8 Jenis Makanan untuk Otak Demi Hasil Kerja yang Tokcer

Makanan untuk otak dapat beragam, mulai dari sayuran hingga buah-buahan
Buah dan sayuran penting dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak

Memenuhi kebutuhan nutrisi tak hanya baik bagi kesehatan tubuh, tetapi sekaligus mencerdaskan otak. Tak perlu pusing mencari makanan untuk otak karena Anda pasti pernah mengonsumsinya.

Beberapa nutrisi yang membantu kecerdasan otak yaitu kolin, senyawa polifenol, vitamin K hingga kafein. Nutrisi tersebut tersebar dalam sejumlah makanan sehat. Apa saja?

8 Makanan untuk otak cerdas, demi hasil kerja yang tangkas

Berikut ini makanan untuk otak yang bisa Anda konsumsi agar dapat berpikir dengan cerdas:

1. Sayur brokoli

Sayur brokoli kaya dengan vitamin K. Beberapa studi menemukan, konsumsi vitamin K berkaitan dengan meningkatnya daya ingat otak. Vitamin ini juga membantu pembentukan sphingolipids, jenis lemak yang penting untuk perkembangan otak.

Tak hanya vitamin K, sayur brokoli juga kaya dengan molekul antioksidan dan zat yang melindungi dari peradangan. Zat antiradang dan antioksidan ini dipercaya ahli membantu mencegah kerusakan otak.

2. Kopi

Dua komponen kopi, kafein dan molekul antioksidan, dapat membantu perkembangan otak. Selain itu, dengan menyeruput secangkir kopi di pagi hari, otak akan lebih terjaga karena dapat menghambat adenosin, senyawa kimiawi otak yang membuat Anda mengantuk.

Tak sampai di sini saja, kopi juga dapat membantu meningkatkan kadar serotonin, senyawa kimiawi yang membuat mood menjadi lebih baik. Studi pun menunjukkan, kopi meningkatkan konsentrasi orang yang rutin menyesapnya di pagi hari.

3. Ikan berlemak sehat

Ikan berlemak sehat boleh jadi makanan untuk otak yang paling disarankan. Omega-3 merupakan nutrisi kunci yang dapat membantu meningkatkan perkembangan organ tersebut karena digunakan tubuh untuk membangun sel saraf dan sel otak.

Beberapa contoh ikan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu perkembangan otak yaitu sarden, kembung, kerapu, salmon, makarel, herring, dan tuna.

4. Buah jeruk

Buah yang populer ini merupakan salah satu sumber vitamin C, vitamin yang membantu mencegah penurunan kesehatan mental, serta melindungi diri dari penyakit Alzheimer.

Vitamin C juga menjadi salah satu molekul antioksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel otak.

Selain buah jeruk, vitamin C juga terkandung dalam paprika, jambu biji, kiwi, tomat, dan stroberi.

5. Telur

Telur menjadi salah satu makanan untuk otak yang sangat mudah ditemukan. Makanan ini mengandung beberapa nutrisi penting, seperti vitamin B6 (piridoksin), vitamin B12 (kobalamin), vitamin B9 (folat), dan kolin.

Kolin merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk memproduksi asetilkolin, neurotransmitter yang berperan dalam pengendalian mood dan daya ingat. Studi terkait kolin menemukan, kadar nutrisi ini yang cukup dikaitkan dengan fungsi mental dan daya ingat yang baik.

Kolin sebagian besar terkonsentrasi pada kuning telur, sehingga sangat sayang jika Anda melewatkan bagian tersebut.

6. Teh hijau

Sama seperti kopi, teh hijau juga mengandung kafein yang membantu meningkatkan konsentrasi, di samping juga membuat Anda lebih terjaga, performa kerja, daya ingat, dan daya fokus.

Selain kafein, teh hijau juga menjadi sumber L-theanine, sejenis asam yang dapat melewati pembatas darah dan otak serta meningkatkan performa neurotransmitter GABA. GABA merupakan senyawa kimiawi tubuh yang membantu mengurangi rasa cemas dan membantu diri lebih rileks.

Manfaat lain dari minuman untuk otak ini yaitu molekul antioksidannya, termasuk polifenol. Keduanya diyakini ahli dapat membantu mencegah penurunan kognitif dan mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

7. Produk kedelai

Kedelai dan olahannya juga menjadi makanan untuk otak yang sangat mudah dicari. Produk kedelai kaya dengan polifenol, molekul antioksidan. Polifenol dapat menurunkan risiko demensia dan meningkatkan kemampuan kognitif.

8. Berries

Buah-buahan berry juga mengandung polifenol, molekul antioksidan yang dikenal bermanfaat untuk otak. Beberapa manfaat buah-buah berry untuk otak, termasuk:

  • Meningkatkan komunikasi antar sel-sel otak
  • Mengurangi peradangan di tubuh
  • Meningkatkan plastisitas otak, yaitu kemampuan sel-sel otak untuk membentuk koneksi baru, serta meningkatkan daya belajar dan daya ingat
  • Mengurangi risiko atau menunda penyarkit neurodegeneratif terkait usia, serta mencegah penurunan kognitif

Beberapa contoh buah berry yang bisa Anda jadikan camilan sehat, yaitu stroberi, blackberry, blueberry, dan blackcurrants.

Pentingkah mengonsumsi suplemen untuk kecerdasan otak?

Konsumsi suplemen untuk mencukupi nutrisi otak, seperti suplemen vitamin B, suplemen vitamin E, suplemen beta-karoten, atau suplemen magnesium, boleh dilakukan apabila Anda mengalami defisiensi nutrisi di atas atau zat penting lainnya.

Asupan nutrisi otak paling baik didapatkan dari makanan sehat. Apabila kebutuhan zat gizi tersebut sudah cukup dan Anda tidak mengalami defisiensi, potensi suplemen untuk meningkatkan performa otak pun sebenarnya kecil.

Di samping mengonsumsi makanan sehat di atas dan makanan bervariasi lain, Anda juga disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat tersebut termasuk tidur yang cukup, makan yang bernutrisi, senantiasa terhidrasi, dan berolahraga teratur. Menerapkan yoga dan meditasi untuk mengendalikan stres juga bisa dilakukan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-brain-foods
Diakses pada 9 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324044.php
Diakses pada 9 Desember 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5451547
Diakses pada 9 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed