikan manfaat cuka apel yang satu ini.

9. Kunyit

Kunyit dinilai dapat memberikan efek yang hampir sama dengan hormon estrogen di tubuh. Sehingga, rempah yang satu ini dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat melancarkan haid.

Cara melancarkan haid lain yang dapat dilakukan

Olahraga bisa bantu lancarkan haid
Olahraga bisa bantu lancarkan haid

Selain dengan mengonsumsi makanan yang melancarkan haid, masih ada beberapa langkah lain yang dapat membantu Anda mengembalikan siklus menstruasi, seperti berikut ini:

• Menyesuaikan frekuensi olahraga

Olahraga memang sangat penting untuk menjaga keseimbangan kadar hormon. Sehingga, Anda jangan sampai terlewat melakukannya. Namun, jangan sampai melakukan olahraga secara berlebihan. Sebab, hal tersebut justru bisa memicu ketidakseimbangan hormon kembali terjadi.

• Meredakan stres

Stres bisa jadi salah satu penyebab haid yang tidak teratur. Sehingga, untuk mengembalikan siklus menstruasi, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencoba beberapa teknik relaksasi dengan meditasi, yoga, atau sekadar melakukan hobi di tengah-tengah kesibukan yang ada.

• Mencapai berat badan ideal

Memiliki berat badan berlebih bisa memengaruhi siklus menstruasi di tubuh. Obesitas juga biasanya jadi salah satu ciri paling umum dari kista di rahim seperti PCOS, yang memang berisiko membuat haid menjadi tidak lancar.

Karena itu, jika Anda mengalami kelebihan berat badan, segeralah melakukan langkah-langkah untuk mencapai berat badan yang ideal, seperti olahraga teratur dan mengonsumsi makanan sehat.

• Menjalani terapi hormon

Agar haid bisa kembali lancar, satu hal yang harus diperbaiki adalah keseimbangan kadar hormon di tubuh. Hal ini bisa dicapai dengan terapi hormon.

Saat terapi, dokter biasanya akan memberikan obat berupa pil kontrasepsi yang mengandung hormon estrogen dan prosgesteron, untuk memperbaiki siklus haid.

Baca Juga

  • Bahaya Haid di Usia 10 Tahun ke Bawah yang Perlu Diwaspadai
  • Apa Perbedaan Obstetri dan Ginekologi?
  • Haid 2 Kali Sebulan Apakah Normal? Ini Sebabnya

Mengonsumsi makanan yang melancarkan haid memang bisa membantu mengembalikan siklus menstruasi Anda. Namun untuk mempertahankan siklus yang sehat ini, Anda tentu tetap perlu menjalani gaya hidup yang sehat, seperti berolahraga dan berusaha mencapai berat badan yang ideal.

Jika cara tersebut sudah dicoba tapi tidak juga berhasil, maka jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan (Sp.OG).

Dokter dengan spesialisasi ini tidak hanya menangani pasien yang sedang mengandung, tapi juga gangguan kesehatan organ reproduksi wanita lain, termasuk rahim dan masalah menstruasi.

Advertisement

siklus haidhaidmenstruasigangguan menstruasi

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved