11 Makanan untuk Mengecilkan Perut yang Bisa Anda Coba

(0)
22 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan untuk mengecilkan perut sangat beragam, mulai dari oatmeal hingga chia seeds.Makanan untuk mengecilkan perut tidak hanya lezat, namun juga bernutrisi tinggi.
Makanan untuk mengecilkan perut sangatlah beragam. Selain bisa bantu turunkan berat badan, berbagai makanan ini juga mengandung nutrisi penting yang menyehatkan.Namun ingat, makanan untuk mengecilkan perut ini bukanlah "pil ajaib" yang dapat menurunkan berat badan dalam waktu satu malam. Sebab, masih dibutuhkan pola hidup sehat lainnya untuk bisa meraih berat badan ideal.

Makanan untuk mengecilkan perut

Berbagai penelitian telah membuktikan, makanan untuk mengecilkan perut ini dapat mengurangi nafsu makan berlebih sehingga memudahkan Anda untuk meraih berat badan ideal.

1. Telur

Siapa di sini yang suka makan telur untuk sarapan? Berbahagialah, sebab telur termasuk dalam makanan untuk mengecilkan perut yang ampuh.Dalam sebuah riset yang diikuti 21 partisipan pria, dibuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi telur akan merasa lebih kenyang selama 3 jam setelah sarapan. Tidak hanya itu, porsi makan mereka selama 24 jam ke depan pun berkurang secara signifikan.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam hingga kale, dipercaya mampu menurunkan berat badan karena rendah kalori dan karbohidrat.Selain itu, sayuran berdaun hijau juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti kalsium, yang terbukti dapat membakar lemak di dalam tubuh.

3. Oatmeal

Makanan untuk mengecilkan perut selanjutnya adalah oatmeal. Dalam sebuah studi, partisipan yang mengonsumsi oatmeal merasa lebih kenyang dan terhindar dari rasa lapar berlebihan, dibandingkan mengonsumsi sereal.Oatmeal mengandung lebih banyak protein dan serat dibanding sereal. Kandungan gula dari makanan ini pun lebih sedikit dibanding sereal. Faktor-faktor inilah yang kemudian dapat membantu Anda mengecilkan perut.Oatmeal juga mengandung sebuah serat bernama beta-glucan yang menjadikannya sebagai makanan pengecil perut yang ampuh.

4. Ikan salmon

Makanan untuk mengecilkan perut tidak hanya sehat tapi juga lezat
Ikan salmon termasuk dalam makanan untuk mengecilkan perut
Kunci dari menurunkan berat badan selain berolahraga adalah mengonsumsi makanan sehat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ikan salmon adalah salah satunya karena ikan ini mengandung protein tinggi, lemak sehat, dan nutrisi penting lainnya.Ditambah lagi, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3, yang terbukti dapat mengurangi peradangan sehingga obesitas tidak akan datang.

5. Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous, seperti brokoli, kembang kol, dan kol, memiliki protein tinggi dan serat melimpah. Kedua nutrisi ini diperlukan untuk meraih rasa kenyang yang berkualitas.Meskipun kadar proteinnya tak setinggi daging sapi atau ayam, sayuran cruciferous tetap menjadi sayuran dengan protein paling tinggi.Kombinasi protein dan serat yang tinggi menjadikan sayuran jenis ini sebagai makanan untuk mengecilkan badan yang ampuh.

6. Kentang rebus

Satiety Index merupakan skala yang mengukur seberapa mengenyangkan sebuah makanan. Dalam sebuah riset mengenai skala tersebut, kentang rebus keluar sebagai juaranya.Mengonsumsi kentang rebus dipercaya mampu membuat Anda merasa kenyang secara alami sehingga makan berlebih pun dapat dihindari. Ditambah lagi, kentang rebus juga mengandung kalium untuk mengontrol kadar gula dalam darah.Sebelum mengonsumsi kentang rebus, biarkan suhunya turun terlebih dahulu. Dengan begitu, kentang rebus akan memproduksi serat yang dipercaya bisa menurunkan berat badan.

7. Ikan tuna

Ikan tuna adalah ikan rendah kalori yang tinggi akan protein. Lebih dari itu, ikan ini juga rendah lemak. Jadi, tak mengherankan jika ikan tuna digolongkan sebagai makanan untuk mengecilkan perut.Perlu diketahui, ikan tuna juga sering dikonsumsi oleh binaragawan yang ingin mengurangi lemak di dalam tubuhnya. Sebab, ikan tuna dapat meningkatkan kadar protein di dalam tubuh, tetapi kestabilan lemak dan kalori tetap terjaga.

8. Keju cottage

Produk olahan susu cenderung mengandung protein tinggi, salah satunya keju cottage. Jenis keju ini juga tidak mengandung kalori dan lemak tinggi.Mengonsumsi keju cottage dapat meningkatkan kadar protein di dalam tubuh sehingga Anda dapat merasa kenyang lebih lama. Meski begitu, kadar kalori di dalam tubuh tetap terjaga.Keju cottage juga mengandung kalsium yang dapat membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

9. Alpukat

Makanan untuk mengecilkan perut mengandung nutrisi tinggi
Alpukat, si lezat yang mampu menurunkan berat badan
Sebuah riset membuktikan bahwa partisipan yang mengonsumsi alpukat mampu menurunkan berat badannya secara signifikan dan memiliki indeks massa tubuh yang lebih kecil, dibandingkan mereka yang tak mengonsumsi buah ini.Dalam riset itu juga dijelaskan, orang yang suka makan alpukat cenderung mengonsumsi buah dan sayuran lebih banyak. Tak heran kalau berat badan mereka bisa turun signifikan.

10. Jeruk bali merah (grapefruit)

Kehebatan jeruk bali merah (grapefruit) sebagai makanan untuk mengecilkan perut telah diteliti secara langsung.Dalam penelitian selama 12 minggu, 91 pasien obesitas mengalami penurunan berat badan sebanyak 1,6 kilogram setelah mengonsumsi setengah jeruk bali merah sebelum makan.

11. Biji chia

Chia seeds atau biji chia adalah salah satu makanan paling berprotein di dunia. Makanan untuk mengecilkan perut ini dalam 28 gram biji chia mengandung 12 gram karbohidrat (11 gram-nya merupakan serat).Berbagai studi membuktikan bahwa biji chia dapat menurunkan nafsu makan sehingga mencegah Anda makan berlebih.

Catatan dari SehatQ:

Bersama dengan olahraga teratur dan pola hidup sehat, makanan untuk mengecilkan perut di atas tentu akan mempermudah Anda untuk meraih berat badan ideal.Jangan anggap bahwa makanan untuk mengecilkan perut di atas akan membuahkan hasil maksimal tanpa olahraga karena aktif secara fisik tetap dibutuhkan untuk mendapatkan berat badan yang Anda inginkan.
makanan sehatberat badan idealhidup sehatbuah dan sayuran
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320613
Diakses pada 8 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/20-most-weight-loss-friendly-foods#section2
Diakses pada 8 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait