Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil 7 Bulan

(0)
16 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan sangat beragam.Makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan, salah satunya makanan pedas.
Makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan tentu harus diperhatikan. Sebab, segala sesuatu yang dikonsumsi bumil akan menentukan kesehatan si kandungan.Di dalam usia kehamilan 7 bulan, akan ada banyak gejala yang bumil rasakan, seperti nyeri ulu hati, kaki dan tangan membengkak, rasa lelah, hingga sembelit.Dengan menghindari berbagai makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan ini, diharapkan gejala-gejala di atas akan teratasi.

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan

Seperti yang sudah disinggung tadi, gejala kehamilan di bulan ketujuh seperti nyeri ulu hati, rasa lelah, sembelit, hingga tangan dan kaki membengkak, bisa saja datang. Mengonsumsi makanan tertentu malah dapat memperparah gejala-gejala tersebut.Maka dari itu, hindarilah berbagai jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan ini, agar penantian panjang untuk melihat Si Kecil lahir akan terasa lebih nyaman.

1. Makanan pedas dan berlemak

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan yang pertama ialah makanan pedas dan berlemak tinggi. Perlu diakui, beberapa orang tak bisa lepas dari jenis makanan ini karena kelezatannya. Namun demi kesehatan janin di rahim, sebaiknya wanita yang sedang mengandung menghindari makanan pantangan untuk bumil 7 bulan ini.Makanan pedas dan berlemak adalah “mimpi buruk” dari gejala nyeri ulu hati yang dirasakan oleh bumil. Makanan ini sulit dicerna dan bisa mengganggu jam tidur Anda.

2. Makanan tinggi natrium

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan selanjutnya adalah makanan bernatrium tinggi. Sebab, gejala pembengkakan yang terjadi pada tangan dan kaki bisa semakin parah dengan masuknya kadar natrium yang tinggi.Untuk mengatasinya, minumlah air putih secara teratur untuk mengatur natrium dalam tubuh Anda.

3. Kafein dan minuman bersoda

Minum kopi
Bumil disarankan untuk tidak minum kopi
Selain makanan pantangan untuk ibu hamil 7 bulan di atas, ada juga minuman yang harus dihindari, yakni minuman berkafein maupun bersoda.Sebab, mengonsumsi kafein dalam kadar yang tinggi bisa memperparah gejala sembelit yang dirasakan oleh bumil di bulan ketujuh kehamilannya.Sementara itu, minuman bersoda tidak menawarkan nutrisi apapun untuk sang bumil dan anak yang dikandungnya. Maka dari itu, hindarilah minuman bersoda sebisa mungkin!

4. Alkohol

Alkohol
Alkohol harus dihindari selama hamil
Sama seperti kafein dan minuman bersoda, alkohol juga masuk daftar minuman yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan. Sebab, alkohol mampu mengganggu perkembangan janin dan menghambat proses persalinan nantinya.

5. Junk food

Junk food, seperti burger atau ayam krispi, adalah makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan. Pilihlah camilan yang lebih sehat seperti sandwich atau salad demi kesehatan Anda dan juga Si Kecil yang sebentar lagi datang ke dunia.Demi kelancaran persalinan dan juga kesehatan janin, usahakan hindari makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan ini, ya.

Makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan

Setelah memahami berbagai jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan, kini saatnya para calon ibu mengetahui segudang rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan.
  • Zat besi dan protein

Di trimester ketiga, zat besi dan protein sangat dibutuhkan untuk mencegah anemia dan perdarahan saat proses persalinan. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 27 miligram zat besi per hari.Makanan yang mengandung zat besi di antaranya adalah daging sapi, daging ayam, hingga kacang-kacangan. Asam amino dari protein yang Anda konsumsi bisa membantu proses perkembangan janin di dalam kandungan.
  • Kalsium

Makanan yang mengandung kalsium tidak hanya dibutuhkan saat usia janin mencapai 7 bulan. Makanan berkalsium ternyata memang dibutuhkan selama kehamilan.Namun, makanan yang mengandung kalsium sangat diperlukan ketika usia kehamilan menginjak 7 bulan, di trimester ketiga. Sebab, di sinilah pengaturan kalsium dalam tulang janin akan terjadi.Makanan yang mengandung kalsium tinggi meliputi susu, sayuran berdaun hijau, tahu, kacang-kacangan, hingga ikan seperti sarden.
  • Magnesium

Makanan yang mengandung magnesium akan membantu para bumil mengatasi gejala kram kaki. Selain itu, magnesium juga bisa meningkatkan penyerapan kalsium yang Anda konsumsi.Bahkan, magnesium dinilai bisa melemaskan otot dan mengurangi risiko persalinan prematur.
Makanan yang mengandung magnesium di antaranya tempe, tahu, kacang almond, dan kacang kedelai.
  • Asam lemak DHA

Asam lemak DHA dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak janin saat masih berada di dalam rahim. Cobalah makanan yang mengandung asam lemak DHA seperti telur dan susu.
  • Asam folat

Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, baik sebelum atau sesudah melahirkan. Di trimester ketiga, asam folat bisa membantu mencegah risiko cacat tabung saraf pada bayi Anda.Makanan yang mengandung asam folat sangatlah banyak, seperti sayuran berdaun hijau hingga buah-buahan (stroberi dan jeruk).Dengan menghindari makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan, dan mengonsumsi makanan sehat yang dianjurkan untuk bumil, diharapkan kesehatan sang ibu dan janinnya akan selalu terjaga. Proses penantian persalinan pun terasa jadi lebih nyaman.

Catatan dari SehatQ:

Setelah mengetahui berbagai jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan, jangan lupa juga datang ke dokter kandungan secara rutin untuk berkonsultasi lebih lanjut. Tanyalah pada dokter mengenai makanan yang dianjutkan selama trimester ketiga kehamilan.
menjaga kehamilankehamilanmasalah kehamilan
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/seventh-month-pregnancy-diet-25-28-weeks/
Diakses pada 2 Juli 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/7th-month-pregnancy-diet-foods-eat-avoid_0075498/
Diakses pada 2 Juli 2020
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/calcium/
Diakses pada 2 Juli 2020
Web MD. https://www.webmd.com/diet/magnesium-and-your-health
Diakses pada 2 Juli 2020
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait