logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Daftar Makanan yang Bikin Gemuk untuk Menambah Berat Badan dengan Cepat

open-summary

Makanan yang bikin gemuk perlu diketahui agar tidak mengganggu program diet Anda. Makanan yang bikin cepat gemuk umumnya identik dengan makanan yang berlemak dan memiliki kadar karbohidrat tinggi, seperti kacang-kacangan, daging merah, nasi, pizza, hingga donat.


close-summary

3.53

(15)

26 Jan 2020

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Makanan yang bikin gemuk adalah donat

Donat sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit karena tinggi dengan kalori

Table of Content

  • Daftar makanan yang bikin gemuk
  • Daftar buah yang bikin gemuk
  • Catatan dari SehatQ

Tanpa disadari, makanan yang sering kita konsumsi kebanyakan dapat memicu kenaikan berat badan dan risiko kegemukan atau obesitas. Makanan yang bikin gemuk cenderung terbuat dari kandungan gula dan lemak yang tinggi, dan memang rasanya sulit untuk ditolak. Apa saja makanan tersebut?

Advertisement

Simak artikel dibawah ini untuk melihat beberapa makanan lezat yang mungkin sering Anda konsumsi dan dapat memicu kenaikan berat badan.

Baca Juga

  • Jadi Favorit Banyak Orang, Sudah Tahu Berapa Kalori Paha Atas Ayam dan Bagian Lainnya?
  • Manfaat Cumi-Cumi untuk Kesehatan, Salah Satunya Bagus untuk Jantung
  • Kandungan Nasi Putih dan 4 Manfaatnya untuk Tubuh Sehat

Daftar makanan yang bikin gemuk

Makanan yang membuat gemuk biasanya identik dengan makanan yang berlemak dan memiliki kadar karbohidrat tinggi. Untuk mencegah terjadinya kenaikan berat badan dan obesitas, Anda dapat mengurangi daftar makanan yang bikin gemuk ini:

1. Soda

Minuman soda manis mungkin menjadi minuman yang paling menggemukan di sekitar kita. Kita pun rentan meminumnya karena tersedia di berbagai sudut kota termasuk gerai makanan cepat saji.

Minuman dan makanan yang bikin gemuk termasuk soda
Soda cenderung memicu kenaikan berat badan

Minuman bergula seperti soda tidak memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh. Minuman ini juga menyumbang kalori yang tinggi sehingga berisiko menaikkan berat badan.

Berbagai studi menemukan, orang yang sering minum soda lebih rentan untuk mengalami kenaikkan berat badan dibandingkan yang tidak meminumnya.

2. Kopi pakai gula

Meneguk kopi kekinian yang saat ini menjamur mungkin sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Walau begitu, penting untuk diingat bahwa kopi pakai gula atau sirup dapat memancing kenaikkan berat badan.

Kopi sebenarnya minuman yang sehat. Yang menjadi masalah tentu gula dalam kopi-kopi tersebut.

3. Es krim

Beberapa produk es krim tinggi dengan kandungan gula dan lemak. Dengan pamornya sebagai makanan penutup, es krim bisa menambah asupan kalori yang Anda konsumsi. Dengan demikian, mengonsumsi es krim sebaiknya dijadikan camilan untuk sesekali saja.

Makanan yang bikin gemuk termasuk es krim
Es krim disarankan dikonsumsi dalam waktu-waktu tertentu saja

Selain itu, untuk memilih produk es krim yang lebih sehat, Anda disarankan untuk mencari produk yang kandungan gulanya kurang dari 15 gram per saji. Perhatikan pula jumlah kalori dalam setiap satu sajiannya.

4. Donat dan kue 

Kue dan donat cenderung mengandung kadar gula yang tinggi. Begitu pula dengan tepung karbohidrat olahan dan lemak tambahannya. Karena kandungan tersebut, kue dan donat seringkali tinggi dengan kalori dan menjadi salah satu makanan yang bikin gemuk.

Seperti es krim, kue-kue dan donat sebaiknya dijadikan camilan sesekali saja. Pilihlah donat dengan porsi yang kecil.

5. Kentang goreng

Rasanya memang sulit menolak sepaket kentang goreng, entah itu dari restoran cepat saji hingga yang dijual di gerobak-gerobak di pinggir jalan. Walau begitu, seperti yang mungkin sudah Anda sadari, kentang goreng merupakan salah satu makanan penyebab berat badan naik karena kandungan kalorinya yang tinggi.

Beberapa produk kentang goreng siap saji juga tinggi dengan lemak dan garam, sehingga ada baiknya agar Anda membatasi konsumsi kentang goreng.

Mengolah kentang sendiri lebih disarankan, karena ada beragam manfaat kentang. Teknik memasak paling sehat adalah dengan merebus atau memanggangnya.

6. Susu cokelat

Berbagai produk susu dengan perasa, termasuk rasa cokelat, sarat dengan gula tambahan dan lemak. Artinya, kalorinya pun cenderung tinggi sehingga Anda perlu membatasi konsumsi minuman ini. Kita pun sering minum susu cokelat tanpa memerhatikan porsinya, sehingga memicu overeating.

Alih-alih minum susu cokelat, Anda lebih disarankan untuk mengonsumsi cokelat hitam utuh. Sebab, cokelat hitam memiliki berbagai manfaat seperti kesehatan jantung dan fungsi otak.

7. Jus buah kemasan

Jus buah sering dianggap sebagai minuman sehat. Namun, jika diperhatikan, banyak merek jus buah kemasan yang kandungan gulanya mirip dengan minuman soda. Konsumsi jus buah berlebihan pun telah dikaitkan dengan kegemukan, terutama pada anak-anak.

Jika Anda ingin mendapatkan nutrisi buah-buahan, mengonsumsinya langsung lebih disarankan. Apabila ingin membuat jus buah sendiri di rumah, pastikan Anda tidak meminumnya lebih dari 150 ml per hari.

8. Pizza

Pizza adalah salah satu makanan mengandung karbohidrat yang bikin gemuk. Rasanya memang lezat, namun pizza mengandung lemak, kalori, dan karbohidrat olahan yang cukup tinggi. 

Jika memang Anda sangat menyukai pizza, cobalah beli pizza yang terbuat dari adonan gandum utuh dan dilengkapi dengan sayur-sayuran. Jika perlu, buatlah pizza sendiri di rumah.

9. Nasi

Nasi adalah salah satu makanan pokok orang Indonesia yang bisa bikin cepat gemuk. Dalam 100 gram nasi, mengandung 175 kalori dan 40 gram karbohidrat.

Mengonsumsi nasi setiap hari akan membantu Anda cepat gemuk. Terlebih jika nasi dikonsumsi dengan berbagai lauk pauk lainnya, sehingga kalori yang masuk akan semakin bertambah.

10. Daging merah

Daging juga merupakan salah satu makanan yang menyumbang kalori tinggi untuk menaikkan berat badan. Ini karena daging mengandung lemak yang bisa menyumbang kalori tambahan untuk tubuh.

Selain itu, daging merah juga menyediakan banyak protein dan asam amino yang dibutuhkan untuk merangsang sintesis protein otot dan menambah jaringan otot.

11. Kacang

Makanan yang bikin gemuk lainnya adalah kacang. Dalam 100 gram kacang almond misalnya, terdapat 21 gram protein, 49 gram lemak, dan 575 kalori.

Untuk menaikkan berat badan, Anda bisa mengonsumsi kacang dengan berbagai macam olahan, mulai dari selai kacang, kacang goreng, kacang rebus, hingga makanan olahan kacang lainnya.

12. Berbagai makanan olahan

Di zaman yang menuntut waktu ini, kita rentan untuk mengonsumsi makanan olahan, mulai dari sereal, keju, susu, kue, keripik dan makanan ringan, hingga makanan beku. Walau memang memudahkan hidup, banyak makanan olahan yang tergolong sebagai makanan yang bikin gemuk.

Pastikan Anda selalu memerhatikan label makanan pada makanan kemasan yang dibeli, termasuk informasi nilai gizi dan komposisinya.

Baca juga: Jenis Makanan Penambah Berat Badan yang Sehat dan Lezat

Daftar buah yang bikin gemuk

Makanan yang membuat gemuk bukan hanya berasal dari camilan tinggi gula, tapi juga bisa berasal dari buah-buahan. Jangan salah pilih makanan yang cepat membuat gemuk, buah-buahan dengan kalori yang cukup tinggi bisa jadi solusinya.

Berikut adalah daftar buah yang bikin gemuk dan bisa Anda coba di rumah:

1. Buah Kering

Buah kering seperti kismis ternyata memiliki jumlah kalori yang tergolong lebih besar daripada buah segar. Satu gelas buah kering diketahui memiliki jumlah kalori 5-8 kali lebih banyak daripada satu gelas buah segar.

Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi ragam buah kering jika ingin cepat gemuk, namun pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar tidak membuat kadar gula darah dalam tubuh Anda jauh meningkat.

2. Pisang

Menurut penelitian yang terdapat di NCBI, pisang diklaim bisa menaikkan berat badan secara signifikan jika dikonsumsi secara rutin. Hal ini dikarenakan setiap 100 gram pisang mengandung sekitar 97 kalori, jumlah yang bisa dikatakan tinggi.

Selain itu, pisang juga memiliki mengandung zat bergizi lainnya seperti fosfor yang berguna untuk kekuatan otot, dan kalium sebagai pengontrol tekanan darah.

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang hampir disukai banyak kalangan. Tak hanya karena rasanya yang lezat, alpukat juga memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi untuk menaikkan berat badan, yakni mencapai 168 kalori per 100 gram.

4. Durian

Durian juga masuk ke dalam jenis makanan yang bikin gemuk. Hal ini karena buah durian mengandung sekitar 3,9 gram dan 28,8 gram karbohidrat untuk setiap 100 gram-nya.

Selain dapat menggemukkan badan, durian juga memiliki kandungan fosfor yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

5. Mangga

Mangga memiliki kandungan sejumlah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk penggemukkan badan. Pada setiap 100 gram mangga, jumlah Anda akan menemukan setidaknya 70 kalori, sedangkan untuk karbohidratnya mencapai 16,5 gram.

Selain itu, kandungan gula yang tinggi pada mangga juga menjadi salah satu alasan mengapa buah satu ini berguna untuk menambah massa tubuh.

Pastikan Anda tidak mengonsumsi mangga secara berlebihan agar tidak berdampak negatif terhadap kesehatan. Sebab kadar gula yang tinggi di dalamnya juga bisa menyebabkan Anda diabetes dan obesitas.

Baca juga: Jenis Buah untuk Menambah Berat Badan Agar Cepat Gemuk

Catatan dari SehatQ

Penting untuk diingat bahwa kegemukan dapat terjadi jika kalori yang kita konsumsi lebih besar dibandingkan kalori yang dibakar. Karena makanan yang bikin gemuk di atas cenderung tinggi kalori, Anda disarankan untuk menyantapnya di saat-saat tertentu saja, bukan menjadi konsumsi rutin.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar daftar makanan penyebab gemuk, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

makanan dietmakanan tidak sehatkegemukan

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved