logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

15 Makanan Sehat untuk Jantung, Mampu Cegah Penyakit

open-summary

Alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, oatmeal, buah beri merupakan contoh makanan sehat untuk jantung. Makanan tersebut kaya antioksidan, omega-3, dan nutrisi penting lain untuk menurunkan risiko penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.


close-summary

1 Nov 2022

| Yanita Nur Indah Sari

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Makanan sehat untuk jantung banyak datang dari kelompok sayur dan buah

Makanan sehat untuk jantung banyak datang dari kelompok sayur dan buah

Table of Content

  • Makanan sehat untuk jantung

Makanan sehat untuk jantung sangat penting untuk melindungi sekaligus memelihara fungsi organ jantung tetap normal dan bebas dari penyakit. Mulai dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, hingga jenis makanan tertentu berperan menunjang kesehatan jantung, termasuk membersihkan pembuluh darah dan mencegah plak.

Advertisement

Apa saja makanan sehat untuk jantung yang perlu Anda konsumsi? Simak ulasannya berikut ini.

Makanan sehat untuk jantung

Berikut ini beberapa makanan sehat untuk jantung yang direkomendasikan untuk Anda konsumsi:

1. Alpukat

Alpukat makanan yang sehat untuk jantung
Alpukat makanan yang sehat untuk jantung karena mengandung lemak tak jenuh

Alpukat merupakan makanan yang baik untuk jantung karena merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). 

Alpukat juga kaya akan kandungan potasium atau kalium yang mampu menurunkan tekanan darah, sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.  

Jika Anda terbiasa menggunakan mayonaise atau selai cokelat pada roti lapis untuk menu sarapan, cobalah untuk menggantinya dengan irisan tipis alpukat. Anda juga bisa membuat smoothie yang menyegarkan dengan campuran buah alpukat. 

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk memelihara kesehatan jantung.

Kandungan antioksidan dalam olive oil baik untuk meredakan peradangan di tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung. Tak hanya itu, kandungan asam oleat di dalamnya juga membantu mencegah dan mengatasi hipertensi. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, cobalah mencampurkan sedikit minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau mayonaise di atas pasta, salad, atau sayuran favorit Anda. 

3. Kacang-kacangan

Anda punya hobi ngemil? Cobalah mengonsumsi setidaknya segenggam penuh kacang-kacangan sebagai pilihan camilan sehat. Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan sehat untuk jantung

Beberapa jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung antara lain:

  • Almond. Almond memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan serat yang baik untuk jantung Anda. 
  • Walnut. Walnut yang merupakan sumber nabati asam lemak omega-3 berupa asam alfa-linolenat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Edamame. Edamame mengandung isoflavon, serat, dan kaya antioksidan yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan menunjang kesehatan jantung
  • Kacang polong. Kacang polong (beans) mengandung pati resisten (resistant starch) yang baik untuk usus dan mampu mengurangi kadar LDL, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mengurangi peradangan di tubuh.

4. Asparagus

Asparagus makanan yang sehat untuk jantung
Asparagus makanan yang sehat untuk jantung

Masuknya aspaaragus sebagai salah satu makanan sehat untuk jantung bukan tanpa alasan. Asparagus merupakan sayuran dengan kandungan folat tinggi yang berperan penting dalam menurunkan risiko penyakit jantung. 

Kandungan folat dapat mencegah pembentukan asam amino yang disebut homosistein dalam tubuh. Tingkat homosistein yang tinggi sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke

Asparagus diketahui mampu memperlancar pembuluh darah dengan sangat baik. Sayuran ini bekerja dalam 100.000 mil pembuluh darah dan arteri untuk melepaskan tekanan sehingga memungkinkan tubuh untuk mengakomodasi peradangan yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun.

Nutrisi dalam asparagus juga dapat membantu menangkal gumpalan pada pembuluh darah yang mematikan.

Baca juga: Diet Jantung, Pola Hidup Sehat untuk Hindari Penyakit Jantung

5. Buah Delima

Buah delima mengandung phytochemical yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi lapisan arteri dari kerusakan. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu merangsang produksi nitrit oksida di tubuh yang berfungsi meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

6. Brokoli

Brokoli merupakan makanan yang baik untuk jantung. Brokoli kaya akan vitamin K yang sangat penting untuk membantu pembentukan tulang dan menjaga kadar kalsium yang berperan dalam mengatasi kerusakan arteri.

Tak hanya itu, brokoli juga kaya akan kandungan serat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi kadar kolesterol.

7. Keju

Keju makanan yang sehat untuk jantung
Keju rendah lemak termasuk makanan yang sehat untuk jantung

Percaya atau tidak, keju juga termasuk makanan yang baik untuk jantung jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Keju dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga terhindar dari hipertensi dan risiko penyakit jantung.

Studi dari Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School menemukan bahwa orang yang makan tiga porsi produk olahan susu rendah lemak dalam satu hari, memiliki tekanan darah sistolik yang lebih rendah (tiga poin lebih rendah) daripada mereka yang mengonsumsi lebih sedikit.

Pastikan Anda memilih produk keju rendah lemak agar manfaatnya untuk kesehatan jantung bisa Anda dapatkan. 

8. Semangka

Bagi Anda penggemar buah, semangka bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk camilan menyegarkan dan menyehatkan. 

Semangka termasuk buah yang bagus untuk jantung karena mengandung asam amino berupa L-citrulline. Kandungan ini dapat membantu tubuh menghasilkan nitrit oksida yang berperan dalam kesehatan pembuluh darah, yakni dengan cara melebarkan pembuluh darah dan melemaskan otot bagian dalam pembuluh darah.

9. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan makanan sehat untuk jantung yang kaya akan kandungan vitamin, mineral dan antioksidan. Beragam kandungan ini mampu menunjang kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mengurnagi risiko penyakit jantung

Jenis sayuran ini merupakan sumber vitamin K dan nitrat yang baik untuk mengurangi kekakuan arteri, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah. 

Sayuran berdaun hijau yang baik untuk jantung antara lain:

  • Bayam
  • Kale
  • Sawi

10. Teh hijau

Teh hijau minuman yang sehat untuk jantung
Teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk jantung

Teh hijau termasuk salah satu minuman sehat untuk jantung karena memiliki kandungan antioksidan berupa polifenol dan katekin yang berfungsi mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan melindungi kesehatan jantung. 

Ekstrak teh hijau juga telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang sangat penting dalam kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

11. Bawang putih

Bawang putih juga termasuk makanan yang baik untuk jantung. Kandungan senyawa allicin dalam bawang putih terbukti mampu mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol. 

Tak hanya itu, bawang putih juga telah terbukti menghambat penumpukan trombosit dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko pembekuan darah yang memicu stroke.  

12. Biji-bijian

Biji-bijian juga termasuk makanan yang baik untuk jantung. Jenis biji-bijian seperti chia seed dan biji rami merupakan sumber serat dan omega-3 yang penting bagi kesehatan jantung.

Memasukkan biji-bijian ke dalam menu makanan Anda sehari-hari telah terbukti ampuh menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan senyawa dalam biji rami dan biji chia mampu mengurangi peradangan, menjaga tekanan darah normal, dan kadar kolesterol tetap terjaga. 

13. Oatmeal

Oatmeal makanan yang sehat untuk jantung
Oatmeal makanan yang sehat untuk jantung

Makanan sehat untuk jantung selanjutnya adalah oatmeal. Terbuat dari gandum, kandungan serat tinggi dalam oatmeal mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga bagus untuk kesehatan jantung. 

14. Ikan

Ikan kaya akan protein dan omega-3 yang baik untuk jantung. Omega-3 diketahui mampu menjaga kesehatan jantung, termasuk menurunkan risiko jantung berdetak tidak noemal dan memperlambat pertumbuhan plak di arteri. 

Kamu bisa menjadikan beragam ikan seperti salmon, mackerel, herring, trout danau, sarden, dan tuna albacore sebagai lauk pauk untuk penderita jantung yang menyehatkan. 

15. Buah beri

Buah beri yang bisa menjadi pilihan buah yang bagus untuk jantung, antara lain stroberi, blueberry, dan raspberry. 

Buah beri mengandung senyawa antosianin yang berperan sebagai antioksidan. Senyawa ini mampu melindungi tubuh dari peradangan dan stres oksidatif yang bisa memicu penyakit jantung. 

Buah beri juga diketahui mampu meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol jahat, serta membantu mengontrol tekanan darah dan pembekuan darah. 

Baca Juga

  • 6 Efek Samping Air Kelapa yang Harus Diwaspadai
  • 11 Makanan untuk Mengecilkan Perut yang Bisa Anda Coba
  • 10 Manfaat Buah Murbei yang Melimpah bagi Kesehatan

Itulah beberapa jenis makanan sehat untuk jantung yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Tidak ada salahnya mulai memperhatikan jenis asupan makanan harian yang lebih sehat untuk menunjang kesehatan sekaligus mencegah penyakit kronis, seperti penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.

Jika masih ada pertanyaan seputar makanan yang bagus untuk jantung atau kondisi kesehatan lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi melalui fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang! 

Advertisement

makanan sehatpenyakit jantungbuah dan sayuran

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved