8 Makanan Tinggi Nutrisi Wajib Konsumsi, Apa Saja?

(0)
21 Jul 2020|Azelia Trifiana
Ikan salmon, brokoli, hingga bawang putih adalah makanan tinggi nutrisiMakanan dengan kandungan nutrisi tinggi yang wajib dikonsumsi
Jika kesehatan manusia mutlak ditentukan dari makanan tinggi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, mungkin setiap orang akan lebih selektif memilih apa yang dikonsumsi. Apalagi dalam sehari, perut tak akan kuat menampung begitu banyak makanan. Semakin selektif dan tinggi nutrisi makanan yang dikonsumsi, tentu manfaatnya pun kian baik.Tiap hari, ada jatah kalori yang bisa dikonsumsi seseorang dalam batas wajar. Apa makanan yang digunakan untuk mengisi jatah kalori itu tentu bergantung pada tiap individu. Tak ada salahnya mencatat dan perlahan membiasakan mengonsumsi makanan tinggi nutrisi.

Daftar makanan tinggi nutrisi

Beberapa daftar makanan tinggi nutrisi yang kini bisa dipertimbangkan lebih sering masuk dalam menu harian di antaranya:

1. Salmon

Tak berlebihan jika salmon disebut sebagai ikan yang paling menyehatkan, berkat kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Asam lemak omega-3 membuat seseorang menjadi sehat dan terhindari dari banyak penyakit berbahaya.Tak hanya itu, dalam 100 gram salmon juga terdapat protein, vitamin, dan mineral. Sebut saja magnesium, potasium, selenium, dan juga vitamin B. Idealnya, konsumsi salmon 1-2 kali setiap pekannya untuk mencukupi kebutuhan omega 3 yang diperlukan tubuh.

2. Kale

Jenis sayuran hijau yang masuk dalam daftar makanan tinggi nutrisi adalah kale. Dalam 100 gram kale, sudah memenuhi 200% AKG vitamin C, 300% AKG vitamin A, bahkan 1.000% AKG vitamin K1. Belum lagi kandungan potasium, kalsium, magnesium, copper, dan juga mangan di dalamnya. Rajanya sayuran bergizi ini juga rendah kalori, hanya sekitar 50 kalori di tiap 100 gram sajiannya.

3. Rumput laut

Tak melulu ikan, olahan hasil laut seperti rumput laut juga mengandung nutrisi melimpah. Bahkan dalam banyak penelitian, terbukti rumput laut jauh lebih bernutrisi ketimbang sayuran yang tumbuh di daratan. Rumput laut sangat tinggi kandungan mineral seperti zat besi, magnesium, kalsium, dan juga mangan.

4. Bawang putih

Tak hanya menjadi bumbu wajib dalam tiap masakan, bawang putih juga mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, kalsium, potasium, mangan, dan juga selenium. Kandungan allicin dalam bawang putih juga membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat (LDL).Lebih jauh lagi, bawang putih juga mengandung substansi yang dapat mencegah kanker. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi bawang putih secara berkala memiliki risiko lebih sedikit menderita kanker usus.

5. Kentang

Jika ingin alternatif karbohidrat atau sedang menjalani diet tanpa nasi, coba pertimbangkan mengonsumsi kentang. Kandungannya kaya akan potasium, magnesium, zat besi, copper, dan juga mangan. Tak hanya itu, vitamin B dan vitamin C juga ada dalam kentang.Mengolah kentang dengan mengukusnya juga bisa meningkatkan kadar satiety index atau seberapa mengenyangkannya sebuah makanan. Bahkan jika dikonsumsi saat sudah dingin, substansi resistant starch akan terbentuk yang baik untuk kesehatan.

6. Blueberry

Jika ingn mencari buah yang termasuk dalam daftar makanan tinggi nutrisi, jangan lupakan blueberry. Kandungan antioksidan dalam blueberry sangat tinggi sehingga bisa menjaga kesehatan dan melindungi otak.Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa blueberry dapat meningkatkan daya ingat pada orang lanjut usia. Penderita sindrom metabolik pun bisa memiliki tekanan darah lebih rendah jika rutin mengonsumsi blueberry.

7. Kuning telur

Selama ini kuning telur bisa jadi kerap dipandang sebelah mata karena kandungan kolesterol di dalamnya. Padahal, selama dikonsumsi dalam jumlah wajar, tak ada masalah. Bahkan, kuning telur termasuk salah satu makanan tinggi nutrisi di dunia hingga dijuluki multivitamin dari alam.Dalam kuning telur terdapat vitamin, mineral, dan nutrisi penting seperti kolin. Tak hanya itu, ada substansi antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang dapat melindungi kesehatan mata

8. Dark chocolate

Dark chocolate atau cocoa juga termasuk makanan bernutrisi tinggi sekaligus anti-inflamasi. Di dalamnya terdapat serat, zat besi, magnesium, mangan, dan juga copper. Bahkan ketika dibandingkan dalam sebuah penelitian, kadar antioksidan dark chocolate lebih tinggi ketimbang blueberry dan acai berry.Ada penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi dark chocolate lebih dari 5 kali dalam sepekan berisiko 57% lebih rendah menderita penyakit jantung. Idealnya, pilih dark chocolate dengan kandungan cocoa lebih dari 85%.

Catatan dari SehatQ

Cara termudah namun juga memerlukan komitmen untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi nutrisi. Sumbernya beragam dan mudah ditemukan di sekitar. Ingat pula bahwa cara pengolahan turut berpengaruh terhadap kandungan nutrisi di dalamnya.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-most-nutrient-dense-foods-on-the-planet
Diakses pada 6 Juli 2020
Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/add-more-nutrient-dense-foods-to-your-diet
Diakses pada 6 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324713
Diakses pada 6 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait