Makanan untuk Mengatasi Sakit Kepala Saat Haid dan Pantangannya


Makanan untuk mengatasi sakit kepala haid adalah sayuran hijau, jamur, wortel, ikan salmon, dan dark chocolate. Sedangkan yang perlu dihindari adalah kopi, alkohol, dan susu hingga telur.

(0)
10 Jun 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan untuk mengatasi sakit kepala haid salah satunya sayuran hijauMakanan untuk mengatasi sakit kepala haid adalah sayuran hijau
Sakit kepala adalah salah satu gejala yang sering muncul saat mensturasi. Hal ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron selama haid berlangsung.Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan untuk mengatasi sakit kepala saat haid yang dapat Anda konsumsi. Selain itu, Anda juga perlu menghindari makanan yang bisa memperparah kondisi tersebut.Sakit kepala saat haid juga bisa diredakan dengan konsumsi obat, pil KB, hingga terapi hormon. Dokter akan menyarankan langkah yang paling tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Makanan untuk mengatasi sakit kepala haid

Beberapa makanan berikut ini dapat membantu mengurangi sakit kepala haid.
Makanan untuk mengatasi sakit kepala saat haid salah satunya brokoli
Sayuran hijau mengandung magnesium yang bisa redakan sakit kepala saat haid

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau didapuk sebagai salah satu makanan untuk mengatasi sakit kepala haid karena mengandung magnesium. Mineral tersebut sudah dikenal bisa membantu mengurangi gejala menstruasi, termasuk sakit kepala.Magnesium juga dikenal sebagai mineral relaksasi, sehingga baik untuk meredakan kram mensturasi.

2. Jamur

Jamur mengandung vitamin B2 atau riboflavin yang dapat mengurangi frekuensi terjadinya migrain. Selain jamur, makanan yang bisa menjadi sumber vitamin B2 antara lain daging merah, dan salmon.

3. Wortel

Salah satu cara mengurangi sakit kepala saat menstruasi adalah dengan mengatur kadar estrogen di tubuh. Salah satu makanan yang baik untuk menjaga keseimbangan estrogen adalah wortel.Selain wortel, makanan lain seperti wijen dan ginseng juga bisa memberikan manfaat yang sama.
Ikan Salmon adalah makanan untuk redakan sakit kepala saat haid
Salmon bisa bantu redakan sakit kepala saat haid

4. Ikan salmon

Sakit kepala haid bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron di tubuh. Oleh karena itu selain mengonsumsi makanan yang baik untuk kadar estrogen, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang bisa menjaga keseimbangan kadar progesteron, seperti ikan salmon.Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi ikan berlemak lainnya, seperti ikan sarden dan makarel.

5. Dark chocolate

Dark chocolate mengandung zat besi dan magnesium yang sangat baik untuk dikonsumsi selama menstruasi. Magnesium sendiri dipercaya bisa mengurangi keparahan gejala haid.Wanita yang kekurangan magnesium dinilai lebih berisiko mengalami gejala menstruasi yang parah.

Makanan dan minuman yang perlu dibatasi saat sedang sakit kepala haid

Kopi bisa memperparah sakit kepala haid
Kopi bisa memperparah sakit kepala haid
Agar sakit kepala maupun migrain yang Anda rasakan saat haid tidak bertambah parah, hindari beberapa bahan makanan maupun minuman di bawah ini.

• Kopi

Kopi mengandung kafein yang bisa menyebabkan beberapa gejala mensturasi mulai dari kembung hingga sakit kepala. Selain itu, kopi juga bisa memicu masalah pencernaan. Jadi jika Anda yang sering mengalami diare ketika sedang haid, sebaiknya hindari juga bahan ini.

• Alkohol

Alkohol bisa memicu dehidrasi yang akan memperparah sakit kepala dan menyebabkan kembung. Tak hanya itu, konsumsi alkhol saat haid juga akan menyebabkan masalah pencernaan seperti mual dan muntah.

• Susu dan telur

Susu dan telur mengandung glutamate yang merupakan salah satu zat pemicu migrain. Dalam kondisi normal, glutamate yang ada di tubuh akan disingkirkan oleh bantuan hormon estrogen dan progesteron. Namun selama menstruasi, kadar kedua hormon ini tidak seimbang, sehingga penumpukan glutamat bisa saja terjadi.Meski begitu, bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh mengonsumsinya. Hanya saja, konsumsilah dalam jumlah yang wajar.

Perawatan sakit kepala haid lainnya

Banyak minum air putih bisa redakan sakit kepala saat haid
Banyak minum air putih bisa redakan gejala haid
Selain mengonsumsi makanan dan menghindari pantangan, ada beberapa langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakti kepala selama haid, seperti:

• Banyak minum air putih

Minum banyak air putih sangat penting dilakukan selama masa menstruasi karena dehidrasi akan membuat sakit kepala saat haid semakin parah. Mengonsumsi air putih juga akan membantu mengurangi rasa begah yang kerap muncul selama haid.

• Istirahat yang cukup dan hindari stres

Sakit kepala saat haid juga bisa diperparah dengan kurangnya istirahat, sehingga Anda perlu tidur yang cukup. Namun di sisi lain, Anda juga tidak disarankan untuk tidur terlalu lama karena itu juga akan membuat sakit kepala.Anda juga disarankan untuk melakukan langkah-langkah untuk meredakan stres, seperti yoga, meditasi, atau olahraga.

• Konsumsi obat-obatan

Jika perawatan yang dilakukan di rumah tidak juga bisa meredakan sakit kepala saat haid, maka sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter.Dokter mungkin akan meresepkan beberapa obat seperi perada sakit kepala maupun antimigrain. Jenis obat yang biasanya diresepkan antara lain triptan dan asam mefenamat.Pada beberapa orang, konsumsi pil KB juga bisa memperparah migrain yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Jadi, dokter mungkin akan mengganti pola konsumsi pil KB Anda untuk sementara waktu.Sakit kepala saat haid adalah gejala yang umum muncul selain kram atau diare. Pada beberapa orang, kondisi ini tidak parah dan bisa hilang dengan sendirinya atau setelah melakukan beberapa pengobatan mandiri, seperti mengonsumsi makanan-makanan tertentu.Namun pada beberapa orang lainnya, sakit kepala yang dialami bisa sangat parah hingga butuh penanganan lebih lanjut dari dokter.Apabila Anda masih punya pertanyaan seputar makanan untuk mengatasi sakit kepala haid maupun langkah pengobatan lainnya, konsultasikan langsung dengan dokter lewat fitur Chat Dokter di Aplikasi SehatQ.
haidmenstruasikram menstruasigangguan menstruasi
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/hormone-headaches/
Diakses pada 2 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/what-to-eat-during-period
Diakses pada 2 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/migraine/what-to-eat-when-you-have-a-migraine
Diakses pada 2 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/headache/headache-during-period
Diakses pada 2 Juni 2021
Health Central. https://www.healthcentral.com/slideshow/tips-to-prevent-menstrual-migraines
Diakses pada 2 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait