8 Makanan untuk Mendapatkan Anak Kembar, Apakah Ampuh?


Makanan untuk mendapatkan anak kembar, memangnya ada? Sebelum Anda berasumsi, kenali dulu penjelasan ilmiah beserta penelitiannya ini!

(0)
26 Aug 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan untuk mendapatkan anak kembar tak selamanya benar!Makanan untuk mendapatkan anak kembar sangat beragam, salah satunya ubi.
Makanan untuk mendapatkan anak kembar terkadang dianggap mitos belaka. Namun ada juga yang percaya bahwa makanan untuk mendapatkan anak kembar benar adanya.Sebelum berasumsi lebih jauh mengenai makanan untuk mendapatkan anak kembar, para ibu hamil yang sedang mengidam-idamkan anak kembar disarankan untuk memahami penjelasan ilmiah beserta penelitiannya dulu berikut ini.

Makanan untuk mendapatkan anak kembar

Anak kembar
Apakah makanan dapat berpengaruh pada hamilnya anak kembar?
 Sebuah riset menyatakan, asupan makanan bisa meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar hingga lima kali lipat! Sayangnya, penelitian itu belum diperbaharui, sehingga kebenaran terkait makanan supaya hamil kembar masih perlu diteliti lagi.Meski begitu, ada beberapa sumber makanan yang dipercaya bisa meningkatkan kemungkinan hamil kembar. Kalau tidak percaya, pahami penjelasannya ini.

1. Produk susu

Suatu riset menyatakan ibu hamil yang makan atau minum lebih banyak produk susu, memiliki kesempatan memiliki anak kembar yang lebih besar sebanyak lima kali lipat, dibandingkan wanita hamil yang jarang mengonsumsinya.Sebab, makanan untuk mendapatkan anak kembar berupa produk susu, terutama susu sapi dapat “memacu” protein bernama insulin-like growth factor. Tidak hanya itu, produk susu juga bisa membuat indung telur atau ovarium wanita memproduksi lebih banyak sel telur.Karena hal inilah, kemungkinan memiliki anak kembar dianggap lebih besar. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan kebenarannya.

2. Ubi

Para peneliti menemukan, masyarakat dari suku Yoruba di Nigeria, memiliki angka kelahiran anak kembar yang sangat tinggi. Setelah mereka mencari tahu, ternyata masyarakat di sana sangat gemar memakan ubi.Lantas, apakah makan ubi bisa membuat hamil anak kembar?Perlu diketahui, ubi adalah sumber progesteron dan fitoestrogen dengan kadar tinggi. Hal ini dipercaya dapat menyebabkan hiperovulasi.Itulah sebabnya para peneliti percaya, ubi bisa meningkatkan potensi kehamilan anak kembar.Dalam riset lainnya, para peneliti juga menemukan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam makanan untuk mendapatkan anak kembar ini dapat membantu hormon yang membantu tubuh memproduksi lebih dari satu sel telur.

3. Tapioka

Tapioka atau tepung yang diambil dari umbi singkong, termasuk dalam daftar makanan untuk mendapatkan anak kembar. Para peneliti percaya, mengonsumsi tapioka akan membuat wanita melepaskan lebih dari satu sel telur saat ovulasi terjadi. Belum ada penelitian lebih lanjut mengenai tapioka dan hubungannya dengan anak kembar. Maka dari itu, Anda sebaiknya tidak serta-merta mempercayainya.

4. Makanan yang mengandung asam folat

Asam folat dipercaya dapat meningkatkan kesempatan wanita untuk bisa hamil. Namun tahukah Anda kalau asam folat juga dipercaya sebagai makanan untuk mendapatkan anak kembar?Para peneliti menyatakan, mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat secara rutin, dapat meningkatkan angka kelahiran anak kembar. Jenis makanan untuk promil bayi kembar yang mengandung asam folat, bisa ditemukan pada alpukat, bayam, brokoli, dan asparagus. Namun ingat, bagi Anda yang “tergiur” dengan klaim ini, berkonsultasilah dulu pada dokter!

5. Akar maca

Akar maca atau ginseng peru, juga dipercaya bisa meningkatkan peluang untuk hamil anak kembar. Biasanya, akar maca dikonsumsi oleh pasangan yang kesulitan mendapatkan momongan.Namun ternyata, akar maca juga diklaim bisa meningkatkan kemungkinan untuk hamil anak kembar. Lagi-lagi, jangan asal percaya. Sebab, belum ada penelitian yang membuktikan hubungan antara akar maca dengan kehamilan anak kembar.

6. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran, dianggap sebagai makanan untuk promil bayi kembar.Sama seperti akar maca, belum ada penelitian yang mendukung klaim ini. Namun yang jelas, makanan untuk program bayi kembar berupa karbohidrat kompleks dipercaya bisa mencegah cacar lahir pada bayi.

7. Nanas

Di dalam buah nanas, terdapat “jantung” atau inti yang dapat dikonsumsi. Jantung ini mengandung bromelain, protein yang dipercaya dapat meningkatkan proses ovulasi dan fertilisasi.Namun belum ada penelitian yang bisa membuktikan kemampuan nanas berpotensi menjadi makanan untuk promil bayi kembar.

8. Singkong

Serupa dengan ubi, singkong juga membuat ibu melepaskan lebih dari satu sel telur atau hiperovulasi.Hal ini bisa terjadi karena adanya zat diosgenin. Jadi, senyawa ini diproses tubuh dan diubah ke dalam bentuk estrogen dan progesteron, yang berguna untuk merangsang hiperovulasi.
Namun, ingin punya anak kembar banyak makan singkong belum diteliti lebih lanjut. Meski ada kemungkinannya, masih belum jelas berapa takaran yang diperlukan dalam sehari.

Faktor yang meningkatkan peluang hamil anak kembar

Anak kembar
Makanan untuk mendapatkan anak kembar, tak selamanya benar
Sebenarnya, Anda tidak hanya mengandalkan makanan untuk promil bayi kembar. Terdapat beberapa faktor yang dapat memperbesar peluang Anda untuk memiliki anak kembar. Faktor itu meliputi:

1. Riwayat keluarga

Jika Anda ataupun suami memiliki anggota keluarga yang pernah hamil anak kembar, maka peluang untuk memiliki anak kembar juga besar.Terlebih lagi jika pasangan wanita memiliki anggota keluarga yang pernah hamil anak kembar. Sebab, genetik dari anggota keluarga itu bisa diturunkan, sehingga mempermudah tubuh wanita memproduksi lebih dari satu sel telur dalam satu waktu.Menurut sebuah penelitian, satu dari 60 wanita yang memiliki saudara kembar fraternal, berpeluang mengandung bayi kembar. Sementara itu, satu dari 125 pria dengan saudara kembar fraternal, memiliki peluang menjadi ayah dari anak kembar.Meski demikian, bisakah hamil anak kembar meskipun tidak ada keturunan kembar?Rupanya, meski memiliki saudara kembar di dalam keluarga mampu meningkatkan peluang hamil kembar, rupanya faktor keturunan ini tidak sepenuhnya mutlak.

2. Etnis

Beberapa riset juga membuktikan bahwa etnis tertentu memiliki peluang yang lebih besar untuk hamil anak kembar.Misalnya, wanita African-American dan berkulit putih (non-Hispanik) memiliki peluang yang lebih besar untuk hamil anak kembar, dibandingkan wanita Hispanik.Perlu diketahui, dari seluruh masyarakat di dunia, wanita Nigerialah yang paling sering hamil anak kembar. Sementara itu, wanita dari Jepang memiliki peluang yang sangat sedikit.

Catatan dari SehatQ

Sebelum mencoba berbagai makanan untuk mendapatkan anak kembar, ingatlah bahwa tidak ada penelitian ilmiah yang cukup membuktikan efektivitas maupun kebenarannya. Ditambah lagi, perubahan pola makan dapat memengaruhi kehamilan Anda.Maka dari itu, Anda disarankan untuk berkonsultasi dulu pada dokter kandungan dan dokter gizi atau ahli gizi sebelum mencoba berbagai makanan untuk mendapatkan anak kembar di atas.Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait program kehamilan bayi kembar maupun cara cepat hamil secara umum, konsultasikan melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang.
merencanakan kehamilankehamilan bayi kembarnutrisi ibu hamilhamilkehamilanmakanan untuk hamilibu hamil
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/chances-of-having-twins
Diakses pada 12 Agustus 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/7-foods-that-increase-your-chances-of-conceiving-twins/
Diakses pada 12 Agustus 2020
The Journal of Reproductive Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16779988/
Diakses pada 27 April 2021
International Journal of Women's Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3379861/
Diakses pada 27 April 2021
American Society for Reproductive Medicine. https://www.asrm.org/BOOKLET_Multiple_Pregnancy_and_Birth/
Diakses pada 27 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait