7 Makanan untuk Mencegah Kanker Serviks yang Alami


Makanan pencegah kanker serviks adalah sayur dan buah seperti apel, brokoli, bayam, hingga jeruk. Susu dan produk olahannya juga dapat menurunkan risiko munculnya infeksi penyebab penyakit ini.

(0)
27 Mar 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan pencegah kanker serviks antara lain apel, wortel, brokoli, ayam, hingga jeruk.Makanan pencegah kanker serviks antara lain apel dan wortel
Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada bagian leher rahim, yaitu bagian organ reproduksi wanita yang menghubungkan rahim dengan vagina. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV).Hingga saat ini, belum banyak ahli yang menyebutkan bahwa ada makanan tertentu yang bisa memicu kanker serviks. Perilaku seks berisiko, gangguan sistem imun, dan kebiasaan merokok adalah beberapa hal yang sudah terbukti meningkatkan risiko munculnya kanker jenis ini.Namun sebaliknya, beberapa makanan sudah terbukti bisa membantu membantu mencegah terjadinya kanker serviks.

Makanan untuk mencegah kanker serviks

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dianggap bisa membantu menurunkan risiko seorang wanita terkena kanker serviks.
Apel adalah makanan untuk mencegah kanker serviks
Apel bisa membantu mencegah kanker serviks

1. Apel

Apel adalah buah dengan kandungan flavonoid, yaitu antioksidan yang sering ada di dalam buah dan sayur dan dianggap efektif untuk mencegah kanker. Selain apel, makanan lain yang juga kaya flavonoid antara lain bawang putih dan bayam.

2. Alpukat

Alpukat mengandung folat yang dapat menurunkan risiko munculnya kanker serviks. Selain alpukat, makanan lain yang kaya akan kandungan zat ini antara lain strawberry dan kacang-kacangan.

3. Wortel

Carotenoid sebagai salah satu bahan baku pembuat vitamin A, bisa membantu mencegah terjadinya kanker serviks dan wortel merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan zat tersebut.
Susu dan keju bisa mencegah kanker serviks
Susu dan keju bisa bantu cegah kanker serviks

4. Susu dan produk olahannya

Mengutip Kementerian Kesehatan RI, susu dan produk olahannya seperti keju dan yogurt dianggap bisa menjadi salah satu makanan pencegah kanker serviks.Sebab, kandungan kalsum yang ada di dalamnya berpotensi meningkatkan kekebalan dan melindungi tubuh dari infeksi.

5. Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya vitamin C dan memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah serta mengambat pertumbuhan sel kanker di leher rahim.Kedua kandungan ini juga dapat mencegah tubuh menerima paparan radikal bebas berlebih yang akan meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai penyakit berbahaya, mulai dari kanker hingga jantung dan diabetes.
Brokoli adalah makanan untuk mencegah kanker serviks
Brokoli bisa menurunkan zat pemicu gangguan sel penyebab kanker serviks

6. Brokoli

Brokoli kaya akan kandungan vitamin B dan folat yang dapat menurunkan homosistein, sebagai zat pemicu pertumbuhan sel tidak normal pada leher rahim. Pertumbuhan sel abnormal ini berisiko menjadi kanker.

7. Tomat

Tomat didapuk sebagai salah satu makanan untuk menurunkan risiko kanker serviks karena mengandung polifenol dan flavonoid yang dipercaya dapat mencegah kanker dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di area tersebut.Baca Juga: Mengenal Gejala Kanker Serviks Sebelum Terlambat

Cara lain untuk mencegah kanker serviks

Selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat, pencegahan kanker serviks juga dapat dilakukan dengan cara-cara di bawah ini.

• Rutin melakukan pemeriksaan serviks

Melakukan pemeriksaan serviks secara rutin akan membantu mendeteksi dini kelainan pada sel serviks yang mengarah pada kanker. Dengan begitu, dokter bisa melakukan perawatan sebelum kondisi tersebut berubah menjadi kanker.Wanita yang berusia 25-49 tahun disarankan untuk menjalani pemeriksaan serviks secara berkala setiap tiga tahun sekali. Sementara itu, untuk wanita berusia 50-64 tahun, pemeriksaan bisa dilakukan setiap lima tahun sekali.

• Mendapatkan vaksin HPV

Imunisasi HPV bisa membantu mencegah infeksi virus ini yang merupakan salah satu penyebab umum kanker serviks. Selain kanker, virus ini juga dapat memicu penyakit menular seksual seperti kutil kelamin.

• Hindari merokok

Pada orang dengan daya tahan tubuh yang baik, risiko infeksi HPV bisa lebih rendah. Hal ini lah yang sulit tercapai oleh para perokok. Infeksi HPV yang berkepanjangan tanpa perawatan yang tepat berisiko berkembang menjadi kanker serviks.

• Tidak melakukan hubungan seks berisiko

HPV bisa menyebar melalui aktivitas seksual berisiko seperti berhubungan intim tanpa alat kontrasepsi atau sering bergonta-ganti pasangan. Virus ini tidak hanya bisa berpindah lewat pentrasi penis ke vagina, melainkan juga melalui seks oral, anal, dan penggunaan sex toys.Dengan menghindari hubungan seks berisiko, maka risiko Anda terkena kanker serviks akibat infeksi HPV pun bisa berkurang.Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum diderita oleh wanita Indonesia. Oleh karena itu, Anda perlu lebih waspada untuk menghindari penyakit ini. Salah satunya, dengan mengetahui langkah-langkah penceghannya seperti di atas.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang cara mencegah kanker serviks ataupun pengobatannya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit rahimkanker serviksorgan intim wanita
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cervical-cancer/symptoms-causes/syc-20352501
Diakses pada 12 Maret 2021
Kementerian Kesehatan RI. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/artikel-sehat/makanan-super-pencegah-kanker-serviks
Diakses pada 12 Maret 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/cervical-cancer/prevention.aspx
Diakses pada 12 Maret 2021
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/cervical-cancer/prevention/
Diakses pada 12 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait