Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan TBC, Apa Saja?

Selain obat, penderita TBC juga dapat mengonsumsi makanan untuk mempercepat penyembuhan TBC seperti sayuran berwarna
Mengonsumsi sayuran berwarna seperti tomat, paprika, wortel akan membantu mempercepat pemulihan penderita TBC

Proses penyembuhan TBC adalah jalan panjang yang memerlukan komitmen, sebut saja konsumsi obat anti tuberkulosis (OAT) sepanjang tahun. Selain dengan pengobatan, ada beberapa makanan untuk mempercepat penyembuhan TBC. Asupan nutrisi yang tepat dapat membuat tubuh lebih bugar.

Begitu pentingnya menjaga asupan makanan, bahkan orang-orang yang kurang berat badan atau kurang nutrisi lebih rentan mengalami infeksi TBC berulang.

Alasannya, ketika tubuh kurang nutrisi maka kekebalan tubuh menurun. Padahal, tubuh harus berada dalam kondisi sekuat mungkin untuk melawan bakteri penyebab TBC.

Makanan untuk mempercepat penyembuhan TBC

Untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang diperlukan, berikut beberapa makanan untuk mempercepat penyembuhan TBC:

Sayuran hijau seperti pok choy bisa jadi makanan untuk mempercepat penyembuhan TBC
Sayuran hijau mengandung zat besi dan vitamin B yang dibutuhkan dalam masa pemulihan TBC
  • Sayuran hijau

Jenis sayuran dengan warna daun hijau gelap seperti kale dan bayam sangat direkomendasikan sebagai makanan untuk mempercepat penyembuhan TBC. Sayuran hijau ini mengandung zat besi dan vitamin B yang sangat tinggi. Keduanya adalah nutrisi yang diperlukan tubuh dalam masa pemulihan.

  • Sayuran berwarna warni

Tak hanya sayuran hijau saja, sayuran dengan warna-warni lainnya terutama yang berwarna terang juga baik sebagai makanan untuk mempercepat penyembuhan TBC. Sebisa mungkin, perbanyak konsumsi sayuran berwarna terang seperti wortel, paprika, atau labu.

  • Buah-buahan

Tentunya buah-buahan mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh yang sedang dalam masa pemulihan akibat TBC. Pilih buah-buahan dengan warna berbeda-beda seperti tomat, blueberry, atau cherry sebagai asupan sehari-hari. 

Roti gandum merupakan makanan untuk mempercepat penyembuhan TBC
Utamakan karbohidrat kompleks seperti roti gandum
  • Gandum utuh

Ada banyak pilihan makanan berbahan dasar gandum utuh seperti pasta, roti, dan sereal yang bisa menjadi makanan untuk mempercepat penyembuhan TBC. Sebaiknya, hindari karbohidrat sederhana dan utamakan karbohidrat kompleks untuk asupan sehari-hari.

  • Lemak tak jenuh

Jenis lemak tak jenuh juga bagus sebagai alternatif makanan untuk mempercepat penyembuhan TBC. Untuk mudahnya, ganti butter dengan lemak tak jenuh seperti minyak zaitun atau minyak sayur. Jenis lemak tak jenuh ini bisa digunakan untuk mengolah masakan atau dressing salad.

  • Makanan kaya protein

Bagi orang yang sedang menjalani proses penyembuhan TBC, tingkatkan asupan protein dengan mengonsumsi sumber protein tinggi. Tahu, telur, atau protein berbahan kedelai juga mudah diserap tubuh. Jenis protein ini mudah diserap tubuh. Mengolahnya pun bisa dengan memotongnya jadi kecil-kecil.

  • Vitamin

Sumber vitamin utamanya vitamin A, E, dan C juga merupakan makanan untuk mempercepat penyembuhan TBC. Contoh sumber vitamin A yang mudah ditemukan adalah buah dan sayuran berwarna kuning atau oranye seperti jeruk, mangga, pepaya, labu, dan wortel.

Sementara untuk vitamin C bisa diperoleh dari buah-buahan segar seperti jambu, jeruk, tomat, lemon, atau paprika. Untuk vitamin E, konsumsinya bisa dari kacang-kacangan, biji-bijian, atau minyak sayur.

Kacang-kacangan mengandung selenium yang dapat mempercepat penyembuhan TBC
Kacang-kacangan mengandung selenium dan zat besi yang dibutuhkan penderita TBC
  • Selenium dan zat besi

Makanan untuk mempercepat penyembuhan TBC lainnya adalah selenium dan zat besi. Sumber terbaik adalah kacang Brazil atau telur terfortifikasi. Selain itu, sumber selenium dan zat besi juga bisa dari chia seeds, biji labu, wijen, rami, jamur, atau kacang-kacangan.

Bagi mereka yang tidak menjalani pola makan vegetarian, bisa memilih alternatif dari protein hewani. Contohnya seperti ikan, ayam, dan juga tiram.

  • Camilan bernutrisi

Selain makanan untuk mempercepat penyembuhan TBC, pastikan asupan camilan di waktu senggang juga harus bernutrisi. Contohnya adalah almond milk, sprout, atau sayuran. Apalagi, perawatan untuk TBC berlangsung jangka panjang sehingga perlu berkomitmen mengonsumsi camilan bernutrisi.

Apa yang sebaiknya dihindari?

Di sisi lain, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari orang yang sedang menjalani penyembuhan TBC. Apa saja?

  • Alkohol dan rokok
  • Kopi
  • Produk olahan (nasi putih atau gula)
  • Makanan berminyak atau digoreng
  • Makanan yang mengandung lemak trans, seperti daging berlemak

Terkadang, obat-obatan yang dikonsumsi pasien TBC membuat nafsu makan menurun. Bahkan, bisa juga muncul sensasi mual dan ingin muntah.

Untuk itu, penting memastikan konsumsi makanan untuk mempercepat penyembuhan TBC penuh nutrisi dan bermanfaat bagi tubuh. Semakin bernutrisi makanan yang dikonsumsi, semakin cepat pula proses penyembuhannya.

Calorie Care. https://www.caloriecare.com/articles/5-ideal-foods-for-a-tuberculosis-patient/
Diakses 30 Januari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2813110/
Diakses 30 Januari 2020

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/tuberculosis/the-right-diet-to-beat-tuberculosis.aspx
Diakses 30 Januari 2020

Artikel Terkait