Daftar Makanan yang Bikin Gemuk dan Bisa Ganggu Diet

Makanan yang bikin gemuk sangat banyak, seperti donat dan kue-kue
Donat sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit karena tinggi dengan kalori

Tanpa disadari, banyak makanan yang sering kita konsumsi memicu kenaikan berat badan dan risiko kegemukan atau obesitas. Makanan yang bikin gemuk tersebut cenderung disebabkan oleh kandungan gula dan lemak yang tinggi, yang memang rasanya sulit untuk ditolak. Apa saja makanan tersebut?

Simak artikel ini untuk melihat beberapa makanan lezat namun bisa picu kenaikan berat badan.

Beberapa makanan yang bikin gemuk yang harus dikurangi konsumsinya

Untuk menghindari kenaikan berat badan dan obesitas, Anda bisa mengurangi daftar makanan yang bikin gemuk ini:

1. Soda

Minuman soda manis mungkin menjadi minuman yang paling menggemukan di sekitar kita. Kita pun rentan meminumnya karena tersedia di berbagai sudut kota termasuk gerai makanan cepat saji.

Minuman dan makanan yang bikin gemuk termasuk soda
Soda cenderung memicu kenaikan berat badan

Minuman bergula seperti soda tidak memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh. Minuman ini juga menyumbang kalori yang tinggi sehingga berisiko menaikkan berat badan.

Berbagai studi menemukan, orang yang sering minum soda lebih rentan untuk mengalami kenaikkan berat badan dibandingkan yang tidak meminumnya.

2. Kopi pakai gula

Meneguk kopi kekinian yang saat ini menjamur mungkin sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Walau begitu, penting untuk diingat bahwa kopi pakai gula atau sirup dapat memancing kenaikkan berat badan.

Kopi sebenarnya minuman yang sehat. Yang menjadi masalah tentu gula dalam kopi-kopi tersebut.

3. Es krim

Beberapa produk es krim tinggi dengan kandungan gula dan lemak. Dengan pamornya sebagai makanan penutup, es krim bisa menambah asupan kalori yang Anda konsumsi. Dengan demikian, mengonsumsi es krim sebaiknya dijadikan camilan untuk sesekali saja.

Makanan yang bikin gemuk termasuk es krim
Es krim disarankan dikonsumsi dalam waktu-waktu tertentu saja

Selain itu, untuk memilih produk es krim yang lebih sehat, Anda disarankan untuk mencari produk yang kandungan gulanya kurang dari 15 gram per saji. Perhatikan pula jumlah kalori dalam setiap satu sajiannya.

4. Donat dan kue 

Kue dan donat cenderung mengandung kadar gula yang tinggi. Begitu pula dengan tepung karbohidrat olahan dan lemak tambahannya. Karena kandungan tersebut, kue dan donat seringkali tinggi dengan kalori dan menjadi salah satu makanan yang bikin gemuk.

Seperti es krim, kue-kue dan donat sebaiknya dijadikan camilan sesekali saja. Pilihlah donat dengan porsi yang kecil.

5. Kentang goreng

Rasanya memang sulit menolak sepaket kentang goreng, entah itu dari restoran cepat saji hingga yang dijual di gerobak-gerobak di pinggir jalan. Walau begitu, seperti yang mungkin sudah Anda sadari, kentang goreng merupakan salah satu makanan yang bikin gemuk karena kandungan kalorinya yang tinggi.

Beberapa produk kentang goreng siap saji juga tinggi dengan lemak dan garam, sehingga ada baiknya agar Anda membatasi konsumsi kentang goreng.

Mengolah kentang sendiri lebih disarankan, karena ada beragam manfaat kentang. Teknik memasak paling sehat adalah dengan merebus atau memanggangnya.

6. Susu cokelat

Berbagai produk susu dengan perasa, termasuk rasa cokelat, sarat dengan gula tambahan dan lemak. Artinya, kalorinya pun cenderung tinggi sehingga Anda perlu membatasi konsumsi minuman ini. Kita pun sering minum susu cokelat tanpa memerhatikan porsinya, sehingga memicu overeating.

Alih-alih minum susu cokelat, Anda lebih disarankan untuk mengonsumsi cokelat hitam utuh. Sebab, cokelat hitam memiliki berbagai manfaat seperti kesehatan jantung dan fungsi otak.

7. Jus buah kemasan

Jus buah sering dianggap sebagai minuman sehat. Namun, jika diperhatikan, banyak merek jus buah kemasan yang kandungan gulanya mirip dengan minuman soda. Konsumsi jus buah berlebihan pun telah dikaitkan dengan kegemukan, terutama pada anak-anak.

Jika Anda ingin mendapatkan nutrisi buah-buahan, mengonsumsinya langsung lebih disarankan. Apabila ingin membuat jus buah sendiri di rumah, pastikan Anda tidak meminumnya lebih dari 150 ml per hari.

8. Berbagai makanan olahan

Di zaman yang menuntut waktu ini, kita rentan untuk mengonsumsi makanan olahan, mulai dari sereal, keju, susu, kue, keripik dan makanan ringan, hingga makanan beku. Walau memang memudahkan hidup, banyak makanan olahan yang tergolong sebagai makanan yang bikin gemuk.

Pastikan Anda selalu memerhatikan label makanan pada makanan kemasan yang dibeli, termasuk informasi nilai gizi dan komposisinya.

Catatan dari SehatQ

Penting untuk diingat bahwa kegemukan dapat terjadi jika kalori yang kita konsumsi lebih besar dibandingkan kalori yang dibakar. Karena makanan yang bikin gemuk di atas cenderung tinggi kalori, Anda disarankan untuk menyantapnya di saat-saat tertentu saja, bukan menjadi konsumsi rutin.

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/processed-foods-to-avoid
Diakses pada 24 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-highly-fattening-foods
Diakses pada 24 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/fruit-juice-vs-soda
Diakses pada 24 Januari 2020

Artikel Terkait