7 Makanan untuk Diare yang Aman untuk Anda Konsumsi

(0)
26 May 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan untuk diare diperlukan karena tidak semua makanan bisa dikonsumsi saat diareSeorang wanita sedang mengalami sakit perut
Berkali-kali bolak-balik ke kamar mandi karena diare bukan hal yang menyenangkan. Hampir sebagian besar orang pernah mengalami diare, bahkan bisa beberapa kali setiap tahun. Diare biasanya berlangsung tidak lebih dari tiga hari.Untungnya, ada banyak makanan untuk diare yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi gejalanya. Selain itu, ada pula beberapa makanan yang harus dihindari saat mengalami diare.

Makanan untuk diare yang aman dikonsumsi

Diare kerap kali menjadikan seseorang kehilangan nafsu makannya. Meskipun begitu, usahakan untuk tetap makan supaya dapat mempercepat proses pemulihan penyakit ini.Karena makanan tertentu dapat memperburuk gejala diare, ada baiknya untuk mengetahui makanan yang harus Anda makan ketika diare dan apa yang harus Anda hindari.Berikut ini rekomendasi makanan yang aman dikonsumsi selama terserang diare. Pastinya makanan-makanan ini bermanfaat untuk proses pemulihan.

1. Buah pisang

Tekstur pisang yang lembut dan mudah dicerna, menjadikannya pilihan makanan untuk diare yang aman untuk dikonsumsi. Pisang bermanfaat untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan.Bukan hanya itu, pisang merupakan sumber kalium yang baik untuk menggantikan elektrolit penting yang hilang ketika Anda terserang diare, dan menjadi sumber pektin yang kaya serat larut.Jika Anda mengalami diare, mengonsumsi serat larut seperti pisang dapat membantu menyerap cairan di usus sekaligus mencegah sembelit.

2. Sayuran matang

Sayuran adalah makanan untuk diare yang kaya akan nutrisi. Dalam hal ini, sayuran mentah tidak dianjurkan karena sulit untuk dicerna. Jadikan sayuran pilihan makanan untuk diare yang lebih ramah dengan mengupasnya, membuang bijinya, dan memasaknya sampai matang.Hindari konsumsi brokoli, kembang kol, paprika, makanan pedas, kacang polong, sayuran berdaun hijau, dan jagung selama mengalami diare karena cenderung menyebabkan gas yang dapat memperparah kondisi Anda.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah contoh dari makanan untuk diare yang mengandung serat larut dan dapat membantu dalam mengatasi diare. Serat larut adalah jenis serat yang bekerja dengan menarik air dan mengubahnya menjadi gel selama pencernaan.Dalam hal ini, oatmeal dapat memperlambat proses pencernaan dan dapat membantu memadatkan feses. Jika Anda biasanya menambahkan oatmeal dengan gula, madu, sirup, atau produk susu, usahakan untuk menghindari bahan tambahan tersebut selama Anda mengalami diare.

4. Nasi putih

Makanan untuk diare lainnya yang aman dikonsumsi adalah nasi putih. Alasannya karena nasi putih seratnya rendah sehingga membantu mengurangi pergerakan usus. Bukan hanya itu, nasi putih biasanya mudah dicerna, yang artinya dapat membantu memadatkan feses.

5. Madu

Mencampurkan madu ke dalam secangkir air hangat dapat membantu mengembalikan cairan yang hilang saat Anda terserang diare. Madu dianggap dapat membantu meredakan nyeri lambung yang timbul karena diare.Dalam kasus ini, mengonsumsi madu yang dicampur dengan secangkir air hangat akan membantu memulihkan energi yang terbuang serta merehidrasi tubuh setelah banyak bepergian ke kamar mandi.

6. Sup kaldu

Sup kaldu termasuk salah satu rekomendasi makanan untuk diare. Sup kaldu akan membantu menggantikan mineral dan elektrolit yang hilang karena diare. Seperti halnya air, tubuh juga akan kehilangan mineral dan elektrolit akibat diare.Bagi Anda yang sedang mengalami diare, cobalah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mineral dan elektrolit untuk memulihkan kembali cairan yang hilang. Selain sup kaldu, ada sumber elektrolit dan mineral lainnya yang meliputi air kelapa atau minuman berion.

7. Air putih

Diare dapat membuat Anda dehidrasi sehingga penting untuk minum banyak air putih. Selain mengonsumsi makanan untuk diare yang aman di perut, penting untuk tetap terhidrasi saat mengalami diare.Pastikan untuk minum banyak air. Apabila Anda bosan, gantilah dengan dengan jus buah yang menyehatkan, seperti jus wortel misalnya.Itulah deretan makanan untuk diare yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Perlu Anda ingat, jika diare biasanya hanya berlangsung selama dua sampai tiga hari. Jika diare yang Anda alami tidak kunjung sembuh setelah tiga hari, segera konsultasikan dengan dokter.
makanan sehatdiare
Medical News Today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/320124#what-is-diarrhea
Diakses pada 12 Mei 2020
Very Well Health
https://www.verywellhealth.com/what-to-eat-for-diarrhea-1944822
Diakses pada 12 Mei 2020
Global News Canada
https://globalnews.ca/news/3877496/foods-that-help-fight-diarrhea/
Diakses pada 12 Mei 2020
Insider
https://www.insider.com/best-foods-to-eat-if-you-have-diarrhea-2018-5#5-peppermint-tea-5
Diakses pada 12 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait