Makanan yang Aman untuk Diabetes


Pengidap diabetes haruslah menjaga pola makannya dengan baik agar gula darah terkontrol. Mengonsumsi biji-bijian yang utuh hingga sayur dan buah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kadar gula.

0,0
09 Sep 2021|Marco Anthony
Perbanyak konsumsi buahPerbanyak konsumsi buah
Bagi diabetesi, penting untuk menjaga pola makan harian karena dapat memengaruhi kontrol gula darah. Apa yang dimakan, jumlah yang dimakan, dan waktu makan penting diperhatikan guna menjaga kadar gula darah sesuai anjuran. Bingung menentukan makanan apa saja yang dapat bermanfaat? Simak tips-tips di bawah ini!

Jenis makanan yang aman untuk diabetes

1. Bijian Utuh

biji-bijian
Bijian utuh dapat menjadi pilihan sumber karbohidrat yang lebih sehat bagi diabetesi. Bijian utuh kaya akan vitamin dan mineral seperti magnesium, vitamin B, chromium, zat besi, dan folate. Selain itu, bijian utuh juga merupakan sumber serat yang baik.Diabetes UK menyatakan bahwa bijian utuh adalah pilihan yang lebih baik untuk diabetesi karena menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang lebih sedikit dibandingkan bijian terafinasi.Pastikan setidaknya separuh dari bijian yang dikonsumsi setiap hari adalah bijian utuh seperti beras merah, oat, barley, atau gandum utuh.

2. Sayur dan Buah

sayur bayam
Sayur dan buah adalah sumber vitamin, mineral, serat, dan senyawa-senyawa fitokimia yang dapat bermanfaat untuk kesehatan termasuk untuk diabetesi. Salah satunya, seperti ditunjukkan oleh sebuah penelitian pada jurnal Diabetes Care yang menyimpulkan bahwa konsumsi buah dan sayur berkaitan dengan penurunan risiko stroke pada diabetesi.Selain kaya nutrisi, sayuran juga relatif rendah kandungan kalori dan karbohidratnya sehingga dapat dikonsumsi tanpa rasa khawatir. Beberapa jenis sayur yang dapat menjadi pilihan diabetesi antara lain brokoli, asparagus, terong, bayam, kembang kol, timun, tauge, dan sayuran hijau lainnya.Jangan lupa, pilih cara masak dan penyajian sayur yang lebih baik. Hindari sayur dalam kemasan kaleng yang umumnya tinggi garam dan gula, kurangi penambahan garam saat memasak, serta gunakan minyak yang lebih sehat (seperti minyak zaitun, canola oil, atau corn oil) untuk menumis.Buah dapat menjadi pilihan cemilan sehat yang menyegarkan. Bagi penderita diabetes, disarankan untuk memilih buah segar serta membatasi buah kering, buah kaleng, atau jus buah yang telah ditambahkan gula. Beberapa jenis buah yang dapat menjadi pilihan antara lain buah apel, jeruk, pisang, anggur, dan beri-berian.Berapa banyak buah yang perlu dikonsumsi? Berdasarkan Tumpeng Gizi Seimbang, kita disarankan untuk mengonsumsi 3-4 porsi sayuran dan 2-3 porsi buah setiap harinya. Yang dimaksud 1 porsi sayur berarti 1 gelas sayur rebus yang ditiriskan, sedangkan 1 porsi untuk buah adalah 1 buah ukuran sedang.

Selalu baca label nutrisi

Biasakan untuk membaca label nutrisi pada kemasan makanan dan minuman sebelum beli atau mengonsumsinya. Label nutrisi memberikan informasi mengenai kandungan kalori dan zat gizi pada produk tersebut. Beberapa zat gizi yang penting diperhatikan antara lain kandungan lemak dan garam yang harus dibatasi untuk menjaga kesehatan jantung.Tak kalah penting, kandungan gula pada label gizi juga harus diperhatikan. Untuk membantu Anda membatasi asupan gula harian pilih produk yang rendah atau bebas gula seperti Tropicana Slim.Tropicana Slim memiliki berbagai produk ramah bagi diabetesi seperti Tropicana Slim Sweetener Rose Vanilla, pilihan pemanis dengan rasa yang enak namun tidak mengandung gula atau sukrosa.Tropicana Slim Sweetener menggunakan pemanis rendah kalori yang telah dinyatakan aman oleh berbagai lembaga kesehatan dunia dan tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang signifikan, sehingga cocok untuk Anda yang ingin menikmati rasa manis tanpa khawatir.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehatadv tropicana slim
Diabetes Diet, Eating, & Physical Activity. 2016. National Institute of Health: National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK).American Diabetes AssociationWhole Grains and Diabetes. 2019. Diabetes UK.Intakes of Dietary Fiber, Vegetables, and Fruits and Incidence of Cardiovascular Disease in Japanese Patients With Type 2 Diabetes. 2013. Diabetes Care, 36:3916–3922.Kementrian Kesehatan Republik IndonesiaBenefits and safety of low calorie sweeteners. 2012. The European Food Information Council.Nonnutritive Sweeteners: Current Use and Health Perspectives. 2012. Diabetes Care; 35(8): 1798-1808.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait