12 Makanan Ibu Hamil 4 Bulan, Apa Saja yang Sehat?


Makanan ibu hamil 4 bulan tentu sangat beragam. Selain asam folat, ibu pun sebaiknya memenuhi asupan nutrisi yang lengkap, di antaranya mineral, seperti zat besi dan magnesium.

(0)
14 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan ibu hamil sebaiknya kaya akan nutrisiMakanan ibu hamil sebaiknya mengandung nutrisi yang beragam
Makanan ibu hamil 4 bulan sangatlah beragam. Para calon ibu tidak perlu khawatir, ada banyak pilihan makanan yang sehat untuk ibu hamil 4 bulan yang dapat dipilih!Ditambah lagi, perasaan "ngidam" akan semakin menggebu-gebu saat janin dalam kandungan berusia 4 bulan. Untungnya, makanan untuk ibu hamil 4 bulan ini sangat bervariasi.

Makanan ibu hamil 4 bulan, apa saja rekomendasinya?

Mengonsumsi makanan sehat saat mengandung tidak hanya menguntungkan tumbuh kembang janin di dalam rahim, tapi juga berdampak baik pada kesehatan sang ibu. Itulah sebabnya, berbagai makanan sehat ibu hamil 4 bulan ini harus masuk dalam daftar menu harian.

1. Makanan mengandung zat besi

Bayam, makanan sehat ibu hamil 4 bulan
Bayam, makanan sehat ibu hamil 4 bulan
Saat usia kehamilan mencapai usia 4 bulan, jumlah darah di dalam tubuh meningkat, begitu pula dengan kebutuhan zat besi Anda.Maka dari itu, makanan sehat ibu hamil 4 bulan harus menyisipkan makanan yang mengandung zat besi seperti daging sapi, ikan, telur, tahu, hingga sayuran berdaun hijau (seperti bayam dan kale).Tentu, makanan bergizi untuk ibu hamil 4 bulan ini nantinya berguna untuk janin. Sebab, bila produksi darah merah optimal, oksigen dan nutrisi makanan dari ibu akan didistribusikan melalui darah lewat tali pusar.

2. Makanan berserat

Buah-buahan seperti pisang, stroberi, pir, ubi jalar, hingga raspberry adalah makanan berserat yang juga dilengkapi berbagai nutrisi penting untuk mencapai kehamilan sehat.Terlebih, ubi jalar juga terbukti kaya akan vitamin A.Perlu diketahui, di bulan keempat kehamilan, hormon progesteron akan memperlambat gerak sistem pencernaan karena rahim bertumbuh besar. Kondisi ini menyebabkan ibu hamil susah BAB.Untuk mencegahnya, Anda disarankan mengonsumsi makanan untuk ibu hamil 4 bulan ke atas dalam bentuk makanan berserat.Mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil ini disertai minum air putih yang cukup mampu mengurangi sembelit saat hamil.

3. Makanan berkalsium

Kalsium adalah zat mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang janin. Cobalah makanan ibu hamil 4 bulan yang mengandung kalsium seperti ikan sarden, brokoli, yogurt, keju, susu, hingga kacang almond.

4. Makanan mengandung zinc

Zinc adalah zat mineral yang dibutuhkan untuk memproduksi protein dan berdampak baik pada perkembangan sistem saraf serta imun tubuh. Makanan ibu hamil 4 bulan yang mengandung zinc di antaranya daging sapi atau kambing, bayam, jamur, hingga kacang-kacangan.

5. Makanan mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6

Asam lemak omega-3 sangatlah dibutuhkan untuk kesehatan mata dan perkembangan otak janin. Sementara itu, asam lemak omega-6 juga diperlukan dalam meningkatkan kesehatan jantung, kulit, hingga rambut.makanan ibu hamil 4 bulan yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 termasuk minyak sayur, ikan salmon atau sarden, hingga kacang almond.Namun, perlu diingat, harap berhati-hati jika Anda mengonsumsi makanan dari ikan salmon.Sebaiknya, pastikan ikan yang akan diolah dalam keadaan segar. Bila tidak, hal ini akan membuat kulit gatal-gatal saat hamil.Selain itu, hindari mengonsumsi ikan mentah. Sebab, ikan yang tidak matang berisiko terdapat bakteri, parasit, maupun virus yang menyebabkan Anda keracunan makanan atau berbahaya bagi janin.

6. Makanan mengandung vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi yang sangat penting untuk penyerapan zat besi di dalam tubuh. Makanan ibu hamil 4 bulan yang mengandung vitamin C di antaranya tomat, brokoli, hingga sayuran berdaun hijau.

7. Sayur dan buah

Sayur dan buah mampu memenuhi nutrisi harian ibu hamil
Sayur dan buah mampu memenuhi nutrisi harian ibu hamil
Makanan untuk ibu hamil 4 bulan tak akan lengkap tanpa kehadiran sayur dan buah. Setidaknya, Anda disarankan untuk mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran per hari.

8. Makanan yang mengandung protein dan karbohidrat

Protein menjadi pondasi penting bagi otot, jaringan tubuh, serta DNA. Sementara itu, karbohidrat adalah sumber energi tubuh. Para wanita disarankan untuk mengonsumsi makanan ibu hamil 4 bulan yang mengandung protein dan juga karbohidrat.Protein dapat ditemukan pada dada ayam, kacang kedelai, hingga daging sapi. Lebih lanjut, karbohidrat bisa diperoleh dari nasi, kentang, hingga roti.

9. Makanan mengandung asam folat

Asam folat menjadi kebutuhan penting bagi para ibu hamil. Asam folat dipercaya mampu mencegah cacat lahir.Beberapa penelitian membuktikan, asam folat berhasil menurunkan risiko cacat tabung saraf sebanyak 70% pada bayi yang baru lahir.Makanan sehat ibu hamil 4 bulan yang mengandung asam folat di antaranya kacang-kacangan hingga sayuran berdaun hijau.

10. Makanan mengandung vitamin D

Makanan ibu hamil 4 bulan yang mengandung vitamin D sangatlah banyak, mulai dari ikan salmon hingga produk susu seperti keju. Jangan lupakan juga sinar matahari yang bisa memberikan Anda vitamin D, ya.Perlu diketahui, vitamin D sangat dibutuhkan untuk perkembangan gigi dan tulang bayi saat berada di dalam rahim.

11. Makanan dengan kandungan magnesium

Serupa dengan kalsium, magnesium merupakan mineral yang berguna untuk pertumbuhan tulang.Terbukti, riset yang diterbitkan Scientifica menyatakan, 60 persen magnesium yang ada di dalam tubuh bisa ditemukan di tulang dan gigi.

12. Produk olahan susu

Makanan sehat ibu hamil 4 bulan selanjutnya ialah produk olahan susu atau dairy products. Produk olahan susu mengandung kalsium dan vitamin Dyang dibutuhkan oleh ibu hamil.Dengan mengonsumsi makanan sehat ibu hamil 4 bulan ini, tulang-tulang janin akan berkembang dengan kuat.

Catatan dari SehatQ

Makanan ibu hamil 4 bulan sebaiknya dikonsumsi lebih dari satu jenis. Anda dianjurkan mengombinasikan beberapa makanan sehat ibu hamil 4 bulan di atas. Jadikanlah ini sebagai rutinitas dalam pola makan keseharian Anda.Selain itu, jangan lupa untuk selalu kontrol kehamilan dengan dokter kandungan Anda. Sebab, dokter bisa memberikan lebih banyak rekomendasi asupan sehat yang dapat Anda konsumsi untuk mengoptimalkan kesehatan janin.Anda juga chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Nantinya, dokter akan memberikan anjuran terbaik sesuai kebutuhan Anda dan janin.Kunjungi juga Toko SehatQ untuk mendapatkan penawaran menarik terkait kebutuhan pemenuhan nutrisi ibu hamil di rumah.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehatmenjaga kehamilankehamilanbuah dan sayuran
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/fourth-month-pregnancy-diet13-16-weeks/
Diakses pada 30 Juni 2020
Web MD. https://www.webmd.com/baby/folic-acid-and-pregnancy
Diakses pada 30 Juni 2020
Scientifica. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5637834/
Diakses pada 4 Maret 2021
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/4th-month-pregnancy-diet-foods-eat-avoid_00131/
Diakses pada 2 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait