8 Makanan untuk Memperbanyak Sel Telur Wanita, Tertarik Mencobanya?

(0)
23 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan untuk memperbanyak sel telur dapat membuat seorang wanita subur.Makanan untuk memperbanyak sel telur sangatlah beragam, mulai dari jahe hingga bayam.
Makanan untuk memperbanyak sel telur dapat meningkatkan kesuburan wanita. Dengan begitu, peluang hamil dan punya keturunan pun menjadi lebih besar.Makanan untuk memperbanyak sel telur ini mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin dan mineral, yang dibutuhkan saat merencanakan kehamilan. Bagi Anda yang sedang menjalani program hamil, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai jenis makanan ini.

10 Makanan untuk memperbanyak sel telur

Sistem reproduksi dan sel telur yang sehat dapat meningkatkan peluang seorang wanita untuk bisa hamil. Keduanya bisa ditentukan oleh gaya hidup yang sehat, salah satunya melalui pola makan.Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, sistem reproduksi pun menjadi sehat. Sehingga, sel telur jadi lebih banyak dan kesuburan pun meningkat.

1. Kayu manis

Berkat manfaatnya yang bisa mencegah resistensi insulin, kayu manis dianggap dapat menjadi makanan untuk memperbanyak sel telur, terutama bagi wanita yang mengidap polycystic ovary syndrome (PCOS).Sebab, kayu manis dianggap mampu meningkatkan fungsi indung telur (ovarium) dan meningkatkan produksi sel telur.

2. Akar maca

Akar maca adalah makanan untuk memperbanyak sel telur yang mengandung 31 jenis mineral dan 60 fitonutrien (senyawa tumbuhan) berbeda. Tidak hanya itu, akar maca kaya akan karbohidrat, serat, zat besi, serta vitamin B dan C.Masyarakat tradisional di Andes, Amerika Selatan, mengonsumsi akar maca untuk meningkatkan kualitas sperma pria dan sel telur wanita. Ditambah lagi, akar maca dipercaya dapat menstabilkan hormon dan meningkatkan libido.

3. Jahe

Salah satu alasan mengapa jahe dapat disebut sebagai makanan untuk memperbanyak sel telur adalah sifat antiradangnya. Dengan begitu, jahe dapat memberikan rasa nyaman pada sistem reproduksi, melancarkan siklus haid, dan mengatasi peradangan. Berbagai faktor ini dapat membantu wanita untuk bisa hamil.

4. Buah-buahan beri

Buah-buahan beri, seperti stroberi atau blueberry, mengandung folat dan berbagai nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk bisa hamil. Dalam sebuah riset, mengonsumsi makanan yang mengandung folat tinggi dapat meningkatkan peluang untuk hamil.Ditambah lagi, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah-buahan beri dianggap dapat menjaga sel telur dari radikal bebas.

5. Biji wijen

Meski ukurannya kecil, manfaat biji wijen untuk meningkatkan kualitas sel telur wanita tak boleh diremehkan.Biji wijen mengandung zinc dan senyawa yang dapat membantu proses produksi sel telur dalam tubuh wanita. Tidak hanya itu, biji ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan.

6. Alpukat

Makanan untuk memperbanyak sel telur sangat beragam
Makanan untuk memperbanyak sel telur, alpukat salah satunya
Alpukat menyandang predikat sebagai makanan super karena mengandung nutrisi yang amat tinggi. Kandungan lemak tak jenuhnya juga bisa membantu meningkatkan kualitas sel telur. Di samping itu, lemak tak jenuh milik alpukat turut menyehatkan sistem reproduksi.

7. Sayuran berdaun hijau

Makanan untuk memperbanyak sel telur yang kaya akan zat besi
Makanan yang memperbanyak sel telur ini mengandung zat besi
Bayam, kale, brokoli, hingga kembang kol adalah sayuran berdaun hijau yang mengandung banyak nutrisi penting untuk kesuburan. Tidak hanya folat, tetapi juga zat besi, mangan, kalsium, vitamin A, B, C, dan E. Banyak sekali, bukan?Berbagai nutrisi ini menjadikan sayuran berdaun hijau sebagai makanan untuk memperbanyak sel telur. Selain meningkatkan kuantitasnya, sayuran berdaun hijau juga dipercaya bisa memperkuat dan menjaga kesehatan sel telur wanita.

8. Kacang dan lentil

Kacang dan lentil (sejenis kacang dengan tekstur yang lebih lunak) merupakan makanan mengandung zat besi tinggi yang tidak boleh dilupakan, terutama bagi mereka yang ingin memiliki momongan. Sebab, kekurangan zat besi bisa menimbulkan masalah ovulasi.Tidak hanya itu, kacang dan lentil juga mengandung vitamin B kompleks dan magnesium yang sangat penting untuk kesuburan.

Tips untuk mendapatkan momongan

Tidak hanya mengonsumsi makanan untuk memperbanyak sel telur saja, masih banyak tips yang dapat dilakukan agar wanita cepat hamil dan mendapatkan momongan.
  • Menjaga berat badan ideal
Menjaga berat badan ideal sangatlah penting bagi wanita yang ingin hamil. Sebab, obesitas (kelebihan berat badan) dapat mengganggu proses ovulasi, membuat haid tidak teratur, dan merusak perkembangan sel telur.
  • Kurangi kafein
Pecinta kopi harus waspada karena terlalu banyak mengonsumi kafein dapat menyulitkan wanita untuk bisa hamil.Dalam sebuah riset, wanita yang mengonsumsi 500 miligram kafein per hari harus menunggu 9 bulan lebih lama untuk bisa hamil, dibandingkan wanita yang jarang mengonsumsi kafein.
  • Olahraga teratur
Dalam sebuah penelitian dibuktikan, pria dan wanita yang lebih aktif secara fisik (olahraga teratur) memiliki tingkat kesuburan yang baik, terutama bagi mereka yang obesitas.Namun ingat, jangan berolahraga terlalu keras karena malah akan berdampak buruk pada tingkat kesuburan.

Catatan dari SehatQ:

Mengonsumsi berbagai makanan untuk memperbanyak sel telur dan menjalani pola hidup sehat, dapat membantu meningkatkan kesuksesan program hamil Anda. Jika Anda merasa ragu dan khawatir akan kesehatan sel telur Anda, jangan ragu untuk datang ke dokter dan berkonsultasi.
makanan sehatkehamilanbuah dan sayuran
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/top-10-foods-to-improve-female-egg-quality/
Diakses pada 9 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/16-fertility-tips-to-get-pregnant#1.-Eat-foods-rich-in-antioxidants
Diakses pada 9 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait