logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Makanan yang Dilarang Penderita untuk Infeksi Saluran Kencing, Apa Saja?

open-summary

Makanan yang dilarang penderita infeksi saluran kencing tentu harus dihindari. Meskipun berbagai makanan ini menjadi favorit banyak orang, tentu Anda harus segera menghindarinya demi proses penyembuhan yang optimal.


close-summary

3.16

(57)

30 Jul 2020

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Makanan yang dilarang bagi penderita infeksi saluran kencing cukup beragam, waspadalah!

Makanan yang dilarang bagi penderita infeksi saluran kencing salah satunya adalah makanan pedas.

Table of Content

  • Makanan yang dilarang bagi penderita infeksi saluran kencing
  • Cara mengatasi infeksi saluran kencing di rumah
  • Catatan dari SehatQ:

Makanan yang dilarang penderita infeksi saluran kencing tentu harus dihindari sebisa mungkin. Dengan begitu, proses penyembuhan tubuh dari infeksi saluran kencing dapat membuahkan hasil yang optimal.

Advertisement

Meskipun berbagai makanan dan minuman ini sangat lezat, tapi sebaiknya Anda menghindarinya agar infeksi saluran kencing dapat diusir dari tubuh Anda!

Makanan yang dilarang bagi penderita infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing atau kemih disebabkan oleh mikroba seperti bakteri yang berkumpul di saluran kemih. Infeksi saluran kencing dapat berdampak buruk pada ginjal hingga kandung kemih.

Infeksi saluran kencing adalah kondisi yang umum terjadi. Setidaknya, 8,1 juta orang datang ke dokter akibat menderita infeksi saluran kencing.

Untuk menanganinya, sebagian besar dokter akan menjabarkan berbagai makanan yang dilarang untuk penderita infeksi saluran kencing. Apa saja makanan itu?

1. Makanan dengan pemanis buatan

Makanan yang mengandung pemanis buatan masuk dalam daftar pantangan bagi penderita infeksi saluran kencing. Pemanis buatan dipercaya dapat memperparah kondisi infeksi saluran kencing pada penderita sistitis interstitial (kondisi kronis yang menyebabkan tekanan pada kandung kemih).

Namun, belum ada bukti bahwa makanan yang mengandung pemanis buatan dapat berdampak buruk pada penderita infeksi saluran kencing pada umumnya. Untuk berjaga-jaga, berkonsultasilah pada dokter sebelum mengonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan.

2. Makanan pedas

Makanan yang dilarang penderita infeksi saluran kencing selanjutnya datang dari rempah-rempah pedas, seperti cabai. Sebab, makanan pedas seperti cabai dapat mengiritasi kandung kemih, sehingga memperparah kondisi infeksi saluran kencing.

3. Buah yang rasanya asam

Buah-buahan dengan kadar asam tinggi dipercaya dapat memperparah kondisi infeksi saluran kencing. Sebab, kandungan asam yang terlalu tinggi dapat mengiritasi kandung kemih dan memperburuk infeksi Anda. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menghindari buah-buahan seperti jeruk, lemon, stroberi, nanas, hingga tomat.

4. Minuman bersoda

Selain mengenal berbagai makanan yang dilarang penderita infeksi saluran kencing, ada juga, lho, minuman yang dapat memperparah kondisi tersebut.

Ya, minuman bersoda memang dikenal dapat mengiritasi kandung kemih pada orang yang mengalami peradangan kronis kandung kemih.

Maka dari itu, hindarilah minuman bersoda, terutama yang mengandung kafein dan rasa buah-buahan asam, agar kondisi infeksi saluran kencing tidak semakin parah.

Penderita infeksi saluran kencing disarankan untuk menghindari minuman bersoda, dan lebih banyak mengonsumsi air putih secara teratur.

5. Alkohol

Minum bir
Alkohol harus dihindari penderita infeksi saluran kemih

Selain soda, alkohol juga menjadi minuman yang harus dihindari penderita infeksi saluran kencing. Mengapa demikian? Sebab, minuman beralkohol seperti bir hingga anggur merah dapat mengiritasi kandung kemih, terutama jika Anda sedang mengalami infeksi kandung kemih.

Menghindari alkohol selama proses “pembersihan” kandung kemih dari bakteri, adalah opsi yang paling bijak untuk dilakukan.

6. Kopi

Kopi
Penderita infeksi saluran kencing, hindari kopi!

Kopi memang paling asyik diseruput pagi-pagi, untuk memulai hari. Namun hati-hati, kopi dapat mengiritasi kandung kemih!

Tidak hanya itu, minuman dengan rasa pahit yang khas ini juga bisa memperburuk kondisi infeksi kandung kemih.

Sebuah penelitian dengan melibatkan sejumlah penderita sistitis interstitial membuktikan bahwa kopi dapat memperparah gejala yang muncul.

Jika memang Anda pencinta kopi, cobalah ganti dengan teh non-kafein untuk sementara waktu, sampai terbebas dari infeksi saluran kemih.

Cara mengatasi infeksi saluran kencing di rumah

Ada beberapa cara untuk mengontrol gejala infeksi saluran kencing yang bisa dicoba. Salah satunya dengan lebih teratur minum air, sehingga bakteri dapat dikeluarkan dari tubuh lewat urine.

Tidak hanya itu, mengonsumsi buah cranberry dianggap memiliki banyak manfaat untuk mengatasi masalah infeksi saluran kencing. Ditambah lagi, buah cranberry dipercaya dapat mencegah perkembangan infeksi saluran kencing.

Sebab, buah cranberry mengandung komponen proanthocyanidins yang dapat mencegah bakteri E. Coli agar tidak menempel di dinding saluran kemih dan pencernaan.

Dalam sebuah riset, para peneliti menemukan bahwa wanita dengan infeksi saluran kencing yang terus-menerus kambuh, mengalami penurunan infeksi sebanyak 35%, setelah mengonsumsi buah cranberry secara teratur selama satu tahun.

Dalam penelitian lainnya, mengonsumsi 500 miligram ekstak cranberry dapat menyamai fungsi obat trimethoprim (100 miligram) untuk mencegah infeksi saluran kencing.

Baca Juga

  • Trauma Akustik, Ketika Telinga Cedera Akibat Suara Desibel Tinggi
  • Mengenal Perbedaan Maag dan GERD
  • 9 Penyebab Sakit Leher Sebelah Kanan

Catatan dari SehatQ:

Memang sulit untuk menghindari berbagai makanan yang dilarang bagi penderita infeksi saluran kencing di atas. Sebab, sebagian besar adalah makanan dan minuman favorit kita semua.

Namun, agar kondisi infeksi saluran kencing tidak semakin parah, tidak ada salahnya untuk menghindari berbagai makanan yang dilarang untuk penderita infeksi saluran kencing di atas dan konsultasikan ke dokter jika keluhan tidak berkurang.

Advertisement

penyakitinfeksi saluran kencinginfeksi saluran kemihkopi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved