12 Makanan yang Harus Dihindari saat Diet


Terdapat sejumlah makanan yang harus dihindari saat diet supaya usaha menurunkan berat badan tidak menjadi wacana belaka. Beberapa makanan itu meliputi pizza, burger, hingga kentang goreng!

(0)
17 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Terdapat banyak sekali makanan yang harus dihindari saat diet, salah satunya pizza!Daging olahan dan pizza menjadi contoh makanan yang harus dihindari saat diet.
Menurunkan berat badan bukanlah perkara mudah. Selain harus rajin berolahraga, ada beberapa makanan lezat berkalori tinggi yang harus dihindari, seperti burger, kentang goreng, hingga pizza. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar makanan yang harus dihindari saat diet, simak penjelasan berikut ini.

12 makanan yang harus dihindari saat diet

Makanan berkalori tinggi dan mengandung banyak gula dapat mengganggu usaha menurunkan berat badan Anda. Lebih jelasnya, berikut adalah 12 makanan yang harus dihindari saat diet

1. Kentang goreng

Kentang adalah sayuran sehat yang bisa membantu Anda turunkan berat badan. Namun, ketika sudah diproses menjadi french fries, kandungan kalorinya melonjak dan berpotensi meningkatkan berat badan.Sebuah studi membuktikan, french fries dan olahan kentang lain seperti keripik kentang dapat meningkatkan berat badan. Ditambah lagi, kentang yang digoreng berpotensi mengandung senyawa penyebab kanker akrilamida. Mulai saat ini, sebaiknya Anda menghindari konsumsi kentang goreng supaya diet Anda semakin optimal.

2. Roti putih

Roti putih adalah makanan yang harus dihindari saat diet karena indeks glikemik yang tinggi sehingga berpotensi meningkatkan kadar gula dalam darah. Indeks glikemik adalah acuan yang digunakan untuk mengukur seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Sebuah riset yang diikuti 9.267 orang membuktikan, mengonsumsi 120 gram roti putih per hari dapat meningkatkan risiko obesitas sebanyak 40 persen.

3. Burger

Burger adalah makanan yang harus dihindari saat diet
Burger adalah makanan yang harus dihindari saat diet
Tidak ada yang bisa menyangkal kelezatan burger di restoran cepat saji. Namun hati-hati, burger yang biasanya dijual di restoran cepat saji mengandung lemak dan kalori tinggi sehingga bisa meningkatkan berat badan.Faktanya, mengonsumsi burger restoran cepat saji sebanyak dua kali dalam seminggu dapat meningkatkan risiko obesitas.

4. Nasi putih

Nasi putih memang tidak banyak mengandung lemak. Namun, makanan ini bukanlah sumber serat dan protein yang baik.Sebuah riset di Iran menyatakan bahwa mengonsumsi nasi putih dapat meningkatkan risiko obesitas pada remaja perempuan. Selain itu, nasi putih juga termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat.

5. Es krim

Es krim mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi. Makanan ini juga tidak memiliki banyak protein dan serat. Inilah alasan mengapa es krim menjadi makanan yang harus dihindari saat diet.

6. Daging olahan

Macam-macam daging olahan, seperti bacon, hot dog, hingga ham, cenderung mengandung banyak kalori. Itulah sebabnya Anda disarankan untuk menghindari daging olahan saat sedang diet.The International Agency for Research on Cancer bahkan mengklasifikasikan daging olahan sebagai karsinogen (penyebab kanker).

7. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol, seperti bir dan anggur merah, ternyata mengandung kalori tinggi yang bisa meningkatkan berat badan Anda. Tidak hanya itu, minuman ini juga tinggi akan gula.Sebagai contoh, 354 mililiter bir saja sudah mengandung 153 kalori. Sedangkan 147 mililiter anggur merah mengandung 125 kalori.

8. Jus buah dalam kemasan

Jus buah dalam kemasan yang sering kali ditemukan di swalayan sangatlah berbeda dengan jus buah yang Anda blender sendiri di rumah.Jus buah dalam kemasan ini sudah diolah sedemikian rupa sehingga mengandung gula yang tinggi. Sebuah penelitian membuktikan, jus buah kemasan berpotensi mengandung gula dan kalori yang setara dengan minuman bersoda.Karena kandungan gula dan kalorinya yang tinggi, jus buah kemasan tidak direkomendasikan bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Lebih baik konsumsilah buah-buahan segar yang masih utuh dengan kulitnya.

9. Pizza

Pizza adalah makanan cepat saji yang sangat populer dan lezat rasanya. Namun sayangnya, makanan ini mengandung kalori tinggi dan cenderung memiliki bahan-bahan tidak sehat, seperti daging dan tepung olahan.Jika memungkinkan, buatlah pizza dengan bahan-bahan yang lebih sehat di rumah, seperti menambahkan sayur atau buah sebagai topping-nya.

10. Kopi berkalori tinggi

Kopi hitam mengandung kafein yang bisa meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh membakar lemak. Namun, menambahkan krim atau gula dapat menghilangkan berbagai manfaatnya.Selain itu, menambahkan krim dan gula pada kopi hanya akan meningkatkan kadar kalorinya. Jika Anda tidak bisa lepas dari kopi, minumlah kopi hitam tanpa gula atau krim berkalori tinggi.

11. Yogurt dengan gula tambahan

Yogurt adalah makanan sehat yang bisa membantu turunkan berat badan. Misalnya Greek yogurt, yang mengandung protein dan bakteri baik untuk membantu sistem pencernaan.Namun hati-hati, ada baiknya Anda melihat kandungan nutrisinya terlebih dahulu sebelum membeli yogur. Beberapa jenis yogurt sudah ditambahkan dengan gula tambahan yang justru bisa meningkatkan berat badan.

12. Minuman tinggi gula

Minuman tinggi gula harus dihindari selama diet
Hindarilah minuman bergula tinggi saat diet!
Minuman tinggi gula, misalnya soda atau minuman olahraga, juga harus dihindari jika Anda ingin menurunkan berat badan. Sebab, minuman-minuman ini tidak mengandung kandungan nutrisi yang baik dan hanya akan menambah jumlah kalori di dalam tubuh.Sebuah studi sudah membuktikan bahwa mengonsumsi minuman tinggi gula dapat meningkatkan berat badan pada anak-anak dan remaja.

Catatan dari SehatQ

Menurunkan berat badan memang tidak mudah. Pengorbanan ekstra harus dilakukan guna meraih berat badan ideal, seperti berolahraga rutin dan menghindari berbagai makanan di atas.Ingin mengetahui lebih banyak makanan yang harus dihindari saat diet? Cobalah bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
tips dietmakanan diethidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/20-most-weight-loss-friendly-foods#TOC_TITLE_HDR_12
Diakses pada 3 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-foods-to-avoid-for-weight-loss#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses pada 3 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324564#restaurant-hamburgers
Diakses pada 3 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait