Cegah Asma Kambuh dengan 9 Jenis Makanan Untuk Penderita Asma Ini

Beberapa jenis makanan berkaitan dengan peluang kekambuhan penyakit asma
Salmon, bayam, pisang, dan apel adalah beberapa jenis makanan untuk penderita asma yang dianjurkan

Penyakit asma memang tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Meski demikian gejala penyakitnya dapat dikendalikan. Salah satu cara untuk mengendalikan gejala penyakitnya adalah dengan memilah-milah makanan untuk penderita asma.

Tak banyak yang menyadari bahwa pemilihan makanan sangat berkaitan dengan peluang kekambuhan penyakit asma. Salah memilih makanan dapat membuat gejala asma muncul sewaktu-waktu. Lantas, apa saja jenis makanan untuk penderita asma yang boleh dan tidak?

Jenis makanan untuk penderita asma yang boleh dikonsumsi

Memang belum ada hasil penelitian yang menyatakan bahwa ada jenis makanan tertentu memiliki efek untuk mengurangi tingkat kekambuhan atau keparahan serangan asma.

Namun, selektif dalam memilih makanan dapat membantu mengendalikan asma dengan mencegah kekambuhan gejalanya. Berikut adalah jenis makanan untuk penderita asma yang bisa Anda konsumsi.

1. Sumber makanan asam lemak omega 3

Lemak tidak selamanya buruk bagi tubuh. Asalkan Anda cermat dalam memilih jenis makanan yang tepat maka lemak dapat membawa efek positif bagi tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Allergology International, lemak yang berasal dari tumbuhan dan asam lemak omega 3 dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada saluran napas penderita asma. Dengan demikian, risiko kekambuhan gejala asma dapat diminimalisir.

Makanan untuk penderita asma yang bisa Anda dapatkan di antaranya berasal dari minyak zaitun, biji chia, biji rami (flax seed), dan walnut. Sedangkan, lemak sehat yang berasal dari hewan dapat ditemukan pada ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan sarden.

2. Sumber makanan vitamin D

Mencukupi kebutuhan asupan vitamin D dapat membantu mengurangi kekambuhan asma pada anak-anak usia 6-15 tahun. Beberapa sumber makanan vitamin D yang baik bagi penderita asma adalah salmon dan telur.

Jika memiliki alergi susu atau telur, sebaiknya Anda menghindari dua jenis sumber makanan tersebut. Ini karena gejala alergi dapat meningkatkan kekambuhan gejala asma.

3. Sumber makanan vitamin A

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan pada 2018 menunjukkan bahwa anak-anak penderita asma umumnya memiliki kadar vitamin A dalam darah yang rendah dibandingkan dengan anak-anak yang tidak.

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A juga baik bagi penderita asma karena dapat membuat fungsi kerja paru-paru menjadi lebih baik. Jenis sumber makanan vitamin A yang baik adalah ubi, wortel, bayam, kale dan brokoli.

4. Sumber makanan kaya magnesium

Jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita asma lainnya adalah yang kaya akan magnesium. Makanan yang mengandung magnesium dianggap dapat memperbaiki fungsi aliran pernapasan agar tidak tersumbat.

Sumber makanan kaya akan magnesium, yakni bayam, biji labu, salmon, dan dark chocolate.

5. Bayam

Sayuran hijau, seperti bayam, juga masuk dalam daftar makanan untuk penderita asma yang dapat dikonsumsi. Kandungan vitamin B9 (folat) pada bayam dapat membantu mengendalikan asma.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of American Thoracic Society juga menemukan hal yang serupa. Para peneliti dalam penelitian tersebut mengemukakan bahwa anak-anak yang tidak mendapatkan asupan folat dan vitamin D yang cukup delapan kali lebih mungkin untuk mengalami kekambuhan asma.

6. Apel

Apel diketahui dapat membantu meningkatkan fungsi paru dan mengendalikan gejala asma. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Inggris mengungkapkan bahwa penderita asma yang makan apel setiap hari berisiko lebih rendah mengalami serangan asma daripada yang tidak makan apel sama sekali.

Anda bisa mengonsumsi apel secara langsung atau mengolahnya menjadi jus.

7. Pisang

Salah satu gejala asma kerap disertai dengan mengi. Guna mencegah mengi akibat asma, Anda bisa rutin mengonsumsi buah pisang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal menemukan bahwa pisang dapat mengurangi mengi pada anak-anak dengan asma. Manfaat tersebut didapat berkat kandungan kalium dan antioksidannya.

Di samping itu, pisang juga dapat membantu meningkatkan fungsi kerja paru-paru. Tak ayal bila pisang direkomendasikan sebagai makanan untuk penderita asma yang baik dikonsumsi.

8. Buah-buahan beri

Buah-buahan beri juga menjadi jenis makanan untuk penderita asma yang bisa Anda konsumsi. Kandungan serat, vitamin, dan antioksidannya diyakini dapat melawan peradangan akibat gejala asma.

Buah-buahan beri yang dapat dikonsumsi antara lain blueberry, stroberi, ceri, blackberry, raspberry, cranberry, dan bilberry.

9. Jahe

Selain meredakan sakit perut, jahe juga diyakini dapat membantu mengendalikan gejala asma. Menurut hasil studi yang diterbitkan dalam American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology, kandungan zat tertentu dalam jahe dapat mengendurkan saluran pernapasan.

Jahe bisa diolah dengan beragam cara. Anda bisa menambahkan jahe lebih banyak dalam ragam masakan atau dibuat minuman, seperti wedang jahe atau teh jahe.

Jenis makanan yang harus dihindari bagi penderita asma

Beberapa jenis makanan untuk penderita asma yang sebaiknya dikurangi atau dibatasi konsumsinya, meliputi:

1. Makanan yang mengandung sulfit

Sulfit adalah bahan kimia yang banyak ditemukan dalam makanan atau minuman. Kandungan sulfit dalam makanan atau minuman dianggap dapat meningkatkan kekambuhan penyakit asma.

Beberapa contoh minuman dan makanan yang mengandung sulfit adalah acar, udang, buah-buahan kering, jus lemon dalam kemasan, jus anggur dalam kemasan, dan wine.

2. Makanan yang mengandung gas

Makanan yang mengandung gas dapat memberikan tekanan pada diafragma. Alhasil, ini dapat menyebabkan sesak dada dan memicu gejala asma. Terlebih apabila Anda sebelumnya memiliki riwayat penyakit asam lambung tinggi (GERD).

Makanan yang mengandung gas, termasuk kacang-kacangan, kol, bawang putih, bawang bombai, makanan gorengan, hingga minuman bersoda.

3. Makanan cepat saji

Bahan pengawet kimia, perasa, dan pewarna kerap kali ditemukan dalam makanan olahan dan makanan cepat saji. Beberapa orang dengan asma mungkin saja sensitif atau alergi terhadap jenis makanan-makanan tersebut.

4. Makanan pemicu alergi

Orang-orang yang memiliki jenis alergi tertentu berisiko mengalami reaksi alergi mirip asma. Makanan pemicu alergi, yaitu gandum, produk susu, hidangan laut, dan lainnya.

Catatan dari SehatQ

Berbagai jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita asma adalah salah satu cara untuk meringankan dan mencegah kekambuhan gejala asma.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Dengan demikian, dokter akan memberikan rekomendasi makanan untuk penderita asma yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/asthma/asthma-diet

Diakses pada 26 Desember 2019

Web Md. https://www.webmd.com/asthma/ss/slideshow-asthma-and-your-diet

Diakses pada 26 Desember 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/hs/adult-asthma/foods-helps-relieve-asthma-pictures/

Diakses pada 26 Desember 2019

Allergology International. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25572556

Diakses pada 26 Desember 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5839812/

Diakses pada 26 Desember 2019

Annals of American Thoracic Society. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26561879

Diakses pada 26 Desember 2019

Nutrition Journal. https://nutritionj.biomedcentral.com/articles/10.1186/1475-2891-3-5

Diakses pada 26 Desember 2019

European Respiratory Journal. https://erj.ersjournals.com/content/29/6/1161

Diakses pada 26 Desember 2019

American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23962082

Diakses pada 26 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed