Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui, Apa Saja? (Plus Minuman)

(0)
20 May 2019|Maria Yuniar
Ditinjau olehdr. Fridawati
Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui adalah buah asam seperti jerukMakanan yang dilarang untuk ibu menyusui adalah yang asam seperti jeruk
Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui adalah cokelat, ikan tinggi merkuri, buah-buahan asam, daun parsley, kacang-kacangan, dan daging mentah.Sementara, minuman yang tidak boleh untuk ibu menyusui adalah kopi, susu, dan alkohol.Sebagian besar wanita beranggapan, tidak ada makanan yang dilarang untuk ibu menyusui. Mereka bebas mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan yang disukai, agar bayi dapat menikmati berbagai rasa ASI.Hal ini tentu saja tidak salah. Namun, tahukah Anda, mengonsumsi makanan yang beraroma kuat, seperti makanan yang mengandung kecap dan cabai, dapat mengubah rasa susu.

Pengaruh aroma makanan pada ASI ibu menyusui

Makanan yang beraroma kuat ini akan berada dalam cairan ketuban selama kehamilan. Janin diketahui telah menelan cukup banyak cairan ketuban sebelum lahir. Jadi, ketika ibu memberikan ASI yang beraroma kuat untuk bayi sesaat setelah ia lahir, ia pun menjadi terbiasa.Dari segi kedokteran, tidak ada makanan yang dilarang untuk ibu menyusui. Meski demikian, pernahkah mendapati bayi rewel setelah minum ASI, dan kejadiannya berulang ketika Anda mengonsumsi makanan tertentu? Biasanya, bayi rewel setelah ibu mengonsumsi brokoli atau mentimun.

Pantangan makanan untuk ibu menyusui serta minumannya

Memang, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan untuk ibu menyusui. Sebab, hal ini dapat memberikan efek tertentu terhadap bayi ketika Anda mengonsumsinya.Berikut ini jenis pantangan makanan untuk ibu menyusui serta minuman yang tidak direkomendasikan saat menyusui.

1. Minuman kafein

Selain makanan yang dilarang untuk ibu menyusui, kopi pantang dikonsumsi
Mengapa ibu menyusui sebaiknya menghindari konsumsi kopi? Sebab, kopi (seperti halnya teh, minuman bersoda, serta minuman berenergi), mengandung kafein, yang bisa masuk pada ASI.Seperti halnya orang dewasa, bayi pun tidak dapat mengeluarkan kafein dari dalam tubuh secara efisien. Akibatnya, tumpukan kafein pada tubuh bayi pada akhirnya berisiko menimbulkan iritasi, rasa gelisah, serta sulit tidur.Anda tetap bisa meminum kopi favorit Anda selama masa menyusui. Asalkan, jumlahnya tidak lebih dari 3 cangkir per hari.

2. Cokelat

Teobromin pada cokelat merupakan makanan yang dilarang untuk ibu menyusui
Mengapa cokelat merupakan makanan yang dilarang untuk ibu menyusui? Sebab, cokelat mengandung banyak teobromin, yang memiliki efek serupa kafein.Jika bayi menjadi lebih rewel setelah Anda mengonsumsi cokelat, maka ada baiknya untuk mengurangi konsumsinya. Jika seorang ibu menyusui mengonsumsi lebih dari 750 mg kafein atau teobromin per hari, bayi menjadi rewel, susah tidur, dan menunjukkan perilaku tak menentu.

3. Ikan tinggi merkuri

Tinggi merkuri, makarel merupakan makanan yang dilarang untuk ibu menyusui
ASI bisa mengandung merkuri jika selama masa menyusui jika ibu mengonsumsi ikan dengan merkuri yang tinggi.Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ikan yang termasuk ke dalam makanan yang dilarang untuk ibu menyusui karena mengandung merkuri adalah ikan hiu, ikan tuna, ikan makarel, dan tilefish. Diketahui, ASI dengan merkuri yang tinggi bisa memengaruhi perkembangan neurologi bayi.Batasi konsumsi ikan, termasuk tuna kalengan, hanya dua porsi per minggu. Tujuannya, untuk menghindari ikan yang mengandung banyak merkuri.

4. Alkohol

Selain makanan yang dilarang untuk ibu menyusui, minuman alkohol juga pantang dikonsumsi
Selain makanan yang dilarang untuk ibu menyusui, minuman yang mengandung alkohol pun juga pantang dikonsumsi.Bayi bisa terpapar alkohol saat mendapat asupan ASI yang memang mengandung alkohol. Kondisi ini bisa memengaruhi perkembangan neurologinya.

5. Kacang

Kacang merupakan makanan yang dilarang untuk ibu menyusui karena sebabkan alergi
Jika memiliki anggota keluarga dengan riwayat alergi kacang, maka kacang merupakan makanan yang dilarang untuk ibu menyusui.Anda disarankan untuk menghindarinya hingga bayi disapih. Sebab, protein alergen pada kacang bisa masuk ke ASI, kemudian berpindah pada bayi.Jika alergi terhadap kacang, bayi pun bisa mengalami ruam, gatal-gatal, serta mengi.

6. Buah-buahan asam

Anda boleh saja mengonsumsi satu atau dua buah jeruk per hari. Namun, jika Anda sangat ingin menikmati segarnya buah-buahan asam seperti jeruk dan jeruk nipis, tunggu dulu.Anda bisa menggantinya dengan buahan-buahan lain yang juga kaya akan vitamin C, seperti pepaya, nanas, stroberi, dan mangga.Untuk yang sedang menjalankan program diet, Anda bisa berkonsultasi secara langsung dengan ahli gizi. Hal ini dilakukan untuk menghindari makanan dapat menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi, misalnya, jika Anda sama sekali tidak mengonsumsi semua produk susu). Anda juga bisa menanyakan makanan pengganti lain atau mengonsumsi suplemen nutrisi.

7. Daun parsley

Berdasarkan temuan yang terbit pada jurnal Breastfeeding Medicine, daun parsley dapat dianggap sebagai makanan yang dilarang untuk ibu menyusui.Terbukti, daun parsley mampu mengurangi hormon prolaktin. Hormon ini berguna untuk membantu produksi ASI. Jika Anda masih menjalani program ASI eksklusif, maka daun parsley tidak disarankan untuk dikonsumsi saat ibu menyusui Si Kecil.

8. Makanan mentah

Sashimi adalah makanan mentah yang juga makanan yang dilarang untuk ibu menyusui
Pantangan makanan untuk ibu menyusui bisa ditemukan pada makanan mentah. Biasanya, ditemukan pada ikan mentah pada sashimi, kerang, ataupun susu yang tidak dipasteurisasi. Makanan mentah rupanya bisa jadi sumber infeksi.Berdasarkan penelitian yang terbit pada jurnal Korean Journal of Pediatrics, makanan mentah merupakan makanan yang tidak boleh untuk ibu menyusui.Sebab, makanan mentah berpotensi membuat ibu mengalami darah keracunan akibat infeksi bakteri (septikemia). Bakteri pun dapat diserap ASI. Meski demikian, hal ini jarang terjadi.

9. Susu sapi

Selain makanan yang dilarang untuk ibu menyusui, susu sapi pantang dikonsumsi untuk cegah alergi
Alergi susu sapi merupakan alergi yang paling kerap ditemukan pada bayi. Alergi ini biasanya muncul saat Si Kecil mengonsumsi susu formula untuk kali pertama. Namun, tak jarang, reaksi alergi juga muncul saat ia menyusu dari ibu yang minum susu sapi.

Catatan dari SehatQ

Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui mempertimbangkan dua hal. Pertama, makanan tersebut mampu menghambat produksi ASI. Kedua, pantangan makanan untuk ibu menyusui ini bertujuan untuk menghindari bayi dari penyakit ataupun gangguan tertentu.Jika Anda tetap ingin memulai mengonsumsi makanan yang dilarang untuk ibu menyusui, konsultasikan segera dengan dokter melalui chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Jika Anda ingin mendapatkan keperluan bayi dan ibu menyusui, kunjungi untuk mendapatkan penawaran menarik.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
menyusuibayi & menyusuiasi eksklusifmanfaat asidiet sehatinfografismakanan ibu menyusui
Babycenter. https://www.babycenter.com/404_are-there-any-foods-to-avoid-while-breastfeeding_8906.bc
Diakses pada Oktober 2018
MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/foods-to-avoid-while-breastfeeding_002898/#gref
Diakses pada 8 Maret 2019
Breastfeeding Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4216483/
Diakses pada 11 November 2020
Korean Journal of Pediatrics. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5383635
Diakses pada 11 November 2020
Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/breastfeeding/breastfeeding-special-circumstances/environmental-exposures/mercury.html
Diakses pada 11 November 2020
United Kingdom National Health Service. https://www.nhs.uk/start4life/baby/breastfeeding/healthy-diet/food-and-drinks-to-avoid/
Diakses pada 11 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait