Mengonsumsi buah kiwi dapat dijadikan cara tidur nyenyak
Kiwi mengandung serotonin yang dapat meningkatkan kualitas tidur

Kesulitan untuk tidur atau insomnia kerap kali dirasakan oleh beberapa orang, padahal tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh. Secara garis besar, orang dewasa perlu untuk tidur selama kurang lebih 7-9 jam tiap malamnya.

Apakah ada cara tidur nyenyak yang bisa dilakukan dengan mudah? Salah satu cara tidur nyenyak yang dapat Anda lakukan adalah dengan memasukkan beberapa jenis makanan di bawah ini!

[[artikel-terkait]]

Cara agar tidur nyenyak dengan mengonsumsi 9 makanan ini

1. Teh chamomile

Keampuhan meminum teh chamomile sebelum tidur sebagai cara tidur nyenyak untuk menanggulangi insomnia sudah diketahui secara umum, khususnya bagi pecinta teh. Apa yang membuat teh chamomile bisa digunakan sebagai cara tidur nyenyak?

Antioksidan apigenin dalam teh chamomile adalah pemicu rasa kantuk pada salah satu sel saraf otak.

Tidak hanya mengurangi insomnia, teh chamomile mampu meningkatkan imunitas tubuh dan kesehatan kulit serta mengurangi peradangan, kecemasan, serta depresi.

selada dan buah-buahan

2. Selada

Jangan sepelekan fungsi sayuran yang satu ini karena kandungan lactucin dalam selada bisa menjadi cara tidur nyenyak Anda!

Penelitian pada tahun 2017 terhadap tikus menemukan bahwa selada bisa memicu kantuk dan mengandung antioksidan yang bisa melindungi dari efek gangguan tidur.

3. Kacang almond

Kandungan melatonin yang tinggi dalam kacang almond mampu menjadi alternatif cara tidur nyenyak. Melatonin merupakan hormon yang mengatur siklus tidur dan bangun.

Di samping manfaatnya untuk kualitas tidur, kacang almond dapat dijadikan camilan sehat yang rendah gula dan mengandung lemak yang baik bagi tubuh. Konsumsilah setidaknya 28 gram kacang almond sebelum tidur.

ikan

4. Ikan yang berlemak

Ikan yang berlemak, seperti tuna, salmon, dan makarel kaya akan omega-3 serta vitamin D yang membantu untuk tidur nyenyak. Kedua kandungan tersebut bisa meningkatkan produksi serotonin yang menimbulkan kantuk.

5. Kiwi

Tidak hanya rendah kalori serta memiliki kandungan vitamin K dan C, di dalam kiwi terdapat serotonin yang meningkatkan kualitas tidur. Konsumsilah satu sampai dua buah kiwi berukuran sedang sebelum tidur.

6. Nasi putih

Nasi putih yang telah menjadi makanan utama orang Indonesia turut berpartisipasi dalam menjadi cara tidur nyenyak. Nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi atau meningkatkan gula darah dengan cepat.

Konsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi membantu dalam proses tidur, tetapi perlu diingat bahwa konsumsi nasi putih yang berlebih tidak disarankan. Nasi putih sebaiknya dikonsumsi satu jam sebelum tidur.

minum susu

7. Susu hangat

Kepercayaan bahwa susu hangat dapat menjadi cara tidur nyenyak bukanlah hal yang salah karena susu kaya akan kalsium, melatonin, tryptophan, dan vitamin D yang bisa mengatasi insomnia.

Anda dapat meminum susu hangat sebelum tidur, tetapi akan lebih baik jika Anda meminum susu yang rendah kalori dan lemak.

8. Kacang walnut

Selain kacang almond, kacang walnut adalah jenis kacang-kacangan lainnya yang bisa digunakan sebagai cara tidur nyenyak. Hal ini karena kacang almond mengandung serotonin, magnesium, dan melatonin yang membantu membuat cepat tertidur.

Meskipun demikian, masih diperlukan riset lebih lanjut mengenai khasiat kacang walnut dalam membantu orang-orang untuk bisa tidur lebih nyenyak.

9. Oatmeal

Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam oatmeal memberikan efek yang serupa dengan nasi putih. Namun, berbeda dengan nasi putih, oatmeal mengandung tambahan melatonin yang juga mampu meningkatkan kualitas tidur.

pisang

10. Pisang

Salah satu makanan lain yang sama seperti susu, pisang juga memiliki kandungan tryptophan dan magnesium yang berpotensi mengurangi risiko mengalami insomnia.

11. Buah ceri

Tidak hanya buah pisang, buah ceri juga memiliki kandungan tryptophan, serotonin, dan potasium yang membantu memicu rasa kantuk. Selain berguna untuk meningkatkan kualitas tidur, buah ceri juga mampu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi rasa sakit sehabis olahraga berat

Apakah Anda sudah pernah mencoba konsumsi makanan di atas sebelum tidur? Jika belum, cobalah makanan-makanan di atas dan buktikan khasiatnya! Bila masalah insomnia tidak kunjung membaik setelah mengonsumsi makanan di atas dan sangat mengganggu kehidupan, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/9-foods-to-help-you-sleep
Diakses pada 03 Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324295.php
Diakses pada 03 Mei 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6049580/
Diakses pada 03 Mei 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed