logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

7 Makanan Sehat untuk Disantap di Hari Valentine

5 Feb 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Greek yogurt parfait adalah makanan sehat yang bisa disantap di hari Valentine!

Greek yogurt parfait dapat menemani Anda dan pasangan di hari Valentine.

Table of Content

  • Berbagai makanan sehat untuk disantap di hari Valentine

Cokelat sering kali diidentikan dengan hari Valentine atau hari kasih sayang. Padahal, masih banyak pilihan makanan sehat lainnya yang bisa disantap bersama pasangan tercinta di hari yang istimewa ini. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menJadikan momen romantis bersama pasangan dengan cara yang menyehatkan.

Advertisement

Berbagai makanan sehat untuk disantap di hari Valentine

Berbagai makanan seperti Greek yogurt parfait, apel dengan selai kacang, hingga puding biji chia juga tidak kalah lezat dari cokelat. Bagi Anda yang masih kebingungan untuk mencari resep makanan sehat di hari Valentine selain cokelat, mari intip berbagai rekomendasi santapan lezat ini.

1. Puding biji chia

Belakangan ini, biji chia menjadi salah satu camilan sehat yang semakin populer di kalangan masyarakat. Selain tinggi akan protein, biji ini juga lezat dan menyehatkan.

Biji chia mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalsium, fosfor, hingga mangan. Ditambah lagi, asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung juga ada dalam biji ini.

Untuk membuat puding biji chia, Anda hanya perlu merendam biji ini di dalam susu selama beberapa jam. Saat teksturnya sudah menjadi puding, tambahkan pemanis seperti vanila.

2. Apel dengan selai kacang

Saat dikombinasikan, apel dan selai kacang dapat menjadi makanan sehat yang cocok untuk disantap di hari Valentine. Tidak hanya lezat, keduanya juga mengandung nutrisi dan protein tinggi.

Contohnya, serat dan antioksidan yang dikandung apel dapat meningkatkan kesehatan usus dan menurunkan risiko penyakit jantung. Sedangkan, selai kacang dipercaya bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Namun ingat, selai kacang termasuk makanan yang berkalori tinggi. Maka dari itu, konsumsi selai kacang sewajarnya saja.

3. Greek yogurt parfait

Greek yogurt parfait adalah makanan sehat yang dibuat dengan cara mencampurkan Greek yogurt, granola, dan berbagai buah-buahan berry.

Selain lezat, Greek yogurt parfait menawarkan manfaat kesehatan yang tidak main-main. Greek yogurt mengandung 20 gram protein dan juga tinggi kalsium. Begitu juga dengan granola yang kaya akan protein. Meski demikian, granola juga tinggi akan kalori sehingga sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan.

4. Es krim pisang

Selain mudah dibuat, es krim pisang juga bisa bikin tubuh sehat
ingin yang segar di malam Valentine? Makan saja es krim pisang!

Jika Anda dan pasangan tidak ingin melahap makanan berat di hari Valentine, kalian bisa mencoba es krim pisang yang menyehatkan.

Es krim ini juga mudah dibuat, Anda hanya perlu memasukkan pisang ke food processor dan membekukannya di dalam kulkas selama kurang lebih satu jam.

Selain rasanya manis, es krim pisang juga rendah kalori dan kaya akan serat. Anda bisa menambahkan susu atau buah lainnya sebagai topping untuk menambah variasi rasa dan nutrisi.

5. Popcorn keju

Popcorn keju dapat menjadi makanan sehat yang disantap di hari valentine
Kombinasikan popcorn dan keju parmesan, rasakan lezatnya!

Ingin menonton film romantis bersama pasangan di hari Valentine? Anda bisa menambah keseruan momen itu dengan mengonsumsi popcorn keju layaknya di bioskop.

Tidak hanya lezat, popcorn juga mengandung berbagai macam mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti fosfor, zinc, mangan, magnesium dan berbagai vitamin B.

Untuk menambah rasa gurihnya, Anda bisa menambahkan keju parmesan yang mengandung banyak protein itu.

6. Muffin telur

Muffin telur adalah salah satu makanan sehat yang dapat dinikmati di hari Valentine. Kue sehat ini dibuat dengan cara mencampurkan telur, sayuran, dan bumbu penyedap. Setelah adonannya siap, Anda bisa menuangkannya di cangkir muffin.

Anda boleh menambahkan sayur-mayur, seperti brokoli, bawang, hingga paprika, untuk menambah kelezatannya.

7. Sayur dengan olesan yogurt

Jika Anda dan pasangan berminat mengonsumsi camilan di hari Valentine, cobalah mencampurkan sayur-mayur dengan olesan yogurt. Anda boleh menggunakan sayur apa saja, lalu celupkan sayur pilihan Anda ke dalam yogurt.

Untuk menambah rasa lezatnya, Anda boleh mencampurkan perasan air lemon ke dalam yogurtnya. Anda juga disarankan untuk menggunakan Greek yogurt karena kandungan proteinnya lebih banyak dari yogurt biasa.

Baca Juga

  • Jangan Lewatkan 7 Manfaat Minyak Grapeseed bagi Kesehatan
  • Ingin Penglihatan Sehat? Penuhi 7 Sumber Nutrisi Mata Ini
  • 7 Cara Menaklukkan Pasangan yang Moody

Catatan dari SehatQ

Selain cokelat, ada banyak makanan sehat yang bisa Anda lahap dengan pasangan saat hari valentine. Jika Anda ingin mengetahui makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!

Advertisement

makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved