Daftar Makanan yang Baik untuk Jantung Lemah (Kardiomiopati)


Terdapat beberapa makanan yang direkomendasikan untuk orang dengan jantung (=lemah (kardiomiopati), yakni yyang tinggi asam lemak omega-3. Selain itu, vitamin dan mineral juga penting bagi kesehatan jantung secara keseluruhan.

0,0
makanan untuk lemah jantung (kardiomiopati)Makanan untuk lemah jantung (kardiomiopati) sebaiknya kaya akan omega-3
Bagi orang dengan masalah lemah jantung (kardiomiopati) tentu perlu menjaga kesehatan jantung. Makanan untuk jantung lemah bisa menjadi salah satu caranya.Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 sangat direkomendasikan untuk pasien kardiomiopati.Apa saja daftar makanan yang tepat untuk orang lemah jantung? Adakah pantangan yang harus ditaati? Simak ulasannya berikut ini.

Daftar makanan untuk jantung lemah

Melansir dari American Heart Association, kardiomiopati merupakan kondisi lemahnya otot jantung. Akibatnya, jantung tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, yakni memompa darah ke seluruh tubuh. Nah, untuk itu, makanan yang sehat dan bergizi seimbang sangat direkomendasikan.Kandungan mineral, vitamin, serat, hingga asam lemak omega-3 merupakan nutrisi yang baik untuk orang dengan lemah jantung.Berikut ini adalah daftar rekomendasi makanan untuk jantung lemah (kardiomiopati):

1. Ikan dan minyak ikan

Makanan untuk lemah jantung sebaiknya kaya akan omega-3
Makanan untuk lemah jantung sebaiknya kaya akan omega-3
Ikan merupakan salah satu sumber pangan hewani yang kaya protein dan rendah lemak. Ikan dan minyak ikan, seperti ikan kod, salmon, makarel, tuna, trout, dan herring juga kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Omega-3 inilah yang kemudian menjadikan ikan dan minyak ikan sebagai makanan yang baik untuk kardiomiopati.Manfaat omega-3 bagi kesehatan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah), antara lain menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Para ahli merekomendasikan Anda untuk makan ikan setidaknya 2 kali dalam seminggu.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang baik untuk kesehatan, termasuk jantung. Salah satu vitamin yang berperan mencegah penyakit jantung adalah vitamin B9, alias asam folat. Nah, sayuran hijau mengandung asam folat yang baik dikonsumsi oleh penderita lemah jantung.Beberapa sayuran yang baik untuk jantung lemah, antara lain:
  • Bayam
  • Brokoli
  • Selada
  • Pakcoy (sawi sendok)
  • Kale
  • Kubis
Anda juga bisa menambahkan rempah, potongan ayam, dan sayuran lain untuk menambah cita rasa dan nutrisi dalam mangkuk sayur Anda.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung omega yang baik untuk pasien kardiomiopati
Kacang-kacangan mengandung omega yang baik untuk pasien kardiomiopati
Kacang-kacangan juga ketahui sebagai salah satu makanan yang baik untuk jantung lemah.Kacang mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh. Nutrisi inilah yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.Beberapa jenis kacang juga tinggi omega-3 yang semakin menambah manfaatnya sebagai makanan untuk lemah jantung yang baik untuk dikonsumsi. Mayo Clinic menyebut bahwa walnut merupakan salah satu kacang yang tinggi kandungan omega-3. Beberapa jenis kacang lain yang juga baik bagi kesehatan jantung, antara lain almon, macadamia, hazelnut, dan pecan.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah jenis gandum utuh yang mengandung serat tinggi atau dikenal sebagai beta glukan. Serat diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan serta mencegah penyakit jantung dan stroke.Itu sebabnya, konsumsi oatmeal secara rutin direkomendasikan untuk kesehatan jantung, termasuk masalah lemah jantung.Usahakan untuk memilih produk gandum utuh yang tidak mengandung natrium, pengawet, dan gula tambahan. Anda bisa melihat kandungan oatmeal pada informasi nilai gizi yang tertera pada kemasan. 

5. Buah beri

Buah berry baik untuk lemah jantung (kardiomiopati)
Buah berry baik untuk lemah jantung (kardiomiopati)
Orang dengan kardiomiopati juga perlu konsumsi buah demi menjaga kesehatan jantung.Salah satu buah untuk jantung lemah yang dianjurkan adalah buah beri. Banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat buah beri untuk kesehatan jantung, terutama blueberry dan stroberi.Buah beri memiliki kandungan antosianin yang mampu menurunkan tekanan darah dan melindungi pembuluh darah. Makan buah beri 3 kali seminggu dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Namun, pastikan buah beri yang Anda makan adalah buah beri segar. Buah beri olahan biasanya ada tambahan gula.

6. Alpukat

Satu lagi buah untuk jantung lemah yang bisa disertakan dalam menu makanan Anda sehari-hari, yaitu alpukat. Alpukat kian populer sebagai bahan dasar atau pelengkap pada makanan untuk diet rendah lemak. Alasan alpukat baik untuk jantung lemah adalah karena kandungan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan itu membuat alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan begitu, risiko penyakit jantung atau perburukan kondisi jantung lemah bisa dihindari. 

Pantangan makanan penyakit lemah jantung

Pantangan makanan untuk penyakit lemah jantung antara lain yang tinggi lemak
Pantangan makanan untuk penyakit lemah jantung antara lain yang tinggi lemak
Selain mengonsumsi makanan yang baik untuk jantung lemah, Anda juga perlu menghindari beberapa makanan terhadap kesehatan jantung.Berikut ini adalah beberapa pantangan makanan untuk kardiomiopati:
  • Makanan tinggi lemak
  • Makanan dan minuman tinggi gula
  • Makanan tinggi garam/natrium 
  • Makanan cepat saji
  • Makanan yang diproses dengan cara digoreng
  • Rokok dan asap rokok
  • Alkohol
  • Obat-obatan terlarang
  • Kecemasan dan stres
Secara umum, penyebab kardiomiopati belum dapat diketahui. Kondisi ini bisa terjadi di segala usia. Pengobatan kardiomiopati disertai gaya hidup sehat dapat menjaga kesehatan jantung. Olahraga teratur dan konsumsi makanan yang baik untuk jantung lemah juga dapat mengontrol gejala dan mengurangi risiko komplikasi. Jika Anda bertanya-tanya tentang boleh tidaknya suatu makanan, konsultasikan dengan dokter yang menangani Anda. Anda juga konsultasi online dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
makanan sehatpenyakit jantungmakanan mengandung omega 3cacat jantung bawaan
American Heart Association. https://www.heart.org/en/health-topics/cardiomyopathy/what-is-cardiomyopathy-in-adults
Diakses pada 2 Agustus 2021
Penn Medicine. https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/heart-and-vascular-blog/2019/january/5-superfoods-to-improve-heart-health
Diakses pada 2 Agustus 2021
The Pennsylvania State University. https://news.psu.edu/story/339842/2015/01/07/research/avocado-day-keeps-cardiologist-away
Diakses pada 2 Agustus 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/in-depth/nuts/art-20046635
Diakses pada 4 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait