10 Makanan Tinggi Kalori untuk Membantu Menambah Berat Badan

(0)
09 Jun 2020|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ikan salmon termasuk makanan tinggi kaloriIkan salmon mentah yang sudah dipotong
Kalori bukanlah hal yang asing dalam percakapan mengenai berat badan, entah itu soal menurunkan atau menaikkan berat badan. Anda mungkin sudah familiar dengan mengenai pentingnya menghitung asupan kalori sebagai upaya untuk menurunkan berat badan. Bagaimana jika Anda ingin menaikkan berat badan? Perlukah mengonsumsi makanan tinggi kalori?Jawabannya adalah ya. Ketika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan, tubuh Anda akan menyimpan kalori ekstra tersebut sebagai lemak tubuh. Dengan meningkatnya jumlah lemak dalam tubuh, otomatis berat badan Anda akan naik.

Beragam makanan tinggi kalori yang sebaiknya Anda konsumsi

Oleh karena itu, apabila Anda ingin menaikkan berat badan, Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi kalori. Namun ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi, yakni berbagai makanan tinggi kalori tersebut terjamin kesehatannya dan bukan makanan yang berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah besar, seperti junk food atau makanan-makanan yang tinggi gula.Berikut beberapa makanan tinggi kalori yang direkomendasikan.

1. Ikan salmon

Ikan yang sering menghiasi hidangan sushi ini tidak hanya dikenal dengan kandungan proteinnya, namun juga memiliki kalori yang lumayan tinggi. Terdapat setidaknya 400 kalori dan 20 gram lemak dalam satu fillet salmon.Apabila Anda tertarik untuk mengonsumsi salmon, sebaiknya Anda memasaknya sendiri ketimbang membeli hidangan yang sudah jadi, guna mencegah penambahan kalori yang tidak diperlukan.

2. Kismis

Alasan kismis masuk dalam daftar ini adalah jumlah kalorinya yang cukup padat, meski hanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Secangkir kecil kismis (sekitar 45 gram) mengandung 129 kalori. Anda bisa menjadikan makanan tinggi kalori ini sebagai camilan untuk memaksimalkan kalori yang masuk dalam tubuh.

3. Quinoa

Selain kaya akan protein, quinoa juga termasuk makanan tinggi kalori. Secangkir quinoa yang telah dimasak mengandung sekitar 222 kalori, setara dengan kalori nasi merah dalam takaran yang sama. Anda bisa menambahkan quinoa ke dalam salad untuk menikmatinya.

4. Granola

Makanan yang tengah naik daun ini memiliki jumlah kalori yang tinggi sehingga sering kali dihindari oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Secangkir granola mengandung sekitar 471 kalori dan 29,4 lemak, jumlah yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori harian Anda.

5. Selai kacang

Selai kacang adalah makanan tinggi kalori yang jarang diketahui banyak orang. Makanan yang sering dijadikan pelengkap roti ini bahkan juga bermanfaat dalam membentuk otot, membakar lemak, hingga membantu memerangi penyakit jantung. Satu sendok makan selai kacang mengandung sekitar 100 kalori, sehingga cocok dikonsumsi untuk menambah berat badan.
Greek yogurt
Greek yogurt mengandung kalori yang cukup tinggi

6. Greek yogurt

Greek yogurt memiliki kalori yang cukup tinggi, yakni sekitar 150 kalori dalam 3/4 porsi penyajiannya. Di samping padat kalori, yogurt ini juga dilengkapi dengan protein dan prebiotik yang baik bagi pencernaan Anda.Greek yogurt umumnya memiliki rasa yang tawar dan sedikit asam, jadi Anda bisa menambahkan buah-buahan atau madu untuk menambah variasi rasa.

7. Minyak zaitun

Ingin menambah banyak kalori secara instan dalam makanan Anda? Tambahkan saja dua sendok makan minyak zaitun. Dalam takaran tersebut, minyak zaitun menambahkan sekitar 238 kalori ke dalam makanan Anda. Meski tinggi akan kalori, minyak ini juga dipenuhi oleh lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.

8. Kurma

Tak terasa bulan Ramadan telah berlalu. Akan tetapi, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk tidak makan kurma. Buah dari timur tengah ini merupakan makanan tinggi kalori yang menyehatkan, dengan satu buahnya mengandung sekitar 23 kalori.Kurma juga aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang besar sehingga cocok dijadikan camilan untuk menambah berat badan.

9. Chia seeds (biji chia)

Biji chia digadang-gadang sebagai makanan tinggi kalori terbaik, karena dilengkapi juga dengan serat, omega-3, dan protein. Meski kelihatannya sedikit, satu sendok biji chia mengandung sekitar 70 kalori.Anda bisa mencampurkan beberapa sendok biji chia ke dalam yogurt atau smoothies untuk mendapatkan kalori tambahan yang menyehatkan.

10. Santan

Berbicara mengenai santan, makanan ini sering kali dianggap negatif karena dipercaya dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Namun, tahukah Anda bahwa santan dapat mempercepat metabolisme tubuh dan termasuk makanan tinggi kalori yang relatif aman?Secangkir santan mengandung sekitar 552 kalori dan 52 gram. Jumlah kalori dan lemak yang cukup besar ini tentunya dapat membantu Anda meningkatkan berat badan.Itulah daftar makanan tinggi kalori yang dapat membantu meningkatkan berat badan. Satu hal yang perlu Anda catat, jangan konsumsi makanan di atas secara berlebihan meskipun tujuan Anda ingin menambah berat badan. Pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang seimbang untuk mendapatkan manfaat yang optimal.
makanan sehat
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/4182-fat-and-calories
Diakes pada 26 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/high-calorie-vegan-foods
Diakses pada 26 Mei 2020
Shape. https://www.shape.com/healthy-eating/diet-tips/most-deceiving-foods-they-have-more-calories-you-think
Diakses pada 26 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait