Agar mata tetap sehat hingga usia lanjut, Anda perlu menerapkan gaya hidup sehat
Banyak orang meyakini bahwa kesehatan mata menurun seiring dengan penuaan yang terjadi

Mata adalah kunci seseorang bisa “melihat” dunia. Itulah mengapa setiap orang selalu direkomendasikan mengonsumsi makanan untuk kesehatan mata. Ada beberapa jenis makanan yang memang terbukti baik untuk kesehatan mata.

Biasanya, orang meyakini bahwa daya penglihatan yang berkurang adalah konsekuensi penuaan yang memang tak bisa dihindari. Padahal, gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan untuk kesehatan mata dapat mengurangi risiko terjadinya masalah mata secara signifikan.

Ada beberapa jenis nutrisi tertentu yang bisa mengurangi risiko masalah pada mata – terutama yang terkait dengan usia – yaitu zinc, copper, vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten.

Belakangan, jenis nutrisi yang berkhasiat untuk kesehatan mata bertambah. Ada asam lemak omega-3, lutein, dan zexanthin yang juga tak kalah berkhasiat.

Makanan untuk kesehatan mata

Untuk memastikan mata tetap sehat dan mengurangi risiko masalah pada mata seiring bertambahnya usia, berikut ini daftar makanan untuk kesehatan mata yang direkomendasikan:

Ikan mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan mata

1. Ikan

Sudah tidak terbantahkan lagi bahwa ikan adalah sumber asam lemak omega-3 terbaik. Bagian yang terpenting adalah minyak ikan seperti tuna, salmon, sarden, bilis, herring, dan ikan trout.

Beberapa penelitian membenarkan fakta bahwa mengonsumsi cukup minyak ikan dapat menekan risiko mata kering, termasuk mata kering yang rentan terjadi apabila seseorang terlalu lama melihat monitor komputer.

2. Kacang-kacangan

Makanan untuk kesehatan mata berikutnya adalah kacang-kacangan. Lagi-lagi, karena tingginya kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin E yang dapat menjaga mata dari risiko kerusakan akibat penuaan.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan mata adalah kacang merah, kacang mete, walnut, dan kacang Brazil.

3. Buah-buahan sitrus

Buah yang paling baik untuk kesehatan mata adalah buah sitrus, tak lain karena kandungan vitamin C yang melimpah di dalamya. Sama halnya seperti vitamin E, vitamin C adalah jenis antioksidan yang bisa mencegah masalah pada mata.

Contoh buah-buahan sitrus yang direkomendasikan adalah lemon, jeruk, dan juga jeruk nipis.

Sayur-sayuran hijau sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan mata

4. Sayuran berdaun hijau

Kandungan lutein, zeaxanthin, dan vitamin C pada sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan pok coy sangat berkhasiat untuk kesehatan mata. Akan semakin baik jika pengolahannya tidak terlalu berlebihan sehingga kandungan nutrisinya masih terjaga.

5. Wortel

Rupanya bukan hanya mitos yang menyebut bahwa wortel adalah makanan untuk kesehatan mata. Kandungan beta-karoten yang membuat wortel selalu masuk dalam daftar ini.

Tak hanya itu, wortel juga mengandung vitamin A dengan komponen protein bernama rhodopsin. Ini dapat membantu retina dalam menyerap cahaya.

Buah-buahan lain yang juga berwarna seperti paprika, tomat, stroberi, labu, dan jagung juga merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang baik.

6. Daging sapi

Salah satu protein hewani yang kaya akan zinc adalah daging sapi. Terbukti dari banyak penelitian, zinc dapat menunda masalah penglihatan akibat usia seperti mata rabun hingga degenerasi makula.

Retina mata mengandung banyak zinc, termasuk jaringan pembuluh darah di sekitar retina. Itulah mengapa daging sapi direkomendasikan, namun ingat konsumsinya harus tetap dalam batas yang wajar.

Telur bermanfaat mengurangi risiko kesehatan mata akibat penuaan

7. Telur 

Sumber yang paling baik untuk lutein dan zeaxanthin berikutnya adalah telur. Tak hanya itu, makanan yang mudah diolah ini juga kaya akan vitamin C, vitamin E, dan zinc. Nutrisi-nutrisi itu dapat mengurangi risiko masalah kesehatan mata akibat penuaan.

8. Kuaci

Mengisi waktu luang dengan makan kuaci rupanya juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Kuaci atau biji bunga matahari ini mengandung vitamin E dan zinc.

Tentunya bukan berarti ketika sudah mengonsumsi sederet makanan untuk kesehatan mata di atas, maka aman pula mata seseorang. Gaya hidup juga harus diperhatikan. Beberapa hal yang dapat melindungi kesehatan mata adalah:

  • Selalu memeriksa kesehatan mata secara berkala
  • Ketika melihat layar, pastikan mata sejajar dengan bagian atas monitor
  • Gunakan kursi yang baik sehingga telapak kaki Anda bisa rata di lantai (tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah)
  • Ketika mata terasa kering, tambah intensitas berkedip
  • Istirahatkan mata setiap 20 menit, berdiri setiap 2 jam sekali, dan istirahat selama 15 menit

Beberapa hal di atas penting untuk dilakukan terutama jika sehari-hari Anda berada di depan layar. Jangan sampai kesehatan mata justru menurun hanya karena gaya hidup yang salah. Tak lupa, masukkan makanan untuk kesehatan mata dalam daftar konsumsi menu sehari-hari Anda.

All About Vision. https://www.allaboutvision.com/nutrition/foods.htm
Diakses 24 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321226.php
Diakses 24 Oktober 2019

WebMD. https://www.webmd.com/eye-health/good-eyesight#1
Diakses 24 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed