Ini Makanan Sehat alias Superfood, dengan Manfaat yang Memang Super

Superfood dapat dikombinasikan dalam menu harian untuk gaya hidup yang lebih sehat dan meningkatkan kualitas hidup
Ada banyak makanan sehat alias superfood, yang bisa Anda kombinasikan untuk meningkatkan kualitas hidup

Rasanya memang mustahil untuk menghindari setiap penyakit, dan selalu berada dalam kondisi sehat. Walau begitu, Anda tetap bisa menjaga kesehatan, dengan konsumsi makanan sehat alias superfood.

Sebenarnya, tidak ada makanan yang benar-benar bisa disebut sebagai superfood. Sebab, mengonsumsi satu jenis makanan saja, tidak akan serta-merta membuat Anda selalu sehat. Mengombinasikan berbagai makanan sehat ini, dapat Anda lakukan, untuk meningkatkan kualitas hidup.

Beberapa makanan sehat alias superfood dengan manfaat yang memang super

Sebagian makanan sehat atau superfood, dapat dengan mudah Anda temukan di pasar dan supermarket terdekat. Beberapa di antaranya, mungkin juga sudah sering Anda konsumsi, seperti telur, jahe, dan bawang putih.
Berikut ini makanan sehat alias superfood, yang sebaiknya ada di daftar belanja Anda.

  • Teh hijau

Teh hijau disebut-sebut sebagai minuman paling sehat di dunia, karena manfaatnya yang sangat super. Teh hijau mengandung berbagai jenis antioksida, seperti katekin, yang dapat melindungi Anda dari penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Teh hijau juga mengandung kafeina, untuk memberikan Anda energi tambahan. Selain itu, kombinasi kafeina dan katekin, dapat membantu menurunkan berat badan.

  • Kefir

Populer dalam dunia kecantikan, kefir juga digolongkan sebagai superfood yang bermanfaat untuk tubuh. Kefir merupakan minuman hasil fermentasi dari susu, dan kaya nutrisi seperti protein, kalsium, vitamin B, kalium, dan probiotik. Kefir mirip dengan yogurt, namun teksturnya lebih cair dan lebih banyak mengandung probiotik.

Kefir disebut-sebut berkhasiat untuk mengurangi kolesterol, melancarkan sistem pencernaan, menurunkan tekanan darah, hingga membantu mengurangi peradangan.

  • Telur

Sebagai superfood, telur menjadi kontroversial karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Walau begitu, telur tetap digolongkan sebagai makanan sehat, karena memiliki banyak nutrisi dan manfaat untuk tubuh.

Satu butir telur mengandung berbagai nutrisi, termasuk vitamin B, kolin, selenium, vitamin A, zat besi, dan fosfor. Telur juga mengandung dua jenis antioksidan, lutein dan zeaxantin, yang dapat menjaga kesehatan mata, serta kemampuan penglihatan.

Walau mengandung kolesterol, konsumsi 6-12 telur dalam satu minggu, tetap aman dan tidak meningkatkan risiko diabetes maupun penyakit jantung. Penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk mendukung kesimpulan ini.

  • Minyak zaitun

Anda wajib mencoba minyak zaitun untuk mengolah makanan. Minyak dari ekstrak pohon zaitun ini, mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (MUFAs), vitamin E, vitamin K, serta senyawa-senyawa polifenol.

Asam lemak tak jenuh tunggal, yang juga ditemukan pada alpukat dan beberapa kacang-kacangan, membantu mengurangi risiko penyakit jantung, serta mengurangi peradangan. Bahkan, asam lemak baik ini, juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

  • Jahe

Selain sebagai bumbu dapur, jahe juga sudah dikenal khasiatnya sebagai bahan obat, termasuk di Indonesia. Jahe mengandung gingerol, yang memiliki efek antioksidan, serta antiradang.

Jahe juga membantu mengurangi rasa mual, bahkan menekan risiko penyakit jantung, kondisi demensia, dan beberapa jenis kanker.

  • Bawang putih

Anda tentu sudah sangat akrab dengan bahan makanan ini. Walau hanya kerap dijadikan bumbu dapur, ada manfaat dan nutrisi penting di superfood ini. Sehingga, bawang putih pun dikenal sebagai bahan obat-obatan.

Bawang putih mengandung mangan, vitamin C, vitamin B6, selenium, serta serat. Kandungan ini membuat bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol, mengurangi tekanan darah, serta meningkatkan fungsi imunitas tubuh. Senyawa bersulfur di bawang putih, juga dipercaya mengurangi risiko berbagai jenis kanker.

  • Salmon

Ikan salmon merupakan sekian dari makanan yang kaya dengan omega-3. Selain omega-3, salmon juga mengandung gizi lain seperti protein, berbagai vitamin B, kalium, serta selenium.

Omega-3 tak diragukan lagi memiliki segudang manfaat. Sebut saja, menurunkan kadar trigliserida, menjaga kesehatan mata, hingga membantu perkembangan otak pada bayi. Selain itu, omega-3 juga dapat mengendalikan kondisi depresi dan gangguan kecemasan.

  • Jamur

Ada beberapa jenis jamur yang bisa Anda konsumsi. Setiap jenis jamur memiliki kandungan nutrisi tersendiri. Walau begitu, umumnya jamur kaya akan vitamin A, kalium, serat, dan beberapa jenis antioksidan.

Mengonsumsi jamur setara dengan menyantap sayuran dalam jumlah besar, yang tentu baik untuk kesehatan Anda. Jenis antioksidan jamur yang jarang ada pada makanan lain, berperan mengurangi peradangan, serta mencegah pertumbuhan beberapa jenis kanker.

  • Alpukat

Buah kehijauan ini kaya akan serat, berbagai jenis vitamin, mineral, dan lemak baik. Seperti halnya minyak zaitun, alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, yang berkhasiat untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Dengan kandungan nutrisi di atas, konsumsi alpukat membantu Anda mengurangi risiko penyakit jantung, penyakit diabetes, serta beberapa jenis kanker.

Itulah beberapa jenis makanan sehat atau superfood, yang bisa Anda masukkan dalam menu diet. Perlu digarisbawahi, mengonsumsi satu jenis makanan saja tidak efektif. Cobalah untuk mengombinasikan makanan-makanan di atas, untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

American Heart Association. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/nutrition-basics/get-smart-about-superfoods-infographic
Diakses pada 25 Juli 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/true-superfoods
Diakses pada 25 Juli 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed